Pesan Moral Film Laskar Pelangi


SINOPSIS DAN Wanti-wanti Akhlak


Bioskop Legiun PELANGI




Produser                             : Mira Lesmana

Sutradara                            : Riri Riza

Durasi                                   : 125 Menit

Tanggal Rilis                       : 25 September 2008 (Indonesia)

DIBUAT Oleh

NAMA                                   : TRI WAHYUNI HENDRIYANI

NIM                                       : 7101413436

MATA KULIAH                  : PENGANTAR Ilmu keguruan

PRODI/FAKULTAS          :PENDIDIKAN AKUNTANSI A

                                                  FAKULTAS EKONOMI



PERAN TOKOH

udara murni       Lintang

Momongan sendiri yang bekerja sebagai nelayan miskin yang enggak n kepunyaan perahu dan harus bersedia dan menerima roh 14 spirit anggota keluarga.Lintang mutakadim menunjukkan minat besar bagi bersekolah berusul hari pertama congah di sekolah cak bagi menjejak cita-citanya.Sira buruk perut aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar sahih berisi, laki-laki katai berambut merah ikal ini perikatan riuk membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar sira dapat bekerja bikin membiayai kebutuhan hidup keluarganya berbunga ayahnya meninggal.

o       Berombak

Seorang murid yang gelojoh menjadi peringkat kedua yang mempunyai tandingan sebangku bernama Lintang, yang merupakan momongan terpintar kerumahtanggaan Armada Pelangi.Sira berminat pada sastra, terlihat berpangkal kesehariannya nan senang batik puisi. Kamu mengesir A Ling, sepupu dari A Kiong, nan ditemuinya permulaan kelihatannya di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Lega akhirnya hubungan mereka berdua terpaksa berakhir oleh jarak akibat keberangkatan A Ling ke Jakarta bagi menemani bibinya.

o       Mahar

Pria tampan bertubuh ceking ini memiliki talenta dan minat besar pada seni. Purwa barangkali diketahui momen sonder sengaja Bu Muslimah menunjuknya kerjakan merinai di depan kelas saat tuntunan seni suara. Pria nan menyenangi seni ini sering dipojokkan teman-temannya.

o       Sahara

Sahara yaitu gadis keras atasan berpendirian kuat yang sangat tunak kepada agama.Ia adalah gadis yang ramah dan juru, ia baik kepada barangkali sekadar kecuali sreg A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah anda basahi dengan air n domestik termosnya

o       A Kiong

Zuriat Tionghoa ini adalah pemuja kalis Maskawin sejak kelas satu.Baginya Maskawin adalah suhunya yang agung. Meskipun lelaki katai ini berwajah buruk rupa, kamu memiliki rasa perkawanan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun kecuali Padang pasir. Belaka, meski mereka cerbak bertengkar, ternyata mereka empat mata ganti menganakemaskan suatu sama enggak.

ozon       Syahdan

Anak nelayan yang kudus ini tidak pernah menonjol.Kalau ada apa-segala dia karuan yang paling kecil enggak diperhatikan.Misalnya saat dolan sandiwara tradisional, Syahdan tetapi kedapatan jadi pakar kipas perempuan dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan yaitu martir cinta pertama Berkerut, ia dan Keriting bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Berombak terbetot lega A Ling.

o       Kucai

Ketua kelas sejauh generasi sekolah Laskar Pelangi.Kamu menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jikalau kamu menatap marah ke sisi Borek, maka akan tertumbuk pandangan engkau sedang menyerang Trapani. Suami-laki ini sejak boncel terlihat bisa menjadi politikus dan karenanya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong.

o       Borek

Pria besar sosiopat otot.Capuk gelojoh menjaga citranya umpama adam macho. Ketika dewasa ia menjadi kuli di toko hoki A Kiong dan Sahara.

ozon       Trapani

Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat menyayangi ibunya. Apapun yang anda bagi harus selalu didampingi ibunya, sebagai halnya misalnya detik mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Maskawin, dia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Cowok yang bercita-cita menjadi hawa ini akhirnya berakhir di apartemen sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya.

o       Harun

Adam yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar momen beliau berusia 15 tahun. Lanang jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak asuh nan masing-masing berbelang tiga lega tanggal tiga kepada Sahara dan suka sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah.Beliau menyetor 3 buah botol saus detik disuruh mengumpulkan karya seni kelas bawah enam.

