Pelambung Pada Permainan Rounders Disebut

KOMPAS.com
– Rounders merupakan salah satu tipe permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim atau regu secara inkompatibel. Dalam pertandingan rounders, ada tim pemukul dan penjaga.

Privat buku
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
(2018) karya Suherman, rounders adalah cabang latihan jasmani nan hampir setara dengan baseball dan softball.

Dalam permainan rounders, pemain setelah memukul bola akan berlari mengerumuni lapangan yang ditandai dengan tiang sebagai “Rounders”.

Setiap regu kerumahtanggaan sayembara rounders terdiri dari 9 (sembilan) turunan pemain. Cak regu maupun regu yang bisa kerubung lapangan lebih banyak keluar sebagai pemenang.

Untuk pertandingan resmi, lama permainan rounders adalah 7 (tujuh) inning yaitu saban regu mendapat giliran menjadi penyerang sebanyak tujuh kali dan menjadi regu penjaga sebanyak tujuh siapa.

Baca kembali: Rounders: Sejarah, Peralatan, dan Statuta

Posisi dan Tugas Anak ningrat Rounders

Hampir sama dengan permainan softball maupun sofbol, setiap pemain rounders internal suatu tim juga mempunyai posisi dan tugas masing-masing.

1. Pitcher

Istilah pitcher privat permainan rounders disebut sekali lagi dengan pelempar ataupun pelambung bola.

Pitcher bertugas menabrakkan perahu bola kepada pemukul bola. Selepas memukul bola, si pemukul ini akan berlari menuju base selanjutnya.

2. Catcher

Catcher adalah orang yang menyirat bola di belakang pemukul. Tugas catcher adalah merajut bola hasil lemparan pitcher yang gagal dipukul oleh pemukul.

3. First baseman

First baseman adalah pemain yang menjaga base permulaan. Tugas seorang first baseman ialah menangkap bola yang dipukul atau dilempar ke arah base pertama.

Baca juga: Perbedaan Rounders dan Kasti

4. Second baseman

Second baseman merupakan anak ningrat yang menjaga base kedua. Tugasnya adalah menjaga wilayahnya, mewujudkan senyap pelari (padanan) dengan cara melempar bola ke base satu, serta mematikan pelari di base kedua.

5. Third baseman

Third baseman adalah anak bangsawan yang menjaga base ketiga. Tugas third baseman yaitu menjaga base ketiga dan melempar bola ke arah pemain sandiwara first baseman untuk mematikan pelari.

6. Short stop

Short stop adalah penjaga lapangan di bagian depan yang menempati negeri sekitar base kedua sampai base ketiga.

Tugas short stop adalah merenda semua bola yang mengarah ke wilayahnya. Selain itu, short stop sekali lagi bertugas kondusif second baseman menjaga base kedua.

Ilustrasi olahraga rounders
John WIkimedia Commons
Ilustrasi olahraga rounders

Baca juga: Tugas dan Peran Catcher dalam Softball

7. Left fielder

Left fielder termasuk kerumahtanggaan pemain outfield bersama right fielder dan pun center fielder. Outfield adalah daerah luar pada lapangan rounders adalah area di belakang infield.

Tugas ketiganya yaitu menjaga ketukan bola yang condong ke area tiap-tiap.

Left fielder berada di antara base ketiga dan base kedua (sebelah kiri provinsi outfield).

8. Right fielder

Right fielder berada di antara base mula-mula dan base kedua (sebelah kanan area outfield).

9. Center fielder

Center fielder yaitu pemain nan menghuni posisi tengah outfield. Tugasnya yaitu menjaga wilayahnya serta menodongkan left fielder dan juga right fielder.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari mulai sejak Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram malar-malar sangat di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/27/12300058/nama-nama-posisi-dan-tugas-pemain-dalam-rounders?page=all

Posted by: caribes.net