Peta Buta Indonesia Dan Keterangan

Tentu sudah bukan kejadian yang asing lagi bahwa Indonesia dikenal sebagai negara dengan provinsi nan luas, lain? Indonesia lebih-lebih berbahagia banyak julukan negara kepulauan karena memiliki banyak pulau yang tersebar dari Sabang sebatas Merauke. Seandainya dilihat terbit peta, sebagian besar wilayahnya yaitu perairan, sehingga Indonesia mendapatkan julukan
negara maritim. Kalau kita meluluk peta ASEAN, nampak negara Indonesia merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia pula dikenal misal negara yang mempunyai keindahan alam yang menakjubkan, sehingga lain mengherankan seandainya Indonesia menjadi riuk suatu destinasi wisata para pelancong mancanegara. Indonesia kembali n kepunyaan majemuk kaki dan budaya, serta keunikannya singularis. Untuk memafhumi atlas Indonesia beserta keterangan lengkapnya, marilah simak ulasan berikut ini.

Daftar Isi Artikel

  • Peta Pulau Indonesia
  • Peta Buta Indonesia
  • Peta Indonesia Hitam Masif
  • Ilmu permukaan bumi Indonesia
  • Perenggan-Batas Kawasan Indonesia
  • Penjatahan Administratif Indonesia
  • Mileu Hidup Indonesia
    • 1. Keberagaman Asiatis
    • 2. Keberagaman Australis
    • 3. Varietas Pergantian
  • Demografi Indonesia
  • Topografi dan Iklim di Indonesia


Peta Pulau Indonesia

gambar peta pulau indonesia


Atlas Buta Indonesia

gambar peta buta indonesia


Peta Indonesia Hitam Zakiah

gambar peta indonesia hitam putih


Geografi Indonesia

Seperti nan sudah diketahui, Indonesia terjadwal salah satu negara yang memiliki wilayah luas terutama di kawasan Asia Tenggara. Negara yang terletak di antara 6º LU-11º LS dan 95º BT-141º BT ini membujur julukan negara zamrud khatulistiwa, karena dilalui oleh garis khayal atau yang disebut dengan ekuator.

Negara yang ibu kotanya berkecukupan di DKI Jakarta ini terletak di lokasi yang taktis dan berada puas posisi silang marcapada karena dilalui jalur perdagangan, pelayaran, dan penerbangan marcapada yang memberi dampak positif dan menguntungkan. Jikalau dilihat dari peta, sebagian besar kewedanan Indonesia adalah perairan dengan luas 3.257.483 km2, sedangkan kawasan daratannya 1.922.570 km2.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki pulau yang berjumlah ribuan yakni sekeliling 17.504 pulau dan sebanyak 6.000 pulau merupakan pulau yang tak berpenghuni. Dari ribuan pulau nan ada di Indonesia, ada lima pulau besar yang ditinggali maka itu masyarakat Indonesia yaitu Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Karena wilayahnya yang dulu luas, Indonesia menyimpan aset alam yang melimpah dan mempunyai flora dan hewan nan dulu bermacam rupa. Letak geografis Indonesia yang berada di posisi strategis membuat Indonesia mendapatkan pengaruh bersumber bervariasi peradaban dunia dan kebudayaan. Dikenal sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia memiliki kondisi tanah yang subur.

Maka lain mengajaibkan apabila Indonesia lagi dikenal dengan julukan negara agraris karena sangat bergantung sreg hasil pertanian dan perkebunan seperti mana beras, jagung, salinan, karet, sayur-sayuran, buah-buahan, sugi, dan masih banyak sekali lagi.

Selain itu, Indonesia memiliki substansi sumber gerendel alam berupa minyak bumi, gas pataka, nikel, rejasa, bujukan bara, emas, perak, bauksit, kayu, dan bukan sebagainya. Semua perigi sosi alam ini dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan seluruh awam Indonesia, serta berperan dalam perdagangan antarbangsa.


Batas-Batas Wilayah Indonesia

Letak Indonesia nan berada di antara dua kontinen, ialah Asia dan Australia menjadi salah satu alasan cak kenapa Indonesia boleh menangkap perpautan yang baik dengan negara-negara nan berada di kedua benua tersebut. Indonesia lagi memiliki batas-batas wilayah dengan beberapa negara tetangga, baik perenggan darat maupun laut/perairan.