Selain ke deka- pentolan tersebut yang di namai perumpamaan legiun pelangi, ada tokoh lain adalah:

o       Bu Muslimah

Engkau ialah seorang Ibunda Guru untuk Laskar Pelangi.Wanita lembut ini ialah instruktur permulaan Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling kecil berharga bagi mereka nan senantiasa menyayangi mereka semua.

ozon       Pak Harfan

Seorang Kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah.Ia yakni hamba allah nan sangat palamarta dan penyabar meski murid-peserta awalnya takut melihatnya.

o       Flo

Seorang anak tomboi yang berasal dari batih kaya.Sira merupakan murid campakan berasal sekolah PN Timah nan berlimpah dan sekaligus tokoh anak bungsu yang muncul ibarat bagian berpangkal laskar pelangi. Mulanya permulaan kali masuk sekolah, beliau sempat mewujudkan kekacauan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang malang terpaksa tersepak. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk di sebelah Mahar dan tak kepingin didebat.

o       A Ling

Burung laut purwa Ikal yang ialah saudara sepupu A Kiong.A Ling yang cantik dan tegas ini terpaksa berakhir dengan Ikal karena harus mengawani bibinya yang tinggal sendiri.


SINOPSIS Sinema Armada PELANGI

Diawali saat SD Muhammadiyah, sekolah kampung di Belitong dengan fasilitas yang sangat minus malah minus dansebuah sekolah dengan keadaan nan serba kehabisan , membuka pendaftaran untuk murid bau kencur kelas suatu. Berkerut nan masuk mengufuk awalnya tidak kepingin bersekolah karena kamu tidak mempunyai sepatu yang bagus, sepatu nan digunakan berombak merupakan sepatu yang sudah robek. Hari mula-mula pembukaan papan bawah baru di sekolah SD Muhammadyah menjadi sangat menegangkan bagi dua guru luar biasa, Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara) karena dibutuhkan 10 pelajar dan sampai masa dan waktu itu yunior ada 9 murid. Pak harfa lagi dan bu muslimah kliyengan karena ancaman itu, saat itu adalah hal istimewa untuk bu muslimah dan selongsong harfan serta 9 murid dan basyar tuanya yang menunggu 1 siswa lagi tiada disangka ada 1 murid lagi penyelamat sekolah itu ialah “Harun” seorang seorang momongan berumur 15 perian dengan keterbelakangan mental, yang disekolahkan oleh ibunya agar enggak cuma mencari anak ayam di rumah.

5 tahun kemudian suka dan doyan serta perjuangan guru dan 10 siswa itu silam berarti namun karena nyawa peserta yang menciptakan menjadikan sekolah itu menjadi indah kerjakan mereka.Ajang berperan nan penuh dengan keindahan itu dibuat bertindak anak-anak saat istirahat maupun mengisi waktu adv pernah mereka.

Belaka kadang kala terdapat percederaan sedikit demi sedikit karena wajar anak-anak bertengkar keadaan kecil, tapi pak harfan lah yang takhlik reda pertengkaran itu dengan dibancakannya kisahan Nabi , tremasuk Nabi Nuh As.

“Angkatan Pelangi” tanda yang diberikan Bu Mus buat kesepuluh siswanya ini, melalui hari-hari nan harus dijalani dengan mumbung perjuangan. Banyak narasi-kisah yang sangat menyentuh dan penuh inspirasi yang dialami oleh anggota Tentara Pelangi.Lintang, koteng anak rantau miskin harus mengayuh sepedanya sejauh 80 kilometer pulang pergi untuk merasakan nikmatnya pendidikan. Bukan elusif saat melintasi rawa yang merupakan rute perjalanannya dia dihadang buaya yang madya berjemur, namun engkau tidak pernah membolos hanya karena alasan buaya namun dengan semangatnya dia tetap menunggu buaya itu sampai pergu dulu baru dia baru menyebrang dan menginjak sekolah.

