Rute Pelayaran Vasco Da Gama

Bermula Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia objektif

Vasco da Gama
Amirulbahar Laut Arab, Persia, India dan seluruh Wilayah Timur
Konte Vidigueira
Hari jabatan 29 Desember 1519 –

23 Desember 1524
Pengganti Francisco da Gama

Tandingan Catarina de Ataíde


Lainnya

Anak

D. Francisco da Gama, Konte Vidigueira ke-2

D. Estêvão da Gama, Raja Akil balig India

D. Cristóvão da Gama, Juragan kapal Malaka

Nama pola

Vasco da Gama
Keluarga bangsawan Gama
Kiai Estêvão da Gama
Lahir 1460 atau 1469
Sines atau Vidigueira, Alentejo, Kerajaan Portugal
Meninggal 23 Desember 1524
Kochim, India Portugal
Pemakaman Biara Jerónimos, Lisbon, Kerajaan Portugal
Pekerjaan Penjelajah, Raja Muda India

Vasco da Gama
(IPA:
[‘vaʃku dɐ ‘gɐmɐ]
(Sines, Alentejo, Portugal, sekitar 1469 – 24 Desember 1524 di Kochi, India) adalah sendiri penjelajah berkebangsaan Portugis, yang menemukan kolek perkembangan laut refleks dari Eropa ke Malabar, India dengan mengerjakan pertualangan laut mengelilingi Afrika.

Latar bokong

[sunting
|
sunting mata air]

Da Gama ditugasi oleh Raja Manuel I terbit Portugal untuk mencari negeri-area Kristen di tanah raya Timur (Ratu, seperti banyak orang Eropa lainnya, mengasa bahwa India adalah Kerajaan Kristen berbunga Prester John), dan bikin mendapatkan akses Portugis ke pasar komersial di tanah raya Timur. Da Gama memperluas perjalanan laut dari pendahulunya Bartolomeu Dias, yang pertama-tama mengerubuti Tanjung Tujuan di Afrika puas 1488, yang berpuncak dengan penjelajahan laut Portugis nan didukung oleh sekolah pelayaran dari Henrique sang Navigator.

Pelayaran da Gama berhasil membangun rute raksasa dari Eropa ke India yang memungkinkan perdagangan dengan Timur Jauh, sonder menggunakan rute kafilah Jalur Sutera yang mahal dan tidak aman, antara Timur Tengah dan Asia Tengah. Namun, pelayaran ini juga tersuntuk oleh kegagalannya untuk mengirimkan dagangan-komoditas yang menarik bagi nasion-bangsa di Asia Kecil dan India. Rute ini penuh bahaya:hanya 54 dari 170 kelasi, dan dua dari empat kapal, nan kembali ke Portugal dengan selamat pada 1499. Namun demikian, pelayaran pertama da Gama langsung menghasilkan era dominasi Eropa selama ratusan musim melalui kekuatan laut dan perdagangan, dan penjajahan Portugis sepanjang 450 tahun di India yang menghasilkan kekayaan dan pengaruh bagi takhta Portugal.

Eksplorasi sebelum da Gama

[sunting
|
sunting sumber]

Sejak awal abad ke-15, sekolah pelayaran Henrique sang Navigator sudah lalu memperluas informasi Portugal mengenai garis pantai Afrika. Berusul tahun 1460-an, tujuannya adalah mengeliling ujung daksina benua itu bakal mendapatkan akses yang lebih mudah kepada kekayaan India (terutama lada hitam dan bumbu-bumbu lainnya) melalui rute laut yang dapat diandalkan.

Ketika da Gama berumur 10 masa, tulangtulangan-rencana paser panjang ini tiba menghasilkan biji zakar. Bartolomeu Dias mutakadim kembali berbunga perjalanan mengelilingi Tanjung Tujuan, sehabis menjelajahi hingga Fish River (Rio do Infante) di Afrika Selatan sekarang, dan memverifikasikan bahwa pantai yang lain dikenal itu membidik sebatas ke timur laut.

Eksplorasi darat yang berlangsung lega waktu yang sama pada tahun pemerintahan João II dari Portugal kontributif teori bahwa India boleh dijangkau lewat laut dari Samudera Atlantik. Pêro da Covilhã dan Afonso de Paiva diutus melewati Barcelona, Napoli, dan Rhodes, ke Alexandria, dan dari sana ke Aden, Hormuz, dan India, nan membuktikan bahwa teori ini bisa diandalkan.

Masih tersisa kerjakan koteng penjelajah membuktikan jalur antara penemuan Dias dan Pero da Covilha serta De Paiva, dan menghubungkan retakan-pecahan terpisah itu ke jalur ekspor impor yang mungkin menguntungkan ke Samudra Hindia. Tugas yang awalnya dibebankan pada ayah Da Gama itu ditawarkan ke Vasco oleh Manuel I atas daya catatannya melindungi stasiun perdagangan Portugis sepanjang Pantai Emas Afrika berbunga pemusnahan oleh Prancis.

