Puisi Lingkungan Sekolah: Mencintai Alam Dengan Puisi

Pengertian Puisi Lingkungan Sekolah

Puisi lingkungan sekolah adalah puisi yang menggambarkan keindahan alam di sekitar lingkungan sekolah. Puisi ini juga mengajak pembacanya untuk mencintai alam dan menjaga kelestariannya.

Manfaat Membaca dan Menulis Puisi Lingkungan Sekolah

Membaca dan menulis puisi lingkungan sekolah memiliki banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan kreativitas, membaca dan menulis puisi lingkungan sekolah juga dapat mengajak kita untuk lebih peka terhadap lingkungan di sekitar kita.

5 Tips Menulis Puisi Lingkungan Sekolah

1. Amati dengan seksama lingkungan sekitarmu. Perhatikan setiap detail yang ada, seperti warna daun, bunga, atau burung yang berkicau. 2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Puisi lingkungan sekolah sebaiknya ditulis dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh semua kalangan. 3. Gunakan kata-kata yang menyentuh perasaan. Puisi lingkungan sekolah sebaiknya mengandung kata-kata yang dapat menyentuh perasaan pembaca agar dapat membangkitkan rasa cinta terhadap alam. 4. Rangkai kata-kata dengan indah. Puisi lingkungan sekolah sebaiknya ditulis dengan susunan kata-kata yang indah dan enak didengar agar dapat meningkatkan keindahan dan daya tarik puisi. 5. Jangan takut bereksperimen. Cobalah menulis puisi dengan gaya dan tema yang berbeda-beda agar dapat menemukan gaya penulisan yang sesuai dengan dirimu.

8 Contoh Puisi Lingkungan Sekolah

1. Langit biru nan indah Di sana awan putih terbang Dalam hati kita merasa senang Karena alam kita terjaga dengan baik 2. Pohon-pohon di sekitar kita Menjadi pelindung dari teriknya matahari Dalam lebatnya daunnya Menghidupkan suasana lingkungan 3. Burung-burung berkicau riang Mengisi keheningan pagi yang sunyi Kita merasa senang dan bahagia Karena alam kita terjaga dengan baik 4. Bunga-bunga di sekitar kita Menghiasi keindahan lingkungan Dalam kelopaknya terdapat kesejukan Yang dapat menenangkan hati kita 5. Air sungai yang mengalir deras Menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup Kita harus menjaganya dengan baik Agar air sungai tetap bersih dan jernih 6. Tanah yang subur dan subur Menjadi tempat tumbuhnya berbagai macam tanaman Kita harus menjaganya dengan baik Agar tanah tetap subur dan produktif 7. Udara yang segar dan bersih Menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup Kita harus menjaganya dengan baik Agar udara tetap segar dan bersih 8. Cinta alam harus tumbuh dalam hati kita Agar dapat menjaga kelestarian lingkungan Kita harus saling bekerja sama Agar alam kita tetap terjaga dengan baik

10 Cara Menjaga Lingkungan Sekolah

1. Mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai 2. Memilah sampah organik dan anorganik 3. Menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah 4. Mengurangi penggunaan kertas yang tidak perlu 5. Menghemat penggunaan air 6. Menggunakan transportasi umum atau bersepeda 7. Mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya 8. Memasang lampu hemat energi di ruangan kelas 9. Mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan lingkungan 10. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

Ulasan

Membaca dan menulis puisi lingkungan sekolah dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengajak siswa untuk lebih mencintai alam dan menjaga kelestariannya. Dengan menumbuhkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan indah di sekitar lingkungan sekolah.