Berikut ini merupakan pembahasan adapun operasai hitung pada pecahan yaitu perkalian pecahan dan pendistribusian pecahan, perbanyakan pecahan campuran, pendirian perkalian pecahan, cara pembagian rekahan, perkalian ganjaran pecahan, cara mengalikan pecahan, cara menghitung perkalian pecahan, komplet perbanyakan rekahan, paradigma soal perbanyakan pecahan, model pencatuan pecahan dan contoh soal pengalokasian plong pecahan.


Aksi Hitung Sreg Belahan

Diantara operasi hitung pada bilangan pecahan adalah penjumlahan bongkahan, penyunatan pecahan, multiplikasi pecahan, pencatuan belahan dan perpangkatan serta akar belahan.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara titik api tentang operasi hitung perkaliang plong pecahan dan pembagian lega retakan dilengkapi dengan contohnya masing-masing.


Perkalian Ganjaran Pecahan Biasa dan Sintesis

Misalkan di rumahmu suka-suka taman, 1/2 bagian dari taman itu ditanami rumput manis, 1/3 penggalan nan tidak ditanami jukut, ditanami kembang.

Apabila taman yang ditanami kembang dibandingkan dengan taman keseluruhan, dapatkah kamu mencerna berapa fragmen ujana yang ditanami kembang? Perhatikan gambar di pangkal ini.

Gambar: Ilustrasi Perkalian Pecahan

Terbit gambar di atas terlihat bahwa yojana nan ditanami kembang dibandingkan dengan yojana keseluruhan adalah 1/6 fragmen.

Secara masyarakat dituliskan:

Acuan Perkalian Pecahan Resmi

Contoh Perkalian Belahan Campuran

Pada perbanyakan rekahan kalau terdapat pecahan campuran, maka nan harus dilakukan apalagi dahulu adalah mengubah bentuk bongkahan paduan tersebut menjadi bentuk retakan normal.

Sifat-aturan perkalian pada bilangan bongkahan sekelas dengan sifat-resan perkalian pada bilangan buntak, merupakan:


1. a x b = b x a


2. (a x b) x c = a x (b x c)


3. a x (b + c) = (a x b) + (a x c)

Buat perkalian kadar pecahan campuran bermain:


Pembagian Takdir Pecahan Biasa dan Fusi

Pada operasi hitung bilangan bulat kamu mutakadim mempelajari bahwa gerakan penjatahan merupakan kebalikan dari manuver pergandaan. Demikian juga bahwa lega pembagian qada dan qadar belahan.

Contoh Pembagian Pecahan

Perhatikanlah cermin-acuan di bawah ini:

Dari contoh-lengkap di atas pembagian predestinasi bongkahan dapat dirumuskan misal berikut.

Demikian pembahasan pola akan halnya perkalian pecahan, pencatuan pecahan, paradigma perbanyakan belahan dan contoh penjatahan pecahan.