Sejarah Mengajarkan Kepada Kita Cara Berpikir Kronologis Artinya

KOMPAS.com
– Berpikir berturutan merupakan modal awal untuk membuat sebuah penjelasan sejarah.

Penyusunan peristiwa ki kenangan harus dilakukan secara berantai, artinya hal-peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan elus tahun kejadiannya.

Dalam
Kamus Samudra Bahasa Indonesia, kronologi didefinisikan sebagai cumbu waktu dari berbagai situasi atau peristiwa.

Dalam jangkauan album, kronologi perumpamaan penentuan hari suatu kejadian pada musim tinggal. Secara etimologis, perkembangan mulai sejak pecah bahasa Yunani, chronos yang artinya periode dan logos berarti ilmu.

Cara berpikir kronologi boleh mempermudah seseorang internal mengamalkan rekonstruksi terhadap semua keadaan masa lepas dengan tepat.

Dilansir dari
Encyclopaedia Britannica, perkembangan sejarah digunakan ibarat sistem kalender.

Kronologi dibutuhkan hendaknya sejarah mudah dipahami dan dipelajari. Hal ini karena peristiwa demi peristiwa sudah diurutkan, dan menjadi koalisi nan utuh.

Baca juga: Konsep Nanang Diakronis dan Contohnya

Ciri-ciri berpikir bersambungan

Dikutip dari situs
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ciri-ciri berpikir kronologi, merupakan:

  • Menekankan durasi kejadian

Pendekatan berpikir beruntun mempelajari sejarah atau kejadian di masa lampau adalah proses tahun yang harus diperhatikan.

  • Mempunyai cakupan yang luas

Cakupan berpikir kronologis dahulu luas, dibandingkan pendekatan nanang sinkronis yang memiliki cakupan sempit.

  • Punya sifat vertikal

Mengacu lega urutan kejadian yang berlantas. Berpikir berturutan, di mana setiap kejadian sejarah akan diurutkan dari awal hingga akhir.

  • Mengklarifikasi satu kejadian

Setiap kejadian plong masa lepas dengan pendekatan nanang kronologis dapat menyerahkan hasil atau informasi nan ideal karena cakupan yang dilakukan luas.

Baca kembali: Konsep Berpikir Sinkronik dan Contohnya

  • Adanya rasio

Berpikir secara kronologis memberikan hasil nan didapat nyata nisbah. Misalnya sebab akibat atau kejayaan dan kehancuran pecah sebuah peristiwa yang terjadi di zaman dulu.

  • Mengusut kontinuitas hal

Nanang kronologis mendapatkan laporan memori yang boleh memeriksa alias menjelaskan kelanjutan antara suatu situasi dengan kejadian masa lalu. Hal ini karena analisis akan ada penekanan waktu situasi antara satu sama lain yang masih berkaitan.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari berasal Kompas.com. Marilah bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install aplikasi Benang besi apalagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/26/180000969/konsep-berpikir-kronologis-dan-ciri-cirinya-?page=all