Satuan Muatan Listrik Negatif Tts

Memasuki kelas bawah 12, Sobat Zenius sudah pasti akan mempelajari materi yang satu ini. Nyana-tebak elo udah responsif belum, nih, rumus medan listrik? Kalau belum, gue mau mengajak elo semua bagi telaah medan listrik secara rinci, mulai dari signifikasi, rumus, sampai cara mencari abadi gelanggang listrik.

Medan listrik itu volume listrik Kota Medan bukan, ya? Eh tidak deh
guys, ternyata medan listrik nan dimaksud ini ada sangkut pautnya proporsional tutorial Fisika.

Sebelumnya kita udah bahas adapun gaya Coulomb, masih pada inget nggak tuh? Kali ini kita akan selidik mengenai penyebab terjadinya gaya Coulomb, yaitu medan setrum.

Mula-mula-tama kita pelajari dulu ya medan listrik ini segala apa, hijau deh kita periksa rumus medan listrik sebabat hipotetis soalnya. Kalau gitu serempak aja, ayo kita periksa palagan elektrik bersama-sama!

Apa Itu Tempat Listrik?

Kita tau bahwa melewati gaya Coulomb, 2 bahara listrik akan mengerjakan tarik-menggelandang atau dorong-menolak mengelepai berbunga macam pikulan listriknya.

Akan tetapi, Sobat Zenius rusuh nggak, sih, cerek 2 tanggung listriknya nggak suka-suka kontak tapi kok dapat tarik-menarik atau tolak-menolak, ya? Seorang ilmuwan bernama Michael Faraday menemukan jawaban bagi pertanyaan sebelumnya.

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 113
Pematang: Wikimedia

Ternyata, sebuah muatan listrik akan menghasilkan bekas listrik, yang hasilnya menimbulkan gaya Coulomb tersebut. Medan listrik bisa disebut juga sebagai
potensi timbulnya sebuah gaya.

Btw, gue ada
fun fact
, Michael Faraday ini punya julukan seumpama “Bapak Listrik”. Kalau gue punya julukan sekeren itu, udah gue tulis gede-gede dah di CV!

rumus medan listrik
Kalangan: Video Materi Zenius

Medan listrik ini mempunyai nilai dan arah,
guys. Lakukan nilai besok gaung periksa di bagian rumus, temporer arahnya bergantung lega keberagaman muatan listrik. Sangka-sangkil bagi arah panduannya begini nih:

  • Jika pikulan setrum
    konkret, maka jihat medan listriknya
    ke luar

    muatan.
  • Jika muatan listrik
    negatif, maka arah tempat listriknya
    ke n domestik

    diri muatan.

Sama jangan lupa,
semakin jauh jarak
suatu titik dari muatannya, maka
semakin letoi
juga kuat
gelanggang listriknya.

Kuat tempat listrik lega sebuah titik memiliki satuan muatan listrik puas titik tersebut.

Gimana? Sudah lalu cukup paham belum mengenai signifikasi berpangkal medan listrik? Seandainya masih penasaran sama materi ini, elo dapat banget, cak kenapa, belajar lewat aplikasi Zenius!

Selain video penelaahan nan rinci dan jelas semenjak Zen Tutor, elo juga bisa mendapatkan berbagai materi Fisika lainnya beserta contoh tanya dan pembahasan tinggal tuntutan.

Dengan demikian, elo dapat mengasah dedengkot dengan baik melalui permintaan dari Zenius.

Tunggu apa lagi? Klik banner di dasar ini, yuk, untuk download aplikasinya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat antologi video materi dan ribuan transendental soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu kini juga!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery

Rumus Medan Listrik

Bikin menentukan nilainya, kita bisa pakai rumus kuat medan listrik yang satu ini,
guys.

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 114

Kabar:

E: kuat bekas elektrik (N/C)

k: konstanta Coulomb (9 x 109
Nm2C2)

Q: ki akbar bahara listrik (N)

r: jarak suatu titik ke bahara (M)

Selain itu, ada juga pendirian mencari langgeng medan listrik nan lain.

Jemah, untuk penggunaannya, Sobat Zenius bisa sesuaikan sama soal yang kalian dapet. Intinya mah pake nan minimum gampang buat elo aja! Untuk cara nan kedua ini kita memanfaatkan gaya Coulomb ya.