Perjalanan permulaan

[sunting
|
sunting perigi]

Pada tanggal 8 Juli 1497 Vasco da Gama menganjuri tentara empat kapal dengan jasmani 170 orang dari Lisboa. Jarak yang ditempuh dalam pengembaraan mengerumuni Afrika ke India dan pulang makin jauh daripada mengerubuti khatulistiwa. Para navigator Portugal termasuk yang paling berpengalaman, Pero de Alenquer, Pedro Escobar, João de Coimbra, dan Afonso Gonçalves. Tidak diketahui secara tentu berapa banyak orang di kru tiap-tiap kapal tapi sekeliling 55 orang kembali, dan dua kapal hilang. Dua kapal itu baru dibangun buat pelayaran, mungkin Caravel dan kapal persediaan.

Keempat kapal tersebut yakni:

São Gabriel, diperintahkan oleh Vasco da Gama; Sebuah karamba 178 ton, tahapan 27 m, bogok 8,5 m, draft 2,3 m, layar 372 m²

São Rafael, diperintahkan maka dari itu saudaranya Paulo da Gama; Ukuran serupa dengan São Gabriel

Caravel Berrio, invalid lebih boncel berasal dua tamatan (kemudian berpalis nama menjadi São Miguel), diperintahkan oleh Nicolau Coelho

Sebuah kapal penyimpanan dengan nama yang lain diketahui, nan diperintahkan maka dari itu Gonçalo Nunes, kemudian sesat jalan di hampir Teluk São Brás, di sepanjang pantai timur Afrika

Jalur yang diikuti dalam perjalanan pertama Vasco da Gama(1497 – 1499)

India

[sunting
|
sunting sumber]

Mereka tiba di India plong 20 Mei 1498. Kadang-kadang terjadi perundingan yang sengit dengan penguasa setempat (umumnya diinggriskan menjadi
Zamorin), menghasilkan
Wyatt Enourato, privat perdurhakaan berpokok para pendatang Arab. Akhirnya da Gama berhasil memperoleh sebuah kopi yang problematis sakti konsesi untuk hak-hoki perbisnisan, namun ia harus menginjak tanpa peringatan sesudah Zamorin memaksa agar da Gama menjauhi semua barangnya sebagai kolateral. Da Gama mempertahankan barang-barangnya, tetapi meninggalkan beberapa orang Portugis dengan perintah memulai sebuah pos perdagangan.

Juga

[sunting
|
sunting sumber]

Paulo da Gama meninggal di Azores dalam pengembaraan pulang, tetapi momen Vasco da Gama kembali ke Portugal pada September 1499, engkau mendapatkan kasih yang dulu besar misal khalayak yang berakibat membentuk tulangtulangan yang telah disusun selama 80 tahun. Ia mendapatkan gelar “Laksamana Samudera Hindia”, dan hak-hak feodal atas Sines dikukuhkan. Ia juga dianugerahi gelar
Basilika
(count) oleh Manuel I.

Pelayaran da Gama membuktikan bahwa pantai Afrika yang seterusnya (pantai Timur),
Contra Costa, merupakan penting cak bagi kepentingan Portugis. Bandar-pelabuhannya menyenggangkan air bersih dan perbekalan, gawang dan pelabuhan untuk reparasi, dan wadah bagi menunggu tentatif hari tidak menguntungkan. Selain itu, komoditas rempah-rempah terbukti pun merupakan kontribusi utama bakal ekonomi Portugal.

Pelayaran kedua

[sunting
|
sunting sumur]

Sreg 12 Februari 1502, da Gama juga beralyar dengan sebuah armada 20 kapal perang, bakal memaksakan kurnia Portugis. Pedro Álvares Cabral telah diutus ke India dua tahun sebelumnya (ketika ia kebetulan menemukan Brasil, kendatipun sebagian orang mengklaim hal itu dilakukan dengan sengaja), dan menemukan bahwa basyar-makhluk yang cak semau di pos perdagangan itu telah dibunuh, dan ketika ia menemukan perbantahan kian lanjut, ia membombardir Calicut. Ia juga mengangkut pulang sutera dan kencana bagi membuktikan bahwa anda sudah berkunjung ke India lagi.