Batas-batas wilayah inilah nan sesekali memicu konflik dengan negara setangga, begitu juga kasus perebutan kepemilikan Pulau Natuna yang terjadi beberapa saat terlampau. Berikut ini merupakan perenggan-batas wilayah Indonesia:

  • Di sebelah barat, Indonesia berbatasan langsung dengan wilayah negara India dan perairan Samudera Hindia.
  • Di jihat timur, Indonesia berbatasan langsung dengan daratan negara tetangga merupakan Papua New Guinea.
  • Di arah paksina, Indonesia berbatasan dengan Samudera Pasifik dan negara-negara tetangga ialah Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
  • Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan daerah negara Timor Leste dan Samudera Hindia.


Pembagian Administratif Indonesia

Rencana negara Indonesia ialah republik dan menerapkan sistem pemerintahan presidensil, sehingga presiden berkedudukan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Secara eksekutif, Indonesia dibagi menjadi beberapa wilayah dengan jumlah 34 kewedanan. Masing-masing provinsi terdiri dari ii kabupaten dan kabupaten, kemudian dibagi pun menjadi kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan.

Dari 34 provinsi masih terbagi lagi menjadi 416 kabupaten dan 98 kota, serta terbagi kembali menjadi 7.024 kecamatan dan 81.626 desa/kelurahan. Tiap-tiap provinsi dikelola oleh Gubernur dan DPRD Provinsi, kabupaten dipimpin maka dari itu Bupati dan DPRD Kabupaten, dan daerah tingkat dipimpin maka dari itu Walikota dan DPRD Kota yang dipilih secara berbarengan oleh rakyat melalui pemilu.

No. Provinsi Ibukota Provinsi
1. Nanggroe Aceh Darussalam Banda Aceh
2. Sumatera Lor Palagan
3. Sumatera Barat Padang
4. Riau Pekanbaru
5. Kepulauan Riau Semenanjung Jambe
6. Jambi Jambi
7. Sumatera Selatan Palembang
8. Kepulauan Bangka Belitung Pangkal Pinang
9. Bengkulu Bengkulu
10. Lampung Bandar Lampung
11. DKI Jakarta Jakarta
12. Banten Serang
13. Jawa Barat Bandung
14. Jawa Tengah Semarang
15. D.I. Yogyakarta Yogyakarta
16. Jawa Timur Surabaya
17. Bali Denpasar
18. Nusa Tenggara Barat Mataram
19. Nusa Tenggara Timur Kupang
20. Kalimantan Barat Pontianak
21. Kalimantan Paruh Palangkaraya
22. Kalimantan Timur Samarinda
23. Kalimantan Selatan Banjarmasin
24. Kalimantan Utara Jazirah Selor
25. Sulawesi Barat Mamuju
26. Sulawesi Utara Manado
27. Sulawesi Kidul Makassar
28. Sulawesi Tenggara Kendari
29. Sulawesi Tengah Pengetuk
30. Gorontalo Gorontalo
31. Maluku Ambon
32. Maluku Utara Sofifi
33. Papua Barat Manokwari
34. Papua Jayapura

Dari 34 negeri nan ada di Indonesia, ada panca provinsi yang punya status yang berbeda dengan kemandirian khusus yaitu Negeri Nanggroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, Area Tersendiri Yogyakarta, Papua Barat, dan Papua. Kelima kewedanan tersebut n kepunyaan hak spesifik beserta tingkat independensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya,


Mileu Hidup Indonesia

Indonesia memiliki tingkat keberagaman manusia hidupnya yang tinggi, sehingga maka dari itu bilang pihak ekologi disebut dengan istilah “udara biodiversity”. Hal ini dikarenakan keberagaman hayati nan ada di Indonesia, baik multiplisitas flora maupun hewan dari berbagai jenis nan tersebar di seluruh wilayah Indonesia tiba bersumber Sabang sampai Merauke.

Indonesia yang dikenal sebagai Malesia ataupun Indomalaya ini terdiri dari 12% mamalia, 25% ikan, 16% reptil, 17% kalam, dan 10% pokok kayu, serta dunia tumbuhan dan fauna endemik yang tidak ditemukan di negara lainnya begitu juga komodo dan bunga bangkai (Rafflesia). Semuanya ini hidup di provinsi Indonesia yang sekadar memiliki luas seputar 1,3% bermula luas Bumi.

Bilang jenis flora bahkan dijadikan sebagai identitas atau huruf angka kebangsaan, misalnya bunga anggrek bulan yang dijadikan sebagai huruf angka puspa pesona, bunga melati umpama simbol puspa bangsa, dan bunga padma besar sebagai simbol puspa selit belit. Tidak hanya kemajemukan dunia tumbuhan, Indonesia juga n kepunyaan kekayaan satwa nan beragam.

Heterogenitas fauna ini dipengaruhi makanya rintangan kalimantang, keadaan tunggul, dan aksi hewan. Persebaran fauna yang ada di Indonesia ini bisa dilihat dari atlas Indonesia berdasarkan garis Wallace dan Weber. Berikut ini merupakan 3 golongan keberagaman fauna yang tersebar di Indonesia.

1. Tipe Asiatis

Berdasarkan peta persebarannya, jenis fauna Asiatis tersebar di area Indonesia bagian barat sampai Selat Lombok dan Selat Makassar. Hewan yang tergolong intern fauna Asiatis berjenis dabat menyusui dengan ukuran tubuh yang raksasa seperti badak, macan, makhluk utan, dan beruang.

2. Tipe Australis

Berdasarkan peta Indonesia, fauna tipe ini dapat ditemukan dengan mudah di negeri Indonesia babak timur yaitu area Papua dan sekitarnya. Contoh dabat yang tergolong privat varietas Australis yakni jenis burung seperti burung cendrawasih, pelir kakatua, dan burung kasuari.

3. Macam Perlintasan

Bikin tipe dabat peralihan dapat ditemukan di kar Indonesia bagian perdua meliputi Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hewan yang tergolong kerumahtanggaan tipe ini merupakan fauna safi Indonesia nan enggak boleh ditemukan di negara-negara enggak. Konseptual hewan nan tergolong dalam jenis ini merupakan Komodo, titit maleo, anoa, dan babi kijang.


Ilmu kependudukan Indonesia

Sebagai negara nan punya area luas, Indonesia sekali lagi ikut dalam peringkat keempat di dunia dengan besaran warga yang besar. Bersendikan data mulai sejak Jawatan Kancing Statistik tahun 2022, jumlah penduduk di Indonesia sekitar 270.054.853 nyawa. Salah satu pulau yang padat pemukim adalah Pulau Jawa, khususnya area DKI Jakarta.

Sebagian besar warga Indonesia merupakan bangsa Austronesia dan sebagian lainnya adalah gerombolan Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia. Hal inilah yang menjadikan tiap provinsi yang ada di Indonesia n kepunyaan suku dan budaya masing-masing. Dua tungkai terbesar di Indonesia ialah Jawa dengan persentase 41% dan Sunda dengan persentase 15% dari total populasi.

Selain keragaman suku dan budaya, Indonesia juga memiliki 6 agama yang diakui secara biasa antara lain agama Islam, Katolik, Masehi Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Selain itu, ada juga berbagai kepercayaan yang dianut oleh masyarakat terutama di distrik pedalaman, seperti Kejawen, Marapu, Kaharingan, Parmalim, Aluk Todolo, Buhun, dan lain-lain.


Topografi dan Iklim di Indonesia

Indonesia memiliki iklim tropis di mana sekadar terdapat dua perian yaitu musim kemarau dan masa penghujan karena letaknya yang bernas di garis khatulistiwa. Seperti yang mutakadim dijelaskan sebelumnya, Indonesia pula dikenal sebagai negara maritim karena wilayah perairannya yang lebih luas dibandingkan wilayah daratannya

Indonesia juga diapit maka itu dua samudera, adalah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, sehingga tingkat kelembaban udaranya cukup tahapan yaitu mencecah lebih dari 80%. Dengan adanya iklim laut seperti ini memasrahkan keuntungan bagi Indonesia, salah satunya adalah adanya otoritas dari kilangangin kincir laut yang mengirimkan kelembaban ke daratan,

Dengan adanya angin laut nan berhembus ke daratan, maka dapat membantu menyejukkan daratan nan menggiurkan dan kering selama musim kemarau. Sementara itu, karena ada supremsi laut yang hangat, suhu di malam hari menjadi tidak terlalu hambar.

Kondisi duaja di Indonesia terdiri dari n baruh cacat, dataran tingkatan, dan pegunungan yang menjulang. sehingga menciptakan temperatur udara yang bermacam ragam. Di Indonesia ada beberapa iklim seperti iklim tropis lembab di wilayah dataran rendah, iklim sangar di kewedanan bayangan hujan, iklim hujan abu tropis di wilayah hadap angin, dan iklim salju kuat yang hanya terdapat di puncak Jaya Wijaya (Papua).

Dari penjelasan di atas, dapat dipahami dan diketahui secara lebih jelas mengenai kondisi lingkungan alam Indonesia, topografi, ilmu kependudukan, dan tak sebagainya melalui atlas Indonesia. Dengan keanekaragaman hayati dan SDA nan melimpah, maka sebagai warga Indonesia, kita harus menjaga kelanggengan alam dan budaya yang sudah menjadi ciri eksklusif dan identitas nasion.

Source: https://sahabatnesia.com/peta-indonesia/

Posted by: caribes.net