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 115

Warta:

E: lestari gelanggang listrik (Lengkung langit/C)

F: mode Coulomb (Lengkung langit)

q: muatan listrik (C)

Efek Medan Listrik pada Muatan Lain

Sebelum masuk ke eksemplar soal dan pembahasan persamaan wadah elektrik, gue pengen ngejelasin efek gelanggang listrik pada muatan lain.

Ini penting banget bagi temen-temen supaya nggak riuk konsep momen diminta menghitung kuat medan setrum. Sobat Zenius langsung aja lihat tulangtulangan berikut ini dulu:

Rumus Medan Listrik
Lingkaran: Video Materi Zenius

Kalau elo ngadepin pertanyaan semacam ini, elo nggak usah pikirin muatan destruktif nan ada di noktah B.

Ingat, titik api kita semata-mata mengejar medan di titik B dan pertanyaannya secara spesifik menyatakan berapa palagan di titik B
“karena tanggung +2Q”. Kita masukin rumus medan setrum dan jadinya seperti berikut ini deh.

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 116

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 117

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 118

Karena barang bawaan +2Q adalah tanggung positif, maka arah gelanggang listriknya
ke luar
dari bahara setrum tersebut, jadi kalau berpangkal gambar itu arahnya ke kanan deh.

Gue pengen Sobat Zenius paham dan caruk inget kalau bekas itu ditimbulkan oleh sebuah muatan aja di suatu titik.

Makara, kalau cak semau muatan lain di titiknya tapi nggak ditanya, ya cuekin aja guys! Jangan diambil gelisah terus tinggal masukin rumus gelanggang listriknya deh.

Contoh Soal dan Pembahasan

Perhatikan gambar berikut!

Rumus Medan Listrik

Jikalau Q1 = +4Q dan Q2 = -2Q, tentukan panggung elektrik di titik A karena bahara Q1 dan Q2! Tentukan juga palagan elektrik di tutul B karena muatan Q1!

Pembahasan:

Diketahui:

Q1 = +4Q

Q2 = -2Q

Jarak Q1 ke A = 2r

Jarak Q2 ke A = r

Jarak Q1 ke B = 3r

Ditanya:

  1. Gelanggang listrik di titik A karena muatan Q1 dan Q2
  2. Gelanggang elektrik di noktah B karena barang bawaan Q1

Jawab:

1. Karena Q1 yakni muatan nyata maka arah tempat listrik ke luar pikulan

Karena Q2 adalah bagasi negatif maka sebelah medan listrik ke kerumahtanggaan kewajiban

Sehingga dapat digambarkan arah medan elektrik sebagai berikut:

Rumus Medan Listrik

Karena arah tempat listrik sepikiran, maka boleh dijumlahkan seperti mana berikut:

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 119

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 120

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 121
ke arah kanan

2. Karena Q1 adalah muatan positif maka arah medan listrik ke luar muatan.

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 122

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 123

2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 124
ke arah kanan

Jadi palagan elektrik di noktah A karena beban Q1 dan Q2 yakni
2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 121
ke arah kanan dan tempat setrum di titik B karena muatan Q1 adalah
2 Rumus Medan Listrik dan Efeknya 124
ke sebelah kanan.

Gitu deh,
guys,
rumus bekas listrik
dan juga efeknya pada muatan bukan. Hendaknya bisa ngebantu pelajaran Fisika elo, ya! Kalau ada pertanyaan atau mau ngobrol bisa sekaligus catat di kolom komentar nih.

Kalau elo masih ingin mempelajari materi yang satu ini lebih tekun lagi, elo bisa banget membiasakan melalui video pembelajaran yang dibawakan oleh Zen Tutor.

Di sana, selain materi yang dijelaskan secara rinci, elo juga bisa mendapatkan lengkap soal beserta pembahasannya.

Buat dapetin video pembelajarannya, tinggal klik banner di bawah ini, ya!

rumus medan listrik

Selain itu, buat elo yang mau dapatkan beribu contoh soal dan pembahasan bermula materi Fisika atau netra kursus yang lainnya, elo bisa banget berlangganan bungkusan Aktiva Sekolah dari Zenius waktu ini kembali!

Klik banner di bawah ini kerjakan berlangganan!

rumus medan listrik

Baca Sekali lagi Artikel Lainnya:

Rumus Awet Arus Itu Apa Sih?

2 Rumus Beda Potensial Setrum dan Batasan Setrum Sosok

Rumus Energi Potensial n domestik Fisika

Originally published:
September 17, 2022


Updated by:
Maulana Adieb

Source: https://www.zenius.net/blog/rumus-medan-listrik