Pagi-pagi ada surat cak bagi melakukan ujian ulangan semenjak sumtra,Bu Muslimah pun tidak merasa terbebani karena bu muslimah yakin bahwa dia akan bias menjadikan petatar itu yang cerdas dan pintar.Belajar lilin batik pun dilakukuan murid-murid itu tanpa bola lampu karena saat itu belum ada penerangan nan sekarang ada.

kisah percintaan antara Patah mayang dan A Ling. Awalnya Ikal disuruh oleh Bu Mus cak bagi membeli kapur di penggerak nasib baik keluarga A Ling. Dia merosot cinta pada ceker A Ling nan indah. Dia tidak pernah mendapati kuku secantik itu. Kemudian kamu sempat bahwa pemilik kakas yang indah tersebut yakni A Ling, Ikal juga tertarik padanya.  Namun, pertemuan mereka harus di akhiri lantaran A Ling pindah bakal mengawani bibinya yang seorang dan kemudian berombak merasa terharu karena mutakadim ditinggalkan oleh A ling.

Momen adanya karnaval Isi kawin yang kesannya mnemukan ide untuk perlombaan semacam pawai.Mahar menemukan sebuah ide untuk menari dalam program tersebut.Mereka para laskar pelangi menari sperti sosok kesetanan, hal tersebut dikarenakan kalung yang mereka kenakan dari buah yang langkah dan doang ada di Balitong, merupakan tanaman yang membentuk seluruh badan galak.Kesannya mereka pun menandak layaknya orang nan paruh kesurupan. Namun beruntung semua itu akhirnya SD Muhammadiyah dapat memenagkan pertandingan tersebut.akhirnya sd muhammadiyah mendapatkan trofi dan berbunga gerendel mendapakan bufet yang bagus.

Namun, pada suatu ketika datanglah Flo, seorang anak yang kaya pindahan kandang kuda SD PN, ia masuk n domestik kehidupan laskar pelangi. Sejak keikhlasan Flo di SD Muhammadiyah tersebut yang membawa pengaruh buruk untuk teman-temannya terutama Mahar, yang duduk satu bangku dengan Flo.Sejak keberadaan anak asuh tersebut nilai Mahar seringkali jatuh dan jelek sehingga membentuk bu Mus murka dan kecewa.

Kursus pun terus dan dilaksanakan lagi bu mus berambisi nilai anak-anak akan tingkatan kembali dan bagus-bagus.

Sekadar terjadi suatu ki kesulitan kembali karena ikal merasa dayuh karena sudah ditinggalkan A lingpindah cak bagi menemani bibinya, ikal tidak semangat lagi bakal belajar tapi bernasib baik padanan-temannya ikal hayat lakukan berlatih dan menjadi orang sukses.

                Patos datang lagi , sekolah dtinggalkan cucu adam nan berharga n domestik sekolah itu , yaitu pak harfan terpejamkan dimeja pembelajaran dan pak harfan pun meninggal. Usia anak-anak dan bu mus terpenggal karena mereka merasa kekurangan sosok pemimpin yang tangguh dan bijaksana. Cuma hayat anak-anak termasuk lintang yang membuat bu Mus sadar maka bu mus merasa terharu melihat momongan sekolah koteng tanpa adanya master , dan akhirnya kehidupan Bu mus dating lagi cak bagi mereka.

Keajaiban terjadi ketika sekolah Muhamaddiyah, dipimpin maka dari itu riuk satu laskar pelangi mampu belajar pun dilakukan anak-anak karena akan diadakannya cerdas cermat, latihan pun cinta di pelajari bu mus lakukan keberhasilan muridnya, keheranan mencapai puncaknya ketika tiga khalayak momongan anggota angkatan pelangi (Ikal, Lintang, dan Sahara) berhasil unggul adu cerdas tangkas mengalahkan sekolah-sekolah PN dan sekolah-sekolah area. Satu pengejawantahan yang puluhan tahun cerbak digondol sekolah-sekolah PN.Namun semangat belajar anak-anak muhammadiyah ialah hasil yang setimpal dengan pengorbanan dan keterbatasan merekan membuat SD Muhammadiyah memenangkan lomba tersebut dan piala lagi menjadi 2 untuk keberhasilan pelajar Laskar Pelangi Tersebut.

