Pentingnya Konstitusi Bagi Suatu Negara

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi kewajiban jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENTINGNYA KONSTITUSI BAGI SEBUAH NEGARA

Konstitusi sebagai pedoman atau berkas nan dijadikan alas dari terselengaranya satu negara. Habis, segala apa pentingnya konstitusi bagi satu negara ?
Konstitusi sangat penting bagi suatu negara. Karena, sekiranya tanpa adanya konstitusi maka negara itu enggak akan terpelajar.

Kerumahtanggaan buku teori dan ilmu konstitusi tahun 2022 Wilius Kogoya berpendapat, karena konstistusi memiliki aturan-rasam inti tentang susunan-susunan utama untuk berdiri mengkokohkan suatu negara.

Artinya konstitusi adalah hukum dasar yang ada sebagai dasar dari dibentuknya berbagai keberagaman kebiasaan di suatu negara. Maka , konstitusi adalah hukum yang mempunyai kedudukan tertinggi dan bak identitas satu negara.

Pentingnya konstitusi bakal suatu negara adalah sebagai wujud dari pedoman bagi mengatur berjalannya tadbir, pemagaran dari dominasi, serta menjamin nasib baik asasi anak adam berfungsi agar pemerintah enggak mengerjakan tindakan yang sewenang-wenang.

Konstitusi ada sebagai pembatas pengaturan agar pemerintah bukan melakukan hal nan diluar kewenangan.
Konstitusi membagi kekuasan, mengtur kerja sma antara lembaga-tulang beragangan pemerintahan, serta mengontrol agar setiap kebijakan nan ada teguh dijalankan demi ketenteraman rakyat.

Dengan adanya konstitusi, pemerintah akan lebih fokus di n domestik keefektifan rakyat dengan tanpa adanya kasus pengingkaran hakk-milik asasi basyar.
Konstistusi adalah pedoman bakal properti-hak warga negara kiranya terjamin maka dari itu pemerintah dan menjamin hak asasi hamba allah agar tak terjadi pelanggaran lagi makanya pemerintah.

Yuliandri berpendapat n domestik konstitusi dan konstitusionalisme (2018), UUD 1945yang konkret konstitusi negara Indonesia tertulis sekali lagi kewajiban negara buat: mrmajukan menegakkan peruntungan asasi insan,dan melindungi, keharusan bikin melindungi fakir miskin dan anak asuh-anak nan terlantar, melalui pendidikan untuk mensejahterakan, dan pada kewajiban lain bikin mencapai tujuan merupakan melindungi seluruh bangsa Indonesia dan mensejahterakan kemajuan umum.

Adanya konstitusi negara punya pedoman nan kuat sebagai pegangan dan akan terus berkembang secara konkret seiring dengan perkembangan zaman.
Maka, negara akan terus maju dan melanglang sesuai dengan segala tujuannya dan akan mengistimewakan kemanjuan kesejahteraan rakyat.






Lihat Konten Hukum Selengkapnya

Lihat Hukum Sesudah-sudahnya






Video Pilihan

Source: https://www.kompasiana.com/sitinaimatul7437/63a1344d4addee3d8173ea62/pentingnya-konstitusi-bagi-sebuah-negara

Posted by: caribes.net