Pelajaran Kelas 6 Semester 1

Rangkuman atau ringkasan materi les SBK inferior 6 SD/Mi semester 1/2 lengkap
– Cak bagi mempermudah kalian dalam belajar SBK di kelas 6 maka sebaiknya belajar melalui rangkuman materi nan ada pada setiap Pintu/Tema. Berikut penjelasan selengkapnya.

ringkasan materi SBK

Ikhtisar materi latihan SBK kelas 6 SD/Laksa semester 1

Gapura 1 Mengenal Motif Menulis

  • Menurut akar budayanya motif menggambar dikelompokkan menjadi dua, adalah motif batik keraton (klasik) dan motif batik bebas.
  • Daerah pembuatan menggambar puri (klasik) yaitu Surakarta dan Yogyakarta.
  • Daerah pembuatan batik pesisir ialah daerah-distrik di pesisir paksina Pulau Jawa dan daerah pembatikan di asing Pulau Jawa, misalnya Kalimantan, Sulawesi, Madura, dan Papua.
  • Membatik adalah proses pembuatan motif atau kelakuan hias sreg perca dengan perintangan.
  • Teknik membatik antara lain teknik canting tulis, teknik celup ikat, teknik printing, dan teknik colet.
  • Menggambar merupakan motif hias pada kain yang pembuatannya melalui teknik perintangan. Pengelompokan motif hias batik didasarkan pada sifat dan tema. Motif hias menggambar menurut sifatnya terbagi menjadi motif hias geometris dan motif hias nongeometris (naturalis). Selanjutnya, motif solek batik menurut temanya terbagi atas motif rias fl ora, motif hias fauna, dan motif hias manusia. Teknik membatik juga bermacam-variasi.

Bab 2 Berkreasi Menulis, Kerangka Ilustrasi, dan Boneka

  • Membatik dengan teknik sederhana berguna membatik dengan teknik canting tulis dan celup ikat.
  • Gambar ilustrasi adalah buram yang membualkan satu babak atau peristiwa.
  • Fungsi rancangan ilustrasi antara bukan memperjelas silsilah kisah, memperjelas isi pesan dalam promosi (iklan), menarik perhatian pembaca, menaik nilai berseni, dan menjadi media mengungkapkan perasaan.
  • Menggambar dengan teknik kering berjasa menggambar menggunakan media pensil, krayon, arang, kapur atau bahan lain yang tidak memerlukan sasaran pengencer.
  • Menggambar dengan teknik basah berarati menggambar menunggangi sarana cat, tinta, atau objek tidak nan memerlukan bahan pengencer.

Ki 3 Mengapresiasi Musik Daerah

  • Musik daerah alias irama tradisional adalah irama lahir dan berkembang dari budaya daerah setempat.
  • Musik distrik di Indonesia ada berbagai macam di antaranya irama tanjidor, gambang kromong, kolintang, dan sampek.
  • Unsur musik yang ada pada lagu daerah di antaranya musik dan melodi.
  • Indonesia berlimpah akan nada provinsi seiring dengan beragamnya kebudayaan dan adat isitiadat bangsa kita. Keadaan ini dibuktikan dengan adanya banyak musik yang berkembang di seluruh area lahan air ini memiliki kemiripan dan perbedaan. Persamaan dan perbedaan itu boleh dilihat pecah segi tembang, tangga nada, maupun alat musiknya.

Portal 4 Bermain Musik dan Menyanyi

  • Alat musik ritmis digunakan buat memainkan irama lagu. Ada berbagai tipe irama, antara enggak irama rock, irama waltz, dan musik 8 beat.
  • Alat musik melodis digunakan untuk memainkan melodi lagu. Ada sejumlah. contoh alat musik melodis, antara lain recorder dan pianika.
  • Menyanyi membutuhkan teknik vokal. Teknik vokal ada bermacam-macam, di antaranya frasering dan ekspresi.
  • Alat irama ritmis dan melodis bisa digunakan buat mengiringi lagu. Iringan suatu lagu terdiri atas putaran-bagian bak berikut.(Intro, artinya melodi pembuka sebelum lagu dimulai; Lagu; Interlude artinya melodi di tengah lagu; Coda, artinya melodi penutup lagu).
  • Musik merupakan bahasa ekspresi. Ekspresi karya musik bisa dilakukan dengan prinsip memainkan alat musik. Sebagai contoh, peranti nada ritmis dan organ nada melodis. melampaui permainan instrumen musik ritmis, kamu dapat mengenal irama dan dapat menyesuaikan n domestik lagu. Kamu punya kepekaan irama. Melalui permainan perangkat musik melodis, anda dapat mengenal tinggi rendah musik yang berirama. Dia pun akan memiliki sensitivitas melodi.
  • Selain dolan alat irama, ekspresi karya musik juga dapat dilakukan dengan cara merinai. Dalam bernyanyi, kamu harus menjiwai lagu. Spiritualisasi lagu dapat dilakukan dengan menghakimi beberapa hal perumpamaan berikut.
    • Menyelesaikan materi lagu.
    • Mengerti isi lagu.
    • Menerapkan frasering dengan baik.
    • Memahami tanda-stempel yang terdapat n domestik lagu, misalnya nama tempo dan tanda dinamik.

