Perbedaan Hormon Estrogen Dan Progesteron

Hormon estrogen dan progesteron memiliki peran nan penting pada wanita, merupakan untuk mendukung persilihan fisik dan perkembangan perabot reproduksi. Pria juga memiliki kedua jenis hormon tersebut, hanya saja kadarnya intern bodi lebih adv minim.

Seharusnya tubuh dapat berfungsi dengan baik, total hormon estrogen dan progesteron harus seimbang. Ketidakseimbangan jumlah kedua hormon tersebut dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko dijalari bisikan kesehatan, seperti menurunnya hasrat genital plong wanita ataupun disfungsi ereksi sreg pria.

Beragam Fungsi Hormon Estrogen dan Progesteron pada Wanita dan Pria - Alodokter

Beragam Keistimewaan Hormon Estrogen

Takdir hormon estrogen pada wanita diketahui lebih besar daripada adam. Selain itu, kelebihan hormon estrogen pada wanita kembali berlainan dengan lelaki. Berikut adalah perbedaan fungsi hormon esterogen lega wanita dan maskulin:

Sreg wanita

Hormon estrogen memainkan terdahulu dalam perkembangan sistem reproduksi wanita. Bilamana wanita memasuki perian pubertas, hormon ini berperan terhadap perlintasan badan seperti tumbuhnya buah dada, rambut alat kelamin, dan surai ketiak. Selain itu, hormon estrogen pun berperan dalam siklus menstruasi.

Pada pria

Tercalit dengan sistem reproduksi, hormon estrogen berperan dalam menentukan gairah genital dan kualitas sperma pria. Kodrat hormon estrogen yang berlebih sedikit diketahui dapat menyebabkan penjatuhan hasrat seksual.

Sementara itu, kadar hormon estrogen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma dan berdampak puas kesuburan. Risiko mengalami disfungsi ereksi pula boleh dialami pria ketika kadar estrogen berlimpah plong level yang tinggi.

Tingginya kadar hormon estrogen pula bisa membuat dada pria mengalami pembesaran tidak lazim hingga menyerupai buah dada wanita (ginekomastia). Kalau Anda mengalami kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter agar penanganan dapat segera dilakukan.

Beragam Fungsi Hormon Progesteron

Sreg wanita dan pria, hormon progesteron kembali memiliki kurnia dan bilangan yang berlainan-beda. Berikut yakni perbedaan fungsi hormon progesteron pada wanita dan pria:

Pada wanita

Pada wanita, keefektifan hormon estrogen dan progesteron sepatutnya ada tukar berkaitan kerumahtanggaan mengeset siklus menstruasi.
Ambillah, tugas utama dari hormon progesteron puas wanita ialah mempersiapkan tubuh untuk melampaui perian kehamilan.

Saat seorang wanita hamil, suratan hormon progesteron dalam tubuh akan meningkat. Fungsi hormon progesteron pada wanita hamil yaitu untuk menjaga otot rahim tetap rileks dan menjaga ketebalan dinding rahim selama janin berkembang.

Pada pria

Ganjaran progesteron di kerumahtanggaan tubuh pria terbilang makin rendah daripada wanita. Kendati demikian, hormon ini tetap n kepunyaan fungsi yang penting, yaitu membantu proses spermatogenesis, yaitu proses pembentukan sperma.

Selain itu, hormon progesteron juga berperan dalam proses pembentukan hormon testosteron lega lanang dan menjaga massa otot tubuh.

Keseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron berarti dijaga bakal menumbuhkan kerja gawai bodi, khususnya organ internal sistem reproduksi. Bagi mewujudkannya, Anda dianjurkan bagi menjalani eksemplar jiwa cegak dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga.

Jangan ragu bagi berkonsultasi ke tabib jika Anda mengalami gejala bisikan hormon. Beraneka macam penanganan barangkali akan dilakukan medikus untuk meningkatkan fungsi hormon esterogen dan progesteron di dalam tubuh Engkau, serta mengurangi prospek terjadinya komplikasi.

Source: https://www.alodokter.com/ini-fungsi-hormon-estrogen-dan-progesteron-pada-wanita-dan-pria

Posted by: caribes.net