Sikap Kita Ketika Orang Tua Menyimpang Dari Ajaran Agama Adalah

Sikap Seorang Anak Internal Menasihati Orang tua

Soal:

Bagaimana tulangtulangan
ta’awun
(saling menolong) dalam kelebihan dan takwa di dalam rumah apabila bapak dan saudara tidak melaksanakan shalat berjamaah di sajadah?


Jawaban:

Hal itu (ta’awun
dalam kebaikan dan takwa,
red.) tersurat prinsip nasihat nan paling kecil utama dan kerja sama yang paling ditekankan. Apabila mengintai
orang tua lontok
dan uri atau selain mereka dari penghuni rumah melakukan suatu kemungkaran maka wajib saling menasihati mereka, ganti kontributif dalam menghindari hal tersbeut, dan silih berwasiat dalam kebaikan menurut kemampuan per –tentunya dengna prinsip yang baik dan hari yang tepat—sehingga engkau dapat meredakan kemungkaran tersebut.

Firman Allah
Ta’ala,

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu…” (QS. At-Taghobun: 16)

Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,

Apabila aku perintahkan kepada kalian suatu perkara maka laksanakanlah menurut kesanggupanmu.”

Orang tua punya hak, saudara —kakak maupun adik— tiap-tiap mereka n kepunyaan hak, mereka semua harus dinasihati dengan
uslub
(metode) yang baik, litak lembut menurut kemampuan, sehingga tercapailah segala apa yang dikehendaki dan bisa menghilangkan perkara yang dilarang.

Demikian pula ditujukan kepada para pakar dakwah, hendaklah ia berburu tahun-tahun yang tepat dalam menyampaikan nasihatnya, serta hendaklah menunggangi gaya bahasa nan baik. Apalagi terhadap kedua orang tua sebab mereka bukan seperti kerabat-kerabat yang lainnya. Mereka punya hoki yang silam agung.

Berbuat baik kepada mereka merupakan perkara wajib, menurut kemampuan. Allah berfirman (nan artinya),

وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ {14} وَإِن جَاهَدَاكَ عَلَى أَن تُشْرِكَ بِي مَالَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَىَّ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ {15}

Dan Kami perintahkan kepada khalayak (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya intern keadaan lemah yang lebih-tambah, dan menyapihnya intern dua perian. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua makhluk ibu bapakmu, namun kepada-Ku-lah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu bagi memperseukutan dengan Aku sesuatu yang enggak suka-suka pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah beliau mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di mayapada dengan baik..” (QS. Luqman: 14-15)

Ayat ini menjelaskan sikap seorang anak sekiranya kedua orang tuanya kafir, maka bagaimana halnya jikalau kedua sosok tuanya orang islam? Apabila kedua ibu bapak ateis maka sikap sendiri anak adalah mempergauli mereka dengan baik serta berbuat baik kepada mereka, barangkali dengan sebab itu mereka boleh mendapatkan petunjuk. Oleh karena itu, insan wreda yang mukminat lebih berhak mendapatkan perlakuan semacam itu.

Maka apbila seorang ayah berpangku berbuat shalat di