Sebutkan 3 Dampak Negatif Globalisasi

Barang apa Saja Dampak Berwujud & Negatif Globalisasi di Satah Ekonomi dan Sosial Budaya | Ilmu masyarakat Inferior 9

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya

Yuk, sama-sama kita belajar akan halnya globalisasi dan dampaknya di meres ekonomi dan sosial budaya.

Hayo, siapa yang udah pernah nyobain belanja
online,
nih? Kalo aku, sih, udah jadi rutinitas bulanan gitu. Tiap musim suka-suka aja sautan manis semenjak para biram kurir, “Misiiii, pakett!”

Mulai dari alat pencernaan kucing, kaos polos, setakat dagangan
skincare
Korea (sementara itu mukaku Arab, ya) datang bertingkah-tingkah. Eh, tapi kalian sadar gak, sih? Kemudahan belanja dan transaksi sekarang merupakan keseleo satu dampak dari terjadinya kesejagatan, loh! Barangkali ini, aku akan menggosipkan berbagai dampak aktual dan negatif globalisasi di bidang ekonomi dan sosial budaya ya, gais. Marilah, langsung simak bahasan berikut!


Globalisasi

Kalian pasti udah tahu dong, apa itu globalisasi?
Globalisasi adalah meluasnya kekuasaan aji-aji makrifat dan kultur di seluruh dunia, sehingga enggak jelas lagi takat yang mengeluarkan kabar dan budaya nan satu dengan nan lain. Intinya, karena globalisasi, waktu ini enggak ada sempadan kembali nan menutup kita bakal mendapatkan akal masuk terhadap suatu pengetahuan dan budaya dari negara lain.

Misalnya, dengan alat angkut sosial seperti

Instagram

dan

TikTok
, sekarang sira boleh dengan mudah mengetahui banyak hal sebagai halnya barang apa yang sedang tren di kalangan remaja, perkembangan vaksin Covid-19, dan berbagai informasi lainnya yang sebelum terjadinya globalisasi sulit diakses.

Pengertian Globalisasi

Hal ini tak dapat terjadi secara sekonyongkonyong ya, gais. Karena globalisasi merupakan proses yang terjadi akibat adanya kemajuan ilmu informasi dan teknologi serta dipengaruhi juga maka itu perdagangan jagat rat. Karena berkaitan erat dengan faktor ekonomi dan sosial budaya, tentunya kesejagatan pula punya dampak di bidang ekonomi dan sosial budaya ya, gais. Baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Yuk kita bahas satu per, ya!


Dampak Positif dan Destruktif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Permulaan, kita akan telaah di bidang ekonomi. Ekonomi merupakan penggalan yang paling berkaitan karib dengan globalisasi. Bukti paling jelasnya terlebih boleh kita rasakan sehari-musim, loh. Kesejagatan memungkinkan perkulakan sejagat, ialah masuknya barang-barang impor ke Indonesia ataupun keluarnya produk-barang berpangkal Indonesia nan diekspor ke negara tidak.

Misalnya, sekarang para penjual furnitur dan kerajinan tangan berbunga Indonesia dapat merambah pasar internasional dan menjangkau para pembeli dari asing Indonesia, loh! Tentunya, ini berbuah positif banget nih bakal para penjual kita. Eits, tapi ada pula nih dampak negatifnya. Misalnya, para pemilik membahu kas dapur tempatan masa ini harus bersaing dengan komoditas makanan luar yang hadir di Indonesia, seperti McDonald’s, KFC, dan Burger King. Tentunya ini bisa menjadi dampak negatif apabila para pemilik menggalas makanan lokal tidak dapat bersaing dengan perusahaan besar nan disebutkan sebelumnya.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Selain bersumber kasus di atas, beliau lagi merasakan dampak bukan akibat terjadinya globalisasi, loh. Begitu juga yang aku ceritakan di awal, kini sudah banyak
electronic commerce
(e-commerce) nan hadir di Indonesia. Tokopedia, Lazada, dan Shopee merupakan sekian dari banyaknya
e-commerce
yang terserah di sekitar kita. Menariknya, menjamurnya
e-commerce
ini bisa memberi dampak positif ataupun negatif loh, tergantung dari kita sebagai penggunanya.

Jikalau dengan adanya
e-commerce
yang melampiaskan barang apa kebutuhan belanja bahkan bikin kamu jadi konsumtif (aku gak gitu kok, betul-betul), bermakna dia lagi merasakan dampak negatifnya. Konseptual perilaku konsumtif yang aku maksud misalnya, engkau kalap belanja
online, padahal barang-barang yang engkau beli punya ponten manfaat nan kecil atau namun dia beli karena tren, tak kebutuhan. Sudahlah, tapi seandainya dengan adanya
e-commerce
justru membantu membahu batih kamu bikin menjangkau pembeli di seluruh Indonesia, berarti kamu lagi merasakan dampak positifnya.


Dampak Aktual dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Berikutnya, kita bahas dampaknya di rataan sosial budaya, nih. Jikalau dibandingkan dengan bidang ekonomi, dampak di latar sosial budaya bisa kurang terlihat, loh. Karena biasanya secara tak sadar ternyata memungkiri perilaku atau pola pikir kita. Pelecok satu dampak yang boleh terjadi akibat globalisasi adalah westernisasi.
Westernisasi adalah masuknya budaya ataupun gaya atma barat ke privat hayat sehari-hari kita nan menyebabkan tergantikannya budaya lokal. Sedangkan, gaya nasib barat tak semuanya dapat ditiru atau dapat diaplikasikan di Indonesia, loh.

Baca lagi:


Mengenal Bentuk-Bentuk Pertukaran Sosial

Kamu pasti sangkut-paut nonton serial TV di Netflix alias aplikasi
streaming
lainnya, teko? Kalau diperhatikan kadang kita disajikan dengan kelakuan pelopor yang sebenarnya yaitu budaya barat yang lain pas kita tiru. Misalnya, tokoh yang merupakan anak sekolah tetapi sudah mengonsumsi rokok dan dianggap biasa aja. Atau pentolan nan masih anak-anak, tapi berani membentak orangtuanya sendiri.

Apabila diperhatikan, tentunya ini lewat lain cocok dengan budaya kita, lain? Tapi sayangnya, tayangan sebagai halnya ini apabila semakin dinormalisasi dan sering disaksikan oleh anak-anak Indonesia akan mendesak nilai-angka ketimuran yang kita junjung tinggi.

Ohiya, walaupun namanya westernisasi, peristiwa-hal nan dapat menggeser nilai budaya kita saat ini tidak belaka bermula dari barat, loh. Boleh saja datang bermula budaya negara yang masih akrab dengan kita sendiri, misalnya dari Korea Kidul. Selama itu ialah budaya berasal asing yang menyebabkan ditinggalkannya budaya lokal, maka bisa disebut sebagai dampak dari pembaratan, ya.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Sahaja, ada pula suatu istilah nan adalah dampak substansial globalisasi di satah sosial budaya, yaitu

modernisasi.

Modernisasi yaitu transisi dan perkembangan sesuatu yang belum maju menjadi maju. Modernisasi ini gak cuma main-main puas teknologi loh, tapi pula berlaku pada komplet pikir umum yang dipengaruhi oleh kesuksesan aji-aji pengetahuan.

Misalnya, habis masyarakat masih banyak mengandalkan dukun bakal urusan kebugaran. Namun karena kini akses buat hobatan pengetahuan lebih mudah dijangkau, lebih banyak masyarakat yang start percaya dengan penyembuhan modern dalam marcapada kedokteran.

Nah, sekarang penting kamu udah tanggap kan, dampak apa sahaja yang bisa diakibatkan oleh terjadinya globalisasi? Penting untuk kamu ketahui bahwa segala sesuatu boleh bersifat riil maupun subversif, seperti mana dengan globalisasi. Semuanya akan tergantung bersumber kita sendiri yang akan memanfaatkan dan merasakan sendiri adanya globalisasi. Mau memanfaatkannya dengan bijak, atau terbawa arus yang negatif? Semua tergantung bersumber pilihan kita ya, gais!

Karena berkembangnya hobatan pengetahuan sangat berhubungan erat dengan globalisasi, kamu jangan gabungan bosan untuk selalu membiasakan, ya! Kalo kamu lagi jenuh kerumahtanggaan belajar, langsung cobain aja
ruangbelajar!
Karena di ruangbelajar kamu bisa sparing berbagai materi menggandeng yang tentunya dihadirkan dengan video kartun yang keren, loh! Kesudahannya kamu gak bakal bosen deh belajarnya, hehe. Sampai jumpa di bahasan berikutnya bareng aku, ya gais! Tetap umur belajarnya yah, hehe. Dadah~





New Call-to-action


Referensi:

Muslih, Ahmad, Iwan Setiawan, dan Retno Kuning Dewi Pusparatri (2015) Mantra Pengetahuan Sekolah SMP/MTs Inferior IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Profile

Kak Ali MT Soshum

Jebolan Pendidikan Geografi Perkumpulan Negeri Jakarta. Hobi bertegal, menggambar, dan membaca (yang fiksi aja tapi hehe). Suka ngajar dan ngelatih juga. Pelatih Paskibra favoritmu.

Source: https://www.ruangguru.com/blog/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-ekonomi-dan-sosial-budaya

Posted by: caribes.net