Hari-tahun mereka selalu dihiasi dengan canda dan tawa maupun rintihan.setelah kompetisi tersebut Lintang tidak masuk sekolah.di erot semua kecerian mereka, terserah koteng murid nan benama Lintang yakni anggota laskar pelangi nan perjuangannnya terhadap pendidikan perlu di acungi ibu jari.Ia rela menuntut ganti rugi jarak 80 km bakal pulang dan pergi berasal rumahnya ke sekolah sahaja untuk agar beliau bisa belajar. Engkau lain pernah mengikat meski saat pelawatan cenderung sekolahnya ia harus melewati sebuah telaga yang terwalak buaya katak di dalamnya.

Lega akhirnya mereka kawan-kawan Lintang dan juga bu Mus mendapatkan surat pecah Lintang yang isinya, Lintang tidak bisa melanjutkan sekolahnya kembali karena ayahnya meninggal dunia. . Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah kesedihan yang mendalam bakal anggota armada pelangi.lintang engkau sebagai momongan laki-suami tertua harus menghidupi semua kebutuhan adik-adiknya. Saat itulah kelas kekeringan sumber makrifat yang lain jalinan sangar akan ilmu.

Akan doang tentangan terus berlantas, semua tunak berjuang menjadi apa yang mutakadim mereka cita-citakan. Walau plong awalnya mereka tidak berani bakal sekedar bercita-cita.Dengan arahan kemuhammadiyahan mereka mempunyai sikap mental yang pantang menyerah.

Di penghabisan certita Berombak, tokoh ‘aku’ internal kisahan ini mendapatkan beasiswa untuk khotbah ke Perancis di Sorbone University, suatu pencapaian yang luar biasa dari momongan Belitong yang termarginalkan makanya keadaaan. Meskipun lain seberuntung Ikal, Lintang kaya mewujudkan keinginan ayahnya bagi tidak menjadi nelayan sama dengan sang ayah. Dia menjadi supir truk, namun teguh dengan kaki langit pengetahuan yang masih tak tertandingi oleh siapapun termasuk Ikal sendiri.Tak pedauli bagaimana rupa sekolah mereka, bagaimana sederhananya hawa mereka, bagaimana kemiskinan mutakadim ki menenangkan amarah sebagian hak mereka, doang pendidikan yang bersumber mulai sejak umur perlagaan dan keikhlasan dapat memungkirkan kejadian menjadi lebih baik.


Wanti-wanti Akhlak

Pesan Moral yang terkandung internal Film Laskar Pelangi adalah :

·

Semangat karena keterbatasan bukan menjadi penghambat buat kita memaksudkan pendidikan , karena pendidikan itu sebenarnya terdahulu untuk masa ini maupun dimasa yang nanti.

·

Kewajiban kita untuk menyelesaikan belajar adalah Balas pengorbanan kita untuk kedua individu jompo dengan sesuatu yang dapat takhlik mereka bangga dan bahagia kepada kita.

·

Cita-cita bisa diraih walaupun dengan melawan apa bentuk keterbatasan dan membangkitkan sukma kita.

·

Kesetiakawanan, kebersamaan, keakraban, keharmonisan, perjuangan dan pengorbanan ada privat persahabatan yang suka-suka dalam film ini.

·

sikap saling menghargai dan menghormati sejak dini lega momongan-momongan bagi warga nasion nan multikultural kembali bisa dicontoh untuk kita warga Indonesia supaya bukan membedakan satu dengan yang lainnya.

Source: http://triwahyunihendriyani.blogspot.com/2014/06/pesan-moral-film-laskar-pelangi.html

Posted by: caribes.net