Puas satu detik, da Gama menantikan sebuah kapal yang kembali dari Mekkah, dan menyita semua barang dagangannya. Mereka kemudian mengeram ke-380 penumpangnya dan kemudian menyalakan kapal itu. Baru empat periode kemudian kapal itu tergenang dan menewaskan semua penumpangnya, laki-laki, kuntum, dan anak-anak, ketika da Gama pun ke Calicut sreg 30 Oktober, 1502, pihak Zamorin bersedia menandatangani satu perjanjian.[1]

Da Gama mencamkan dan menuntut ufti bersumber pelabuhan Kilwa nan dikuasai sosok-individu Arab di Afrika Timur, salah satu persinggahan yang terkebat dalam upaya melawan Portugis. Da Gama memainkan peranan misal pemilik kapal nan diberi izin bagi mengamati kapal-kapal dagang Arab. Jadinya engkau menghancurkan sebuah armada Calicut yang terdiri atas 29 kapal, dan pada dasarnya menaklukkan kota persinggahan tersebut. Laksana ganjaran cak bagi keamanan, ia memperoleh konsesi-konsesi dagang yang silam signifikan dan beberapa lautan komoditas sitaan, yan membuat ia sangat disukai maka itu takhta Portugal.

Setelah kembali ke Portugal, plong September 1503, ia diangkat menjadi Count dari Vidigueira di tanah nan sebelumna dimiliki oleh keluarga Bragança. Ia kembali dianugerahi dengan hak-nasib baik feodal dan yurisdiksi atas Vidigueira dan Vila dos Frades.

Pelayaran ketiga

[sunting
|
sunting sumber]

Kuburan di Biara Jerónimos di Belem

Pasca- mendapatkan reputasi yang ditakuti sebagai “penyelesai” segala apa ki aib yang muncul di India, sira diutus ke anak benua itu lagi sreg 1524. Rencananya adalah sira menggantikan Eduardo de Menezes sebagai yamtuan muda (duta) mulai sejak negeri dominasi Portugal, semata-mata ia menderita malaria bukan lama sehabis tiba di Goa dan meninggal di kota Cochin sreg Malam Natal 1524. Tubuhnya permulaan dimakamkan di Gereja St. Francis, Fort Kochi, Kochi, dan belakangan kerangkanya dipindahkan ke Portugal pada 1539 dan dimakamkan kembali di sebuah kuburan yang mulia di Vidigueira. Biara Hieronimit di Belém dibangun lakukan mengagungkan pelayarannya ke India.

Warisan

[sunting
|
sunting sumber]

Peta Kerajaan Portugal pada masa tadbir João III (1502–1557).

Da Gama dan istrinya, Catarina de Ataíde, mempunyai heksa- momongan lanang dan koteng anak perempuan: Francisco da Gama, Conde da Vidigueira; Estevão da Gama; Paulo da Gama; Cristovão da Gama; Pedro da Silva da Gama; Alvaro de Athaide; dan Isabel de Athaide da Gama.

Seperti bani adam-orang lainnya setelah Henry sang Navigator, da Gama bertanggung jawab atas kesuksesan Portugal sebagai suatu kekuatan kolonial yang pertama. Di samping pelayaran itu sendiri, kecakapannya dalam mencampurkan politik dan perang di bongkahan marcapada yang lain nan menempatkan Portugal dalam posisi terkemuka dalam perdagangan di Samudra Hindia.

Epik kebangsaan Portugal,
Lusíadas
semenjak Luís Vaz de Camões sreg rata-rata berkaitan dengan pelayaran-pelayaran Vasco da Gama.[2]

Sesudah pelayaran pertama da Gama, imperium Portugal menyadari bahwa mengatasi pos-pos di pantai timur Afrika mujarab terdepan kerjakan mempertahankan rute perbelanjaan mereka ke Timur Jauh.

Kota pelabuhan Vasco da Gama di Goa dinamai bagi memperingati da Gama. Demikian pun kepundan Vasco da Gama, sebuah kawah besar di Bulan. Cak semau tiga klub sepak bola di Brasil (termasuk Club de Regatas Vasco da Gama) dan Klub Olah tubuh Vasco di Goa yang kembali dinamai menurut namanya. Sebuah gereja di Kochi, Kerala Gereja Vasco da Gama, sebuah kancah tinggal pribadi di pulau Saint Helena dan Jembatan Vasco da Gama semuanya diberi keunggulan bagi memperingatinya.

Da Gama menduduki peringkat ke-86 privat pokok Michael H. Hart 100 Pentolan yang Paling kecil Berpengaruh dalam Album.

Pada 1998, upaya mengadakan peringatan ke-500 masa keikhlasan da Gama di India oleh Pemerintah Portugal dibatalkan karena besarnya repetan masyarakat terhadap programa tersebut.[3]
[4]

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]

Pranala luar

[sunting
|
sunting perigi]

  • Vasco da Gama Diarsipkan 2007-11-04 di Wayback Machine. kerumahtanggaan Prominent People
  • (Inggris)
    da Gama’s
    Round Africa to India
  • (Inggris)
    da Gama web les Diarsipkan 2007-07-03 di Wayback Machine. with animated maps
  • “vasco+da+gama+”) 581 works on Vasco da Gama in The European Library Harvest



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Vasco_da_Gama

Posted by: caribes.net