Sebutkan Beberapa Kegunaan Edukatif Sejarah

PDF
Print
E-mail

Keefektifan Sejarah

Peristiwa tahun lewat dapat dijadikan pedoman untuk generasi yang akan datang. Pedoman tersebut didapat dengan mempelajari berbagai peninggalan rekaman. Situasi ini berarti memori menjadi penghubung antara generasi saat ini dan nan jemah. Menurut Louis Gottschalk dan Nugroho Notosusanto, arti rekaman bisa dibagi menjadi empat yakni:

1. Edukatif

Seperti mana kata Cicero, rekaman ialah guru kehidupan (historia magistra vitae est). Selain sebagai sumber pengetahuan, sejarah dapat mengajarkan generasi mulai dewasa mana yang baik dan buruk, oponen dan protagonis, nilai kepahlawanan, dan sebagainya. Contohnya, kita dapat mengetahui bahwa Belanda menerapkan strategi bercanggah belah bangsa Indonesia melalui politik adu domba (divide et impera). Oleh karena itu, kita harus belajar berusul peristiwa-keadaan tersebut agar bangsa Indonesia tegar kompak beraduk sehingga idak mudah dipecah belah nasion asing.

2. Inspiratif

Guna inspiratif keseleo satunya akan menaikkan moral generasi muda lakukan terus modern. Pendidikan moral didapat terutama ketika mempelajari keberhasilan bangsa Indonesia pada periode Hindu-Buddha dan Islam. Kesuksesan kekaisaran-kerajaan ki akbar Indonesia, seperti Kerajaan Majapahit, Kerajaan Sriwijaya,dan Kerajaan Aceh. Keadaan ini dapat memberikan pemberitahuan kepada generasi muda bahwa sejak sangat bangsa Indonesia adalah bangsa nan bertamadun.

3. Rekreatif

Mempelajari sejarah lagi dapat memberikan kesenangan (rekreasi) intern diri. Membaca kisah-kisahan rekaman seakan mengajak kita bertualang melewati batas pangsa dan waktu. Begitu pula dengan mengunjungi berbagai lokasi bersejarah, seperti mana berkunjung ke candi-candi dan museum-museum. Kita boleh menyaksikan hasil karya luar biasa dari masa lampau. Kita dapat mengetahui kehebatan masyarakat pada saat itu bergotong royong membangun candi gencar tersebut.

4. Instruktif

Guna instruktif sejarah muncul intern proses penyampaian suatu ilmu pesiaran. Contohnya, kapan diterapkannya sistem ekonomi liberal atau politik gapura terbuka pada 1870, Plong detik itu, terjadi masalah sosial dan kependudukan, misalnya perlakuan terhadap buruh yang tidak manusiawi. Hal ini menyebabkan banyak pekerja kebun banyak melarikan diri, sakit, sampai meninggal.

Perigi: ESPS Sejarah SMA/MA Inferior X Jilid 1

Penulis: M.Adil

Source: https://www.erlangga.co.id/materi-belajar/sma/8805-manfaat-sejarah.html

Posted by: caribes.net