Gerbang 5 Mengenal Arketipe Lantai pada Karya Tari

  • Garis-garis di lantai yang dilalui maka itu seorang penari kapan mengerjakan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai dalam karya tari juga berupa garis-garis di lantai yang dibuat oleh formasi penandak kelompok.
  • Pada dasarnya ada dua pola garis bawah pada ubin, ialah garis harfiah dan garis cembung.
  • Pola lantai nan dibentuk dengan garis lurus menyerahkan kesan tercecer tetapi kuat.
  • Pola lantai nan dibentuk dengan garis lengkung memberikan kesan kecil-kecil tetapi lemah.
  • Pola ubin merupakan garis-garis di tegel yang dilalui oleh seorang penari bilamana melakukan gerak tari. Intern karya tari, baik eksklusif, mepet, alias kelompok, acuan lantai menjadi riuk satu unsur keindahan gerak tari.
  • Macam pola lantai merupakan garis lurus, garis mungkum, zig-zag, dan sebagainya. Semua dijelaskan n domestik bab ini. Bab ini pun mengutarakan contoh pola keramik mulai sejak sejumlah karya tari nusantara.

Bab 6 Memperagakan Karya Tari Nusantara dengan Kamil Keramik

  • Persiapan peragaan karya tari berniat seyogiannya peragaan karya tari berhasil dengan baik dan dapat tampil memuaskan di depan orang lain.
  • Awalan karya tari meliputi penentuan tulangtulangan karya tari, memilih karya tari, menentukan besaran penari, dan memilih nasib baik tari.
  • Intern peragaan karya tari dengan konseptual lantai, perlu dibuat rancangan komplet lantai terlebih dahulu.
  • Internal peragaan tari kelompok arketipe tegel merupakan buram garis-garis di keramik nan dibuat maka itu formasi peronggeng.
  • Komplet ubin dalam peragaan tari keramaian dapat tercipta baik bila cak semau kerja sebabat nan baik antarpenari, ada kesesuaian gerak antarpenari, ada kesesuaian rasa antarpenari, dan setiap penari menyeimbangkan dengan transendental ubin yang dibentuk.

Pintu 7 Mengenal Kerajinan Anyaman

  • Menganyam adalah kegiatan mengeset bilah atau lembaran-kepingan secara tindihmenindih dan rajutmerajut.
  • Bahan menganyam antara enggak bambu, daun kelapa, patera pandan, kertas, rotan, jangat binatang, dan kulit artifisial.
  • Loklok karya kerajinan dapat dinilai berlandaskan kegantengan, kekuatan, dan kesesuaian antara bahan dan fungsi benda.
  • Bahan yang tepat bikin membuat ramin selongsong ketupat yakni daun kelapa, patera melempar, dan daun pandan.
  • Anyaman dari bahan kertas hanya sesuai bakal membuat benda solek/pajangan.
  • Ramin yakni variasi kerajinan yang tersebar di akrab seluruh wilayah nusantara. Jenis kerajinan ini habis beragam mulai dari peralatan dan perkakas sederhana sebatas benda pakai nan produktif dan beradab yang digemari publik perkotaan

Pintu 8 Berkarya Anyaman

  • Bahan alam yang biasa dianyam antara lain patera pandan, daun lontar, muda busung, bambu, rotan, dan kulit fauna.
  • Bahan artifisial yang konvensional dianyam antara bukan jeluang, indra peraba sintetis, kain, pita, dan mika.
  • Benda pakai yang dibuat dengan teknik merenda antara lain caping saji, nyiru, topi, kipas, dan tempat tisu.
  • Lungsin adalah lajur-lajur atau celah tempat menyelipkan pakan sreg anyaman.
  • Pakan adalah lembaran bahan yang diselipkan sreg lawe secara mengufuk.

Ringkasan materi pelajaran SBK inferior 6 SD/MI semester 2

Bab 9 Mengapresiasi Keunikan Motif Solek Nusantara

  • Jenis motif hias menurut sifatnya yaitu motif hias geometris dan motif solek naturalis.
  • Macam motif hias menurut temanya antara lain motif rias tumbuhan (fl ora), motif hias fauna (fauna), dan motif rias turunan.
  • Hiasan kabongo (tanduk mahesa) pada masyarakat Toraja melambangkan status sosial. Semakin banyak kabongo di rumah, semakin tinggi martabat sosial sebuah anak bini privat masyarakat.
  • Motif hias geometris pada benda pakai dikelompokkan menjadi tiga, yaitu motif hias geometris untuk pinggiran (hiasan siring), motif hias geometris seumpama inti alias bagian yang berdiri sendiri, dan motif hias geometris yang diterapkan umpama isian berpokok episode benda pakai.
  • Kain poleng bali ialah kain bermotif kotak dengan corak hitam dan polos secara berselang-seling. Kain poleng nan normal digunakan andai sarung pada arca dan redap.

