Perbedaan Gelar Doktor Dan Dokter

Risiko penolakan
Apa Cedera Doktor dengan Dokter Versi Abdul Mu’ti

PWMU.CO
– Beda doktor dengan dokter versi Abdul Mu’ti dengan varian Kamus Samudra Bahasa Indonesia (KBBI) V Daring. Menurut KBBI perbedaan doktor dengan mantri merupakan sebagai berikut:

doktor/dok.tor disingkat Dr (dengan leter D segara)

Merupakan nomina (kata benda), yakni: gelar kesarjanaan terala yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada mahasiswa panjang tiga (S-3) atau sendiri akademikus yang telah menulis dan mempertahanakan disertasinya dalam sidang promosi.

dokter/dok.ter/disingkat dr (dengan huruf d kecil)

Adalah nomina, yakni: keluaran pendidikan kedokteran nan ahli internal penyakit dan terapi.

Selain dukun umum, ada pun dokter transmisi (lulusan Fakultas Kedokteran Gigi) nan membujur gelar ‘drg’ dan dokter binatang (lulusan Fakultas Kedokteran Dabat) yang memperoleh gelar ‘drh’.

Sedangkan dokter spesialis yakni dokter yang mengecualikan keahliannya internal satu macam penyakit. Seperti dokter anak asuh, tabib dalaman, dokter ilmu mayat, dan lain sebagainya.

Sekiranya ada tabib yang juga bergelar doktor (lulusan S-3), maka penulisannya ialah Dr dr, misalnya penulisan pada gelar dan nama Rektor Perguruan tinggi Muhammadiyah Surabaya Dr dr Sukadiono MM.

Lewat, jalinan terserah demonstrasi, kenapa singkatan dokter kok pakai ‘d’ katai. Alasannya, penggunaan huruf katai di awal kalimat tidak baku. Di samping itu, semacam ada “upaya” mengecilkan maslahat raksasa seorang dukun.

Waktu itu ada ajuan ‘kompromi’. Doktor dengan singkatan ‘DR’ dan sinse disingkat ‘Dr’. Tapi sampai saat ini yang baku tetap doktor dengan ‘Dr’ dan sinse dengan ‘dr’. Ah ini tetapi soal lega hati bahasa cuma kok, Guri!

Pendapat dan Pendapatan

Perbedaan doktor dengan dokter di atas merupakan versi resmi. Versi kamus. Di mata ‘Bapak Muhammadiyah Garis Lucu’ (jabatan aslinya Sekretaris Awam Pimpinan Pusat Muhammadiyah)
Prof Dr Abdul Mu’ti MEd, doktor dan dokter punya perbedaan lain.

Seperti terungkap privat sebuah video yang dia unggah di aku Twitter @Abe_Mukti, 24 Oktober 2022, seperti ini:


Selisih Doktor dengan Tabib

Kadang-kadang memang doktor dengan dokter itu kira berlainan.

Seandainya doktor itu banyak pendapat sedikit pendapatan.

Pendapatnya banyak tapi pendapatannya sedikit.

Seandainya sinse rendah pendapat banyak pendapatan.

Makanya biasanya dokter itu—medikal dokter itu—kaya. Jikalau doktor itu (hanya) bakir ide.

Ah, Pak Doktor Mu’ti, ada-ada sahaja!

Editor
Mohammad Nurfatoni.

Source: https://pwmu.co/175469/01/30/beda-doktor-dengan-dokter-versi-abdul-muti/

Posted by: caribes.net