Keripik Kentang dan Metode Pengolahannya

Keripik Ubi benggala dan Metode Pengolahannya


Keripik kentang
memiliki cita rasa yang bernas menggugah selera bersantap, variasi makanan ringan ini telah dikenal mahajana oleh masyarakat Dunia semesta sebagai salah satu tipe rezeki ringan utama dipasar Snack.

Keripik Kentang
Di Indonesia, keripik kentang juga mutakadim tidaklah asing lagi bagi masyarakat, dimana jenis pangkal pohon kentang yaitu jenis tanaman yang telah lama dibudidayakan di Indonesia terutama didataran tinggi yang memiliki temperatur 14 sampai dengan 25 derajat celcius dengan curah hujan yang lain terlalu jenjang. Tak heran apabila makanan olahan dengan bulan-bulanan dasar ubi benggala banyak ditemukan, mulai berpokok keripik kentang, stik kentang rendang, perkedel ubi benggala, donat kentang, kroket kentang, kue lumpur ubi belanda, kue soes kentang, itu semua merupakan bilang kecil contoh olahan dari kentang nan banyak terdapat dipasar.

Keripik kentang walau menurut memori penemuannya berasal berasal Amerika namun di Indonesia keripik ubi belanda yang beredar dipasar tidak didominasi makanya komoditas luar negeri, sampai-sampai lebih banyak produk domestik hasil kreasi anak bangsa sendiri.

Pada dasarnya keripik ubi belanda ialah hasil penggodokan ubi belanda nan diiris tipis kemudian digoreng sampai tandus, hal tersebut ialah asal berusul

pembuatan keripik kentang
. Namun secara teknis nan lebih detail lagi, ternyata keripik ubi benggala dari tiap distrik memiliki ciri khas perbedaan plong rasa dan teksturnya, dimana yang membentuk perbedaan itu yaitu hasil dari teknik penggarapan yang farik antar tiap daerah tersebut.

Dua Macam Mandu Pembuatan Keripik Kentang

Ada banyak jenis cara perebusan tapi nan akan dibahas disini dua macam

cara pembuatan keripik kentang

yang sering dilakukan orang.

Mandu Pertama Pembuatan Keripik Kentang

  • Memperbedakan ubi benggala yang n kepunyaan ukuran ki akbar dan baik daging umbinya.
  • Pisahkan kentang dari selerang arinya dan dicuci sampai bersih.
  • Iris tipis tipis kentang yang telah ceria, sreg tahap ini lebih baik digunakan perlengkapan perajang keripik agar akhirnya kian baik dan ketebalannya bisa sama daripada dirajang manual dengan pisau.
  • Irisan kentang direndam dengan air tahir kerjakan menyingkir oksidasi lega ubi belanda yang akan menyebabkan warnanya menjadi kecoklatan, puas tahap ini air tulus bisa dicampur dengan garam dan bumbu seperti umbi lapis tahir sebagai penyedap rasa, biarkan beberapa detik taksir duga 15 menit.
  • BIlas sekali lagi kentang yang telah direndam tersebut dengan air ceria kemudian tiriskan agar air nan menempel pada rajangan kentang lain bersisa banyak.
  • Siapkan minyak manis dan didihkan kemudian goreng irisan tersebut setakat kering.
  • Tiriskan kentang yang telah digoreng tersebut, dan keripik kentang siap disajikan.

Cara Kedua Pembuatan Keripik Kentang

  • Pilih pongkol kentang yang memiliki ukuran jumlah setimpal serta kwalitas daging kentangnya baik.
  • Kupas kentang yang sudah lalu dipilih dari kulit arinya hingga nirmala.
  • Cuci ubi benggala yang telah dikupas dengan air bersih setakat kotoran nan melekat hilang.
  • Iris tipis tipis umbi kentang nan telah bersih dengan instrumen perajang keripik agar jadinya baik dan sama ketebalan pengirisannya.
  • Irisan tipis kentang tersebut kemudian direndam dengan air kudus untuk menghindari oksidasi pada kentang nan menyebabkan perubahan warna pada racikan kentang.
  • Siapkan sebelumnya air rendaman kapur kinang selama satu malam dengan perbandingan konsentrasi satu liter air bersih dengan 10 gram kapur serasa.
  • Sehabis direndam dengan kapur sirih bilas kembali irisan ubi belanda dengan air jati.
  • Rendam lagi irisan kentang tersebut dengan air bersih yang mutakadim dicampur garam, disini bisa ditambahkan bawang tahir lega air rendaman apabila ingin kian terasa bumbunya.
  • Tiriskan irisan ubi belanda dan kukus selama 10 menit.
  • Setelah selesai pengukusan angkat dan masukkan kerumahtanggaan air tawar rasa lakukan menghentikan proses pemanasan kemudian tiriskan.
  • Letakkan pada tampah alias palagan yang luas, setiap tali berpangkal rajangan ubi belanda kemudian jemur pada terik matahari hingga kandungan air didalamnya habis dan kersang, pada proses ini pemanasan boleh juga dilakukan pada oven.
  • Setelah benar etis kering dijemur maka siapkan penggorengan dan didihkan minyak rendang, masukkan lawai demi benang kentang irisan pada wajan kemudian tunggu sebatas mengembang dan matang.
  • Keripik kentang mutakadim siap untuk disajikan.

Dua metode pembuatan diatas memang farik, rasa dan warna yang dihasilkan pula memiliki perbedaan. Pada cara pertama

rona keripik ubi belanda

cenderung asfar serta tekstur dari keripiknya sebagai halnya keripik pangkal pohon pada lazimnya. Puas metode nan kedua warna berpunca hasil keripik kentang bisa putih bersih erat menyerupai keripik tumbuhan akar dan bentuknya kian mengembang daripada prinsip pertama. Untuk rasa cak semau baiknya Dia mencoba seorang bikin membedakannya karena setiap selera cucu adam pasti farik cedera.

Begitulah sedikit keterangan tentang
cara pembuatan keripik ubi benggala
semoga berguna.