Bab 10 Batik Suasana Alam Sekitar dan Pameran Karya

  • Para artis bisa membuat lukisan yang sangat realis dan indah karena terbiasa kecam objek di sekelilingnya dengan saksama.
  • Bingkai pemandang kasatmata selembar karton yang bagian tengahnya berlubang persegi empat. Pigura pemandang berfungsi bakal mengambil tesmak pemandangan paling menggelandang.
  • Memotret pemandangan alam berbeda dengan melukis pemandangan duaja. Memotret adalah menentang pemandangan liwa secara segala adanya. Objek akan terekam dan tercetak selaras dengan kondisi alam sepantasnya. Sebaliknya, dalam melukis diperbolehkan menambah ataupun mengurangi objek sehingga lukisan terlihat kian indah dan mengganjur dibandingkan kondisi pemandangan nan sesungguhnya.
  • Pameran seni rupa oleh pesuluh berniat melatih siswa memperkenalkan hasil karya sendiri kepada orang lain, melatih siswa berorganisasi, meningkatkan kecintaan dan prestasi dalam bidang seni rupa, serta menumbuhkan usia kewirausahaan.
  • Dua tangga nan harus dilalui dalam penyelenggaraan pameran seni rupa yaitu menyiapkan karya dan menata karya dalam bentuk pameran.

Ki 11 Mengapresiasi Lagu dan Musik Area

  • Lagu ataupun irama daerah memiliki persamaan atau perbedaan. Paralelisme dan perbedaan itu dapat dilihat dari segi alat musik, syair, atau melodinya.
  • Musik thek-thek dan irama angklung sama-sejajar musik bambu. Namun, musik thekthek dan musik angklung memiliki perbedaan bersumber pendirian memainkannya. Nada thek-thek dimainkan dengan cara dipukul. Irama angklung dimainkan dengan pendirian digoyanggoyangkan.
  • Pujian musik ialah bentuk pengamatan, penilaian, dan penghormatan belangkin hadap karya musik.

Bab 12 Bermain Irama dan Mementaskan Karya Musik

  • Peranti irama ritmis digunakan bikin memainkan irama lagu. Hal terpenting dalam berperan radas musik ritmis ialah ketukan harus kukuh dan sejalan dengan ketetapan birama.
  • Perkakas nada melodis digunakan untuk memainkan melodi lagu. Hal utama intern bermain alat musik melodis yaitu ketepatan tinggi rendah internal bermain alat musik melodis yakni akurasi tinggi kurang irama dalam lagu secara sempurna.
  • Teknik bermain gawai musik melodis dapat dilakukan dengan cara memainkan berbagai spesies panjang nada.
  • Pianika juga boleh digunakan bagi memainkan akor lagu. Akor adalah afiliasi tiga musik atau bertambah yang terdengar harmonis.

Bab 13 Mengapresiasi Lengkap Tegel Gerak Tari Nusantara

  • Bentuk radiks sempurna keramik cak semau dua, yaitu garis lurus dan garis lengkung.
  • Rencana ekspansi pola lantai garis verbatim antara tak pola lantai horisontal, diagonal, zig-zag, segitiga, dan segi catur.
  • Bentuk ekspansi kamil keramik garis lengkung antara lain model lantai gudi dan angka delapan.
  • Invensi teoretis lantai karya tari harus menyamakan dengan jumlah peronggeng, tempat tontonan, dan gerak tari.
  • Keindahan abstrak tegel karya tari bisa dilihat dari spesies bentuk, maksud atau makna pola keramik, kesesuaian lembaga kamil lantai dengan kolom, serta kesesuaian bentuk contoh ubin dengan gerak.

Pintu 14 Mempergelarkan Karya Tari

  • Keberhasilan internal menari kelompok dapat dicapai bila penari memahami tema tari, hafal seluruh asosiasi gerak tari, mencerna dan bisa menempatkan diri sesuai cermin lantai, mampu engekspresikan tampang sesuai dengan isi tarian, dan berkarya selevel dengan baik dengan penari-penari yang tak.
  • Pertunjukan karya tari adalah kegiatan mempertunjukkan karya seni tari di depan orang lain.
  • Langkah-langkah pergelaran karya seni tari meliputi pembuatan rencana/ penyusunan kepanitiaan, persiapan, dan pelaksanaan pergelaran.
  • Panitia pergelaran bertugas mengatur dan mempersiapkan kelengkapan pergelaran dengan selalu mengadakan rekonsiliasi atau kerja sama antaranggota panitia.
  • Peristiwa-hal nan perlu dipersiapkan dalam pergelaran karya seni tari yaitu tata rias, tata pakaian, tata medan, properti, dan iringan.

Bab 15 Mengapresiasi Kerajinan Benda Mainan Berjantera

  • Sreg detik mula-mula kali diciptakan, pit berbentuk kusen gelondongan.
  • Intensi pemberian kereta angin pada beberapa instrumen yakni agar mudah kerumahtanggaan derita mindahkannya.
  • Kegunaan transendental benda antara lain untuk bentuk proyek, benda pajangan, dan benda mainan.
  • Model benda beroda antara lain berupa model sepeda, model langca, dan sempurna oto balap.
  • Target untuk membuat model benda beroda antara enggak kertas, kayu, foam atau gabus, dan kaleng alias botol wadah.

Bab 16 Berkarya Benda Mainan Beroda

  • Internal berkarya kerajinan sebaiknya selalu diawali dengan pembuatan buram rancangan.
  • Rancangan rancangan yang baik ialah buram rancangan yang jelas dan menyedot.
  • Tujuan pembuatan gambar rancangan adalah memasrahkan gambaran bentuk benda dan menerimakan maklumat mangsa yang dibutuhkan.
  • Gambar rancangan paling keteter boleh diwujudkan internal kerangka sketsa.
  • Sebelum berangkat belanja instrumen dan mangsa buat bekerja kerajinan, sebaiknya dibuat tulisan tentang kebutuhan alat dan bahan.

Baca juga :Rangkuman Materi Pelajaran IPS Kelas 6 SD/Mihun Semester 1/2

Daftar Istilah

  • tanwujud adalah tidak berwujud, motif eksemplar berarti motif yang tidak menyerupai suatu objek tertentu
  • akor merupakan pertautan nada yang terdiri atas tiga nada atau lebih yang terdengar harmonis
  • andante moderato merupakan tempo sedang
  • antropologi adalah simpang ilmu nan mempelajari asal-usul turunan, rancangan sik, adat istiadat, dan ajudan pada zaman dulu.
  • apresiasi yakni menilai, apresiasi seni berjasa menilai karya seni.
  • benda dua format yakni benda yang berukuran hierarki dan lebar.
  • benda tiga dimensi yaitu benda nan berukuran jenjang, sintal, dan janjang.
  • desainer adalah perancang, ahli grafis busana berarti desainer busana
  • dimensi merupakan dimensi
  • display adalah lamin, bidang datar display berjasa bidang datar lakukan memajang
  • ekspresi adalah pengungkapan maksud, gagasan, atau manah
  • estetik adalah nilai keindahan
  • geometris ialah terukur, tulang beragangan geometris berarti bentuk-kerangka nan terukur bak kalangan, segitiga, setengah kalangan, dan sebagainya
  • khuluk yakni adat-sifat kejiwaan, akhlak atau tata susila, tabiat, watak
  • kolektor adalah orang yang hobi mengoleksi benda seni dan produk antik
  • penata tari : adalah ahli mencipta dan mengubah gerak tari
  • motif adalah rangka maupun corak pada benda
  • naturalis adalah independen, alami, rencana naturalis berjasa bentuk-bentuk objektif yang terwalak di pan-ji-panji
  • objek merupakan benda ataupun hal yang menjadi pusat perhatian
  • nasib baik tari yaitu instrumen atau benda nan digunakan makanya penari bikin melakukan gerak tari
  • realis merupakan maujud atau sesuai aslinya, realisme bermanfaat revolusi dalam seni di mana sendiri seniman memvisualkan objek sesuai atau semirip mungkin dengan alamat aslinya
  • repertoar adalah kumpulan komposisi nada nan digunakan internal pergelaran irama
  • sketsa ialah susuk rancangan yang dibuat n domestik periode pendek dan bersifat sementara
  • simbol adalah gambar atau rancangan yang mengandung makna
  • teknik yaitu kepandaian atau cara (membuat suatu benda seni, kerajin an, dan sebagainya).
  • tema adalah daya manah, radiks cerita
  • tifa ialah sepertalian gedombak yang berasal berasal Indonesia Timur
  • tripleks merupakan papan berlipat tiga

Lihat Pula :
Rangkuman Materi PKn Inferior 6 SD/MI

Hendaknya rangkuman materi cak bimbingan dan daftar isitilah kerumahtanggaan pelajaran SBK dapat memasrahkan manfaat untuk kalian semua nan sedang duduk di inferior 6 SD/MI.

Source: https://www.bukupaket.com/2015/12/rangkuman-materi-pelajaran-sbk-kelas-6.html