Perusahaan Farmasi Pertama Di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta
PT Kimia Farma adalah Jasmani Usaha Hak Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri farmasi. PT Kimia Farma bahkan menjadi firma farmasi mula-mula yang didirikan di Indonesia. Bibit buwit perusahaan ini telah dimulai ketika zaman kolonial Belanda

Adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co., perusahaan farmasi yang didirikan Pemerintah Hindia Belanda lega 1817. Pasca- Indonesia merdeka, perusahaan tersebut akhirnya dinasionalisasi.

  • Kimia Farma Bagi Rights Issue, Simak Jadwalnya

Pada waktu 1958, Pemerintah Republik Indonesia berbuat peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Firma Negara Farmasi) Bhinneka Ilmu pisah Farma. Kemudian lega sungkap 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Kurang, sehingga nama firma berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Sebagai perusahaan farmasi permulaan nan remang di Indonesia, PT Kimia Farma sudah berkembang menjadi perusahaan dengan peladenan kesehatan terintegrasi di Indonesia. Bakal mengenal lebih privat mengenai PT Ilmu pisah Farma, berikut adalah profil lengkapnya, seperti yang mutakadim dirangkum Liputan6.com dari lama resmi perusahaan, Kamis (22/12/2022).


* Fakta ataupun Hoaks? Bakal mengetahui kesahihan deklarasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik perkenalan awal pusat yang diinginkan.

Rekaman PT Ilmu pisah Farma

Seperti yang telah kurang dibahas sebelumnya, PT Ilmu pisah Farma adalah perusahaan industri farmasi mula-mula di Indonesia. Penjelajahan Pt Kimia Farma telah dimulai detik Pemerintah Hindia Belanda mendirikan firma farmasi pada 1817 dengan nama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Pasca- Indonesia, tepatnya pada tahun 1958, pemerintah Indonesia berbuat peleburan beberapa perusahaan farmasi menjadi Perusahaan Negara Farmasi (PNF) Bhinneka Kimia Farma.

Lega 1971, fisik hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia farma (Persero). Plong tahun 2001 PT Ilmu pisah Farma mengubah statusnya menjadi perusahaan publik dan mencatatkan diri di bursa efek.

Pada 2022, PT Kimia Farma menjadi Healthcare Company. Kemudian puas 2022, PT Ilmu pisah Farma berinovasi dengan menjadi perusahaan Healthcare berbasis digital. Setahun kemudian, PT Kimia Farma mendirikan anak firma yang diberi tera Kimia Farma Dawaa, sebagai perusahan yang berputar di bidang ritel farmasi kerjakan pasa Arab Saudi. Ini yaitu persiapan penting dari PT Ilmu pisah Farma cak bagi boleh menembus pasar internasional.

Setahun berikutnya, yakni pada 2022, PT Kimia Farma mengakuisisi PT Phapros Tbk. Kemudian pada periode 2022, dibentuk Holding BUMN farmasi, di mana PT Ilmu pisah Farma menjadi keseleo suatu anggotanya.

Kegiatan Bisnis PT Kimia Farmasi

Kegiatan bisnis PT Kimia Farma dimulai dari produksi, arus, bahkan sampai ritel.

Produksi

Seluruh fasilitas produksi Kimia Farma sudah lalu dilengkapi dengan sertifikasi baik yang berlaku secara nasional maupun internasional, seperti Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), Cara Pembuatan Pemohon Tradisional yang Baik (CPOTB), Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015, serta sertifikasi Biasa dari bagan adil baik di dalam dan asing wilayah.

Ilmu pisah Farma mempunyai 10 (sepuluh) akomodasi produksi nan tersebar di 6 (enam) kota di Indonesia. Kelima kemudahan produksi tersebut sudah asian sertifikat Pendirian Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), piagam Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), sertifikat Mandu Pembuatan Kosmetika nan Baik (CPKB), sertifikat Pendirian Pembuatan Mangsa Formal Obat yang Baik (CPBBAOB) dan kopi ISO 9001 dan ISO 14001 berpangkal Lloyd’s, SGS dan TUV.

Distribusi

PT Kimia Farma senantiasa memastikan bahwa seluruh simpang memperoleh dokumen dan memahami dengan baik Pendirian Persebaran Pelelang nan Baik (CDOB). Kempang distribusi Ilmu pisah Farma diawali mulai sejak Pabrik Kimia Farma yang kemudian disalurkan kepada Pedagang Besar Farmasi (PBF). Lebih lanjut, PBF akan menyalurkan ataupun mendistribusikan obat tersebut kepada Apotek, Instalasi Farmasi Kondominium Sakit, Aula Pengobatan dan Toko Remedi.

Idiosinkratis buat sediaan farmasi berwujud narkotika dan psikotropika memiliki jalur distribusi khusus. Buat narkotika namun boleh disalurkan dari Industri Farmasi kepada Petualang Ki akbar Farmasi tertentu, Apotek, media penyimpanan sediaan farmasi pemerintah tertentu, dan Rumah Sakit.

Ritel

Kegiatan PT Kimia Farma di bidang ritel farmasi meliputi apotek, klinik kesehatan, dan laboratorium diagnostik yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga ketika ini, PT Kimia farma telah n kepunyaan bertambah dari 1.232 jaringan Apotek nan tersebar di seluruh Indonesia.

Produk PT Kimia Farma

Umpama perusahaan industri farmasi, PT Kimia Farma karuan saja memproduksi produk farmasi yang dapat dibedakan dalam empat kategori, yakni generik, OTC & herbal, etikal, dan kosmetik.

Generik

Suka-suka dua jenis obat generik yang diproduksi PT Kimia Farma, yaitu obat generik bermerek dagang dan pembeli generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. PT Kimia Farma memproduksi 200 dagangan generik berlogo dengan keunggulan Kimia Farma seperti Paracetamol, Amoxicillin dan Omeprazole nan tersedia di seluruh apotek di Indonesia.

OTC & Herbal

OTC merupakan obat bebas yang boleh digunakan sonder resep medikus. Obat bebas dikenal juga dengan sebutan perunding OTC, terdiri atas pelelang netral dan obat bebas adv minim. Sementara itu herbal yakni macam obat yang dibuat berasal incaran-alamat alami. Melalui produk OTC & Herbal seperti Fituno, PT Ilmu pisah Farma mendukung meningkatkan kekebalan badan. Produk OTC & Herbal lainnya pula boleh membantu menjaga kesehatan Engkau seperti Enkasari dan Batugin.

Etikal

Obat Etikal ditandai dengan galangan berwarna merah dan bergaris tepi hitam dengan tulisan K dandan hitam di n domestik galengan warna merah.

PT Kimia Farma memproduksi lebih dari 100 produk etikal nan diproduksi dengan kualitas dan mutu nan terjamin. Bilang produk calon Ilmu pisah Farma sama dengan Lipidef, Merokaf, Avicov Favipiravir, Tecavir, Alergine, Kimoxil, Loprezol, Rahistin, Kifarox, dan Protofen boleh didapatkan di berbagai apotek di seluruh Indonesia.

Kosmetik

PT Kimia Farma juga punya produk kemanisan. Akan halnya produk kosmetik berpangkal PT Kimia Farma antara enggak adalah Marcks dan Venus.

Anak Perusahaan

Sebagai perusahaan pabrik farmasi pertama yang berdiri di Indonesia, PT Kimia Farma mutakadim berkembang menjadi firma dengan pelayanan kesehatan terkonsolidasi di Indonesia. Bakal meningkatkan memikul dan layanannya, PT Kimia Farma membentuk anak firma, antara enggak sebagai berikut:

1. PT SINKONA INDONESIA Kuat

PT Sinkona Indonesia Lestari (PT SIL) adalah perusahaan yang memproduksi garam Kina dan turunannya bagi banyak industri dan didistribusikan ke seluruh mayapada, terutama untuk industri farmasi, minuman dan ilmu pisah. PT SIL didirikan pada 25 Oktober 1986 dan bak satu-satunya Kina Perusahaan Indonesia yang memproduksi Kina.

2. PT KIMIA FARMA APOTEK

PT Kimia Farma Apotek (KFA) adalah anak asuh perusahaan Perseroan yang didirikan berdasarkan akta pendirian tanggal 4 Januari 2003. Sejak perian 2022. KFA menyempatkan layanan kesegaran nan integral meliputi layanan farmasi (apotek), klinik kesehatan, laboratorium klinik dan optik, dengan konsep One Stop Healthcare Solution (OSHcS) sehingga semakin melancarkan umum mendapatkan layanan kesegaran berkualitas.

3. PT KIMIA FARMA TRADING & DISTRIBUTION

PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) yaitu anak firma Maskapai yang didirikan pada tanggal 4 Januari 2003, bergerak di bidang layanan arus dan perdagangan produk kesehatan dan memiliki wilayah layanan yang luas mencakup 34 Provinsi dan 511 Kabupaten maupun Ii kabupaten.

4. PT Kimia FARMA SUNGWUN PHARMACOPIA

PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) didirikan lega 25 Januari 2022 dan merupakan industri bahan jamak farmasi pertama di Indonesia. Merupakan kerjasama dengan skema joint venture antara PT Kimia Farma (Persero) Tbk dengan PT Sungwun Pharmacopia Indonesia sebagai perwakilan terbit Sungwun Pharmacopia Co Ltd dari Korea Selatan.

5. Ilmu pisah FARMA DAWAA

Kimia Farma Dawaa adalah entitas anak yang bergerak di permukaan ritel farmasi di Arab Saudi sebagai bagian dari langkah untuk go universal. PT Ilmu pisah Farma Dawaa mengamalkan kegiatan persuasi di permukaan penyelenggaraan ritel apotek, distribusi obat-obatan, kosmetik dan alat kesehatan, dan sejak waktu 2022 Ilmu pisah Farma Dawaa (melalui Machfudz Establishment) kembali andai Distributor payudara bayi (baby milk). PT Kimia Farma Dawaa lumrah menggermang pada copot 26 Jumadil Awal 1439 H (bertepatan dengan 13 Februari 2022).

6. PT PHAPROS TBK

PT Phapros Tbk adalah perusahaan farmasi yang diakuisisi maka itu PT Kimia Farma Tbk pada tanggal 27 Maret 2022. Pemerolehan dilakukan seumpama babak dari rencana pemerintah bakal membentuk holding BUMN nan berputar di bidang farmasi. Perusahaan ini memproduksi lebih berpangkal 250 jenis perunding yang makin pecah 170 macam obat di antaranya merupakan hasil peluasan sendiri (non-lisensi) dengan produk unggulannya yaitu Antimo yang menjadi pemimpin pasar di kategorinya.

Source: https://www.liputan6.com/hot/read/5161279/profil-pt-kimia-farma-bisnis-produk-dan-anak-perusahaan