Pengertian Ontologi Menurut Para Ahli

Ontologi merupakan pembahasan pokok dalam filsafat. Khazanah dari apa hal ialah bagian dari pembahasan ontologi, maka dari itu saya akan membicarakan denotasi ontologi menurut para ahli filsafat.

Ontologi
dalam bahasa Inggris ialah

ontology
yang berasal dari bahasa Yunani

on, entos
(yang berarti ada maupun keberadaan) dan
logos


yang mengandung arti pendalaman, atau mantra tentang. Maka ontologi merupakan guna-guna akan halnya yang ada.

Pengertian Ontologi Menurut Para Pakar

Ontologi menurut para biang kerok di jelaskan di pangkal.

Clauberg
menyebutkan bahwa ontologi merupakan guna-guna purwa tentang yang terserah sejauh ada. Pengkhususan ini dianggap berlaku buat semua entitas, termasuk Allah dan semua ciptaan dan mendasari baik ilmu agama maupun fisika. Penelitian ini mencakup prinsip-prinsip ada atribut-atribut nan ada, ataupun kembali analisis sebab, tatanan, interelasi, kesahihan, dan kesempurnaan.

Pengertian Ontologi

Wolff
mendefinisikan ontologi sebagai hobatan adapun yang cak semau pada umumnya, dan menggunakan filsafat purwa sebagai sinonim. Metodenya deduktif dan tujuannya ialah terciptanya satu sistem keabsahan yang niscaya dan pasti. Prinsip nonkontradiksi dan prinsip tiada urut-urutan tengah adalah alat.

Husserl
mengasingkan ontologi biasa bermula ontologi material. Dua-duanya berurusan dengan analisis esensi-pati. Ontologi stereotip, yang bergumul dengan esensi formal atau universal, merupakan basis terakhir dan terdalam dari semua aji-aji. Ontologi material, yang menggeluti sari-esensi material alias regional, yakni basis dari semua ilmu fakta. Ontologi-ontologi material bersifat regional dan ontologi regional berbasis ontologi formal.

Heidegger
memahami ontologi misal analisis eksistensi. Sebagai analisis konstitusi, dan bertujuan menemukan apa yang memungkinkan keberadaan.

Quine
mengontraskan ontologi dengan ideologi, seraya menghubungkan nan pertama dengan teori pustaka dan yang belakangan dengan teori signifikan. Bagi quine kedua istilah itu kerap berkaitan dengan teori-teori partikular. Maka, tanya ontologi menyangkut apa yang kita anut privat konteks entitas-entitas di alam semesta.

Herbert
mengontraskan metodologi dan ontologi. Yang pertama bertugas mereduksi inkonsistensi-ketidaktetapan di intern data. Yang bontot merupakan metode kognisi realitas suci.

Ontologi ini masuk dengan mulus ke dalam pemikiran
Skolastik, di amana ia diidentikkan dengan metafisika umum, studi mengenai sifat-rasam dari yang ada sejauh ada dan berbeda dengan makulat individual yang berurusan dengan aspek-aspek dari yang ada yang berada dalam jangkauan camar duka biasa.

Setiap filosof n kepunyaan signifikansi yang berbeda adapun ontologi. Namun, dapat disimpulkan bahwa ontologi merupakan ilmu yang membicarakan tentang sesuatu nan ada yang univerasal. Demikian pembahasan tentang pengertian ontologi menurut para ahli.

Hairus Saleh

Hairus Saleh
Akademisi kaprikornus blogger. Blogger menjadi tempat bikin tuangkan berjenis-jenis gagasan dan pemikiran.

Source: https://sabdakhairuss.blogspot.com/2019/10/pengertian-ontologi-menurut-para-ahli.html

Posted by: caribes.net