Poster Aksara Sunda Dan Artinya

Brilio.pukat –
Bahasa kawasan nan cukup tenar di Indonesia yaitu bahasa Sunda. Bahasa ini ialah bahasa kewedanan yang umum digunakan sehari-hari di Provinsi Jawa Barat. Logat dan cara pengucapan yang distingtif, sehingga membentuk banyak anak adam mesem koteng saat mendengarnya.

Bahasa Sunda memiliki keunikannya seorang, yang mungkin lakukan beberapa orang pas terhibur untuk mempelajarinya. Di arah lain, cak semau banyak kata-alas kata dalam bahasa Sunda yang boleh menginspirasi kerumahtanggaan atma. Bukan sedikit pula nan membalut kalimat tersebut dengan kata-kata nan komikal sehingga bisa jadi hiburan partikular.



Banyak pembukaan-kata bahasa Sunda yang kemudian digunakan orang yang bukan mulai sejak Sunda lantaran kata-kata itu populer. Bahkan, kata-kata bahasa Sunda yang bijak dapat dijadikan sebagai motto spirit. Biar keteter, motto hidup bahasa Sunda ini mempunyai makna yang tekun.

Bagi kamu yang madya mengejar pustaka motto hidup terbaik dan menginspirasi n domestik bahasa Sunda, berikut
brilio.ambai
telah merangkumnya dihimpun terbit berbagai perigi, Kamis (18/11). Lengkap beserta artinya loh!






Motto nasib bahasa Sunda, bijak dan penuh makna.

Motto hidup bahasa Sunda © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. “Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku aksi mah sarua jeung ngabodor”.

(Punya kemauan tapi sambil tak disertai dengan usaha sejajar saja dengan bercanda)

2. “Isap itu harus loba seuri, iar keliatannya teh bagja alias senang. Gitu, meskipun mah hate keur notog titajong boleksek”.

(Hidup itu harus banyak tertawa agar tertumbuk pandangan demen dan bahagia, meski hati medium dalam keadaan gundah)

3. “Perbuatan nepika ngajadikeun cangap matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina”.

(Jangan sebatas menjadikan cinta takhlik lalai pada semuanya, apalagi sampai lupa sreg nan maha kuasa)

4. “Per komplikasi anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana”.

(Setiap kelainan yang datang saat ini, tidak untuk membuayai, saja buat menguji seberapa kuat kita bisa menahannya)

5. “Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh.”

(Hidup ini antara bahagia dan sedih, takdirnya tidak bahagia ya dayuh.)

6. “Seropot ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur.”

(Nyawa haruslah dimulai dengan tahmid serta diakhiri dengan rasa syukur.)

7. “Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa terkoteng-koteng. Tingali wulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggéur katémbong masihan cahyana.”

(Jangan merasa terharu karena merasa koteng. Lihat wulan, dia juga seorang namun tunak menjatah cahayanya)

8. “Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur pendirian. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gegap-gempita seuéur téuing alésan.”

(Khalayak bisa sukses karena memiliki banyak cara. Sedangkan khalayak yang gagal karena dia memiliki banyak sekali alasan.)

9. “Kudu ganti asih, silih asah jeung silih asuh.”

(Harus saling mencintai, membagi nasihat, dan mengayomi.)

10. “Mun geus johnamah moal kamana ieuh.”

(Kalau sudah jodoh tidak bagi lari ke mana)

11. “Teu aya istilah cinta buta, aya ge jalma eta sorangan nu ngabutakeun diri.”

(Tidak terserah istilah cinta buta, yang cak semau khalayak itu sendiri nan membutakan dirinya)

12. “Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira.”

(Sebelum memberi selang dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat maka dari itu sikapmu)

13. “Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga palit samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng.”

(Nafsu yakni satu hal yang bersifat sementara nan lebih tinggal disukai tinimbang hal-peristiwa yang abadi)

14. “Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi”.

(Orang miskin bukanlah detik tak n kepunyaan harta, tetapi ketika kita telah kehilangan bosor makan semenjak keluarga)

15. “Bobot pangayun timbang taraju.”

(Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)

16. “Kudu tukar asih, silih kilir, jeung silih tuntun.”

(Kita harus tukar mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama sosok)

17. “Sacangreud pageuh sagolek pangkek.”

(Segala apa nan kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

18. “Kudu hade gogod hade tagog.”

(Kita harus menjaga tingkah kayun diri yang baik)

19. “Bengkung ngariung bongok ngaronyok.”

(Takdirnya kita menghadapi suatu kesulitan atau ki kesulitan pecahkan secara bersama-sederajat)

20. “Kalakuan ngukur baju sasereg awak.”

(Jangan sekadar mengintai seseorang dari luarnya hanya)

21. “Cai karacak ninggang gangguan laun laun jadi dekok.”

(Harus mempunyai tekad dan hayat yang pantang mundur)

22. “Lakukeun naon fulanah urang sanggup, teras tinggalkeun ka Gusti.”

(Lakukan nan kita dapat, setelahnya serahkan kepada Tuhan)

23. “Jaga kalakuan anjeun, polah snobis pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun.”

(Jagalah pelahap kelakuanmu, jangan sok atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu)

24. “Kudu bageur pikeun diri anjeun, kulawarga, sareng sadaya mahluk sasama anjeun.

(Bersikap baiklah untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup)

25. “Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya.”

(Adab atau ilmu sama pentingnya cak bagi mengejar semangat mayapada)

26. “Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun ebi pangaweruh.”

(Kegagalan merupakan kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)

27. “Gusti moal sare.”

(Tuhan lain koalisi tidur)

28. “Jalma anu memenangi nyaéta jalma si fulan tiasa ngontrol dirina.”

(Orang yang menang adalah orang yang bisa menuntaskan dirinya seorang)

29. “Asih henteu dumasar kana penampilan alus, kaéndahan raray anjeun, kabeungharan anjeun sareng karya anjeun.”

(Cinta itu lain berdasar sreg ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)

30. “Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna.”

(Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalannya)

31. “Kudu bisa mihapékeun manéh atau sing boleh mipahekeun diri.”

(Harus bisa menjaga diri dalam perhubungan alias harus pandai beradaptasi dengan lingkungan)

32. “Tata titi duduga peryoga.”

(Menjaga etika dan bermartabat santun)

33. “Moal aya haseup mun euweuh seuneu, matak oge kelakuan nyieun pucuk tigirang bisi nimbulkeun bancang pakewuh.”

(Bukan akan ada akibat sekiranya tidak ada sebab, maka itu jangan bikin perkara takutnya akan menimbulkan masalah)

34. “Kudu boga barang sorangan ragam adéan ku kuda beureum.” (Harus mempunyai barang koteng jangan merasa bangga dengan milik orang lain)

35. “Bawa! kanyon beraga ridu ku tanduk, engkemah butuh.”

(Panggul! (komoditas tertentu) jangan merasa ribet nanti pula akan butuh)

36. “Sing boga pamadegan hirup, ragam jiga awi sumaér di pasir.”

(Harus punya pendirian jangan plin plan)

37. “Walaupun jangji kudu sacangreud pageuh sagolek pangkek.”

(Kalau janji harus ditepati tak boleh mencla mencle)





38. “Ragam ngumbar nafsu sabab nafsu nu matak kaduhung awak nu untuk katempuhan.”

(Jangan mengumbar amarah sebab amarah akan menimbulkan penyesalan dan kerugian di kemudian hari)

39. “Munding dicekel tambangna, jelema dicekel caritannana. Kudu tijin kana jangji ulah lunca linci luncat mulang udar tina sutra indang.”

(Kalau bersuara harus meyakinkan dan kalau berjanji harus dapat dipegang dan jangan berkhianat)

40. “Sing daek peurih da hirupmah moal beunghar ku panyukup batur.”

(Harus mau berjuang sendiri kendatipun pelik sebab umur enggak akan kaya dengan pemberian cucu adam lain)


Motto hidup lucu bahasa Sunda, bikin leha-leha jalani hidup.

Motto hidup bahasa Sunda © berbagai sumber

foto: pexels.com

41. “Hatiku bukanlah sangu sesa yang dapat kau remehkan.”

(Hatiku bukanlah nasi sisa nan bisa kau remehkan)

42. “Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil).”

(Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang kembali nagih tunggakan (ngikutin terus))

43. “Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang.”

(Jangan patah roh terus berusaha, inget cicilan masih tangga)

44. “Tong bergaduk ngaulinkeun hate aing atuh euy da bukan cocooan atuh.”

(Jangan suka permainin lever aku dong, hati aku kan bukan mainan)

45. “Pasti peurih sih meskipun diputuskeun teh, komo deui sungguhpun diputuskeunna sabab direbut babaturan sendirian.”

(Pasti melilit kalau diputusin cak acap. Apalagi jikalau putusnya karena direbut kawan koteng)

46. “Suatu detik akan kau sadari bahwa aing merupakan permata yang kau piceun.”

(Satu saat akan kau sadari bahwa gue yaitu permata nan kau lepaskan)

47. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho”

(Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-bangun sampai lupa)

48. “Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur nikmat ka tempona.”

(Cinta yang tulus itu ibarat kain lajak yang direndam 7 hari tujuh lilin batik. Lamun kata teman abu, tapi menurut burung laut yang utama bersih dan lemak dipandang)

49. “Mun aya nanaon di Bandung, bejakeun weh minantuna Kang Bahar, kituh”

(Jikalau suka-suka apa-barang apa di Bandung, beberapa saja seandainya kamu itu menantunya Kang Bahar, gitu)

50. “Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma si dia hebat, lestari tur loba jerawat.”

(Setia tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri mulai sejak orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat)

51. “Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang kendatipun henteu dipigawean”

(Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak diselesaikan)

52. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya sekadar sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.”

(Jangan diganggu, pun ngilu. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sinkron diamplopin duit)

53. “Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku temperatur: kunaon ai maneh kabeurangan? Bejakeun weh: lalakon mah datangna pandeuri.”

(Kalau berangkat sekolah kesiangan terus ditanya guru: kenapa menclok kesiangan? Jawab namun: dimana-mana warok datangnya belakangan)

54. “Urang sabar kusabab boga hate. Coba walaupun ebi boga provokasi. Geus dibalangkeun batuna bunga tasbih beungeut sia.”

(Aku sabar karena punya hati. Coba sekiranya aku punya godaan. Udah ku tabokin alai-belai itu ke mukamu)

55. “Mending ungu muda ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur”

(Makin baik menjomblo terus perpautan. Daripada lama cak berpacaran, tapi dinikahin orang tidak)

56. “Cinta sia mah ilegal, minimum alus oge KW super eweuh nu orisinilan.”

(Rajin sira itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener polos)

57. “Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa eco siga coklat”

(Adakalanya kalau cinta sudah tertuju, tai meong juga terasa mak-nyus ibarat coklat)

58. “Cinta aa ka neng moal leungit-leungit sanajan aa geus kawin deui.”

Artinya: Cinta berma sama neng tidak akan hilang walau abang telah perhubungan juga.

59. “Kuring jomblo tak pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas”

(Aku jomblo tidak karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum terserah pilihan nan cukup)

60. “Wanita lebih memilih pria goreng patut daripada laki-laki goreng peruntungan.”

(Wanita lebih memilih junjungan-laki dengan paras jelek ketimbang pria dengan rezeki yang jelek)

61. “Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro”

(Rumpil kalo suka sama orang yang gak demen kita. Andai beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris)

62. “Semoga beliau cepet putus selevel kabogoh engkau yang mukanya ledug mampu keresek gehu yang sararoek itu.”

(Semoga kamu cepet patah sama inai kamu yang mukanya belepotan kaya dompet kresek buat sempat isi yang sobek-koyak itu)

63. “Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet.”

(Cak berpacaran sebabat engkau itu bikin rusak dompet)

64. “Ngopi heula atuh lur ngameh ngaburicak matana.”

(Ngopi suntuk, cak agar matanya melek)

65. “Hese mah tong kabawa hees.”

(Susah itu jangan dibawa tidur)

66. “Cinta aa ka neng moal leungit-leungit sanajan aa geus kawin deui.”

(Comar abang sama neng enggak akan hilang walau abang sudah afiliasi lagi)

67. “Hatiku bukanlah sangu sesa nan boleh kau remehkan.”

(Hatiku bukanlah nasi sisa nan bisa kau remehkan)

68. “Tadinya ek mandi, cukup ngaca eh manis keneh, ah tamas we.”

(Mulanya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci tampang cuma)

69. “Nginjem kabogoh lah sapoe we atuh, hayang lilin lebah mingguan.”

(Pinjem pacar satu hari, pengen malam mingguan)

70. “Masalah mah tahang diperpanjang, da enggak STNK.”

(Kebobrokan itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK)

71. “Ngahaja teu bersiram, biar kelihatan rupawan alami.”

(Sengaja nggak mandi, biar terpandang cakap alami)

72. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.”

(Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri kembali jarang ngobrol)

73. “Urang bageur ayeuna mah langka siga asap 3 Kg.”

(Turunan baik sekarang berat, begitu juga gas LPG 3 Kg)

74. “Ayeuna uing keur teu hayang ngomong jeung jago merah-api poho ingetan.”

(Sekarang aku juga nggak mau ngomong dan bohongbohongan hilang ingatan)

75. “Maneh mah sedih mun maca buku novel tragedi, kuring mah trenyuh mun maca buku tabungan.”

(Engkau tuh sedih sepan baca sentral novel tragedi, kalau aku sedih pas baca buku tabungan aku)

(brl/far)

(brl/far)

Source: https://www.brilio.net/wow/75-motto-hidup-bahasa-sunda-terbaik-dan-menginspirasi-211117n.html

Posted by: caribes.net