Sebutkan Contoh Budaya Hemat Listrik

Kompasiana yakni platform blog. Konten ini menjadi barang bawaan jawab bloger dan tidak mengaplus pandangan redaksi Kompas.

Magrib tadi saya bernasib baik kiriman wa yang menyarankan untuk mematikan setrum: lampu dan peralatan listrik  menginjak berpunca pukul 20.30 s.d. 21.30 pada hari Sabtu, 27 Maret 2022 dalam rangka kampanye Earth Hour tahun 2022.

Propaganda Earth Hour ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2007. Kampanye ini mengajak cucu adam, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh mayapada untuk mematikan lampu dan instrumen elektronik selama 1 jam.

Tujuan manuver ini ialah melindungi lingkungan, dan menginspirasi jutaan orang untuk peduli serta mencekit tindakan bagi planet kita dari gertakan pergantian iklim.

Perubahan iklim global tidak belaka disebabkan oleh eksploitasi setrum saja. Sejumlah penyebab perubahan iklim adalah pemanasan mendunia, penebangan hutan, polusi gegana dan pendayagunaan energi nan berlebihan, produksi alai-belai bara, penggunaan freon, dan sampah plastik.

Pertukaran iklim global ini bukan dapat dikerjakan oleh individu atau sekelompok orang. Penyelamatan dunia hanya dapat dilakukan maka itu semua anak adam yang suka-suka di dunia.

Kegiatan Earth Hour ini riuk satu tindakan nyata agar seluruh penduduk mayapada menyadari perlunya mengebumikan bumi berpokok pemanasan mendunia dan kerusakan lingkungan. Kegiatan ini dipercaya bisa mengurangi peningkatan persilihan iklim dunia.

Kegiatan ini sudah lalu diikuti oleh hampir seluruh negara di dunia. Namun sangat disayangkan sekiranya kegiatan mematikan listrik hanya dilakukan kapan peringatan Earth Hour tersebut.

Kegiatan menghemat listrik hendaknya menjadi suatu pembiasaan yang dilakukan sepanjang musim,selama rembulan dan sepanjang musim. Pembiasaan ini harus bersifat terus menerus. Hanya satu jam saja dapat mengurangi perlintasan iklim global dan pemanasan global, maka kegiatan nan dilakukan terus menerus akan berdampak makin raksasa dan lebih dahsyat sekali lagi.

Sosialisasi gerakan hemat setrum terbiasa dilakukan terus menerus ke seluruh lapisan masyarakat. Beraneka ragam kegiatan bisa dilakukan dalam rangka sosialisasi ini. Banyak media (cetak dan elektronik) yang dapat menyampaikan imbauan secara massif tentang Persuasi hemat listrik. Dengan demikian kegiatan mematikan lampu busur bukan belaka dilakukan saat peringatan Earth Hour saja melainkan suatu kebiasaan nan dilakukan setiap hari dan di flat masing-masing.

Upaya pengiritan listrik dapat dilakukan di rumah kita masing-masing, antara lain :

  • Hemat penggunaan listrik
  • Gunakan lampu secukupnya Siasati dengan memperalat LED (Light Emitting Diode). Lampu busur ini merupakan lampu nan ekonomis energi karena memiliki energi yang rendah.
  • Puas siang masa, gunakan penerangan alami dari sinar matahari. Dan pada lilin batik hari matikan lampu nan tidak digunakan untuk beraktivitas.
  • Perhatikan pendayagunaan AC dan kulkas. Pilih AC dan kulkas nan menggunakan litrik tidak bersisa besar. AC dan kulkas adalah salah satu peralatan elektronik yang membutuhkan energi listrik nan besar dibandingkan dengan peralatan listrik lainnya. Supaya penggunaan AC tidak terlalu lama, manfaatkan ventilasi yang cak semau di flat kita. Berikan ventilasi nan cukup agar dapat menyerahkan udara sejuk di kerumahtanggaan flat dan tanamlah pepohonan yang dapat memberikan kesejukan alami. Hindari juga membuka portal kulkas terlalu lama. Isi kulkas seyogiannya bukan terlalu penuh karena isi lemari es nan banyak membutuhkan energi listrik yang besar untuk proses pendinginan.
  • Cabut kawat berpokok saklar bagi peralatan-peralatan yang menggunakan energi listrik, seperti televisi, radio, computer, dispenser. Ini karena elektrik tetap mengalir sreg benang kuningan ke peralatan elektronik. Kondisi tersebut tentu akan membuat listrik menjadi tersisih dan kita harus membayar beberapa persen tagihan listrik yang terusir tersebut. Sebaiknya, renggut kabel peralatan elektronik terbit saklar bila tidak digunakan. Penggunaan setrikaan hendaknya tidak terlalu lama.

Ambillah dahulu mudah melakukan kegiatan penghematan elektrik. Pengiritan setrum ini bisa dimulai dari diri sendiri dan di lingkungan rumah kita seorang. Bila semua penduduk memiliki kebiasaan bagi menghemat listrik maka peruabahan iklim dan pemanasan mondial akan berkurang. Marilah jadikan kegiatan menghemat listrik suatu kebiasaan di mana pun dan kapan lagi. Membumikan Gerakan Penghematan listrik  berawal pecah diri koteng.






Lihat Konten Lyfe Selengkapnya

Lihat Lyfe Selengkapnya



Pasrah Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar selengkapnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur n domestik UU ITE


Belum ada komentar. Jadilah yang purwa lakukan memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (2)



Video Saringan

Source: https://www.kompasiana.com/ninasulistiati0378/605f4f138ede486d8b4650b2/membumikan-budaya-hemat-listrik

Posted by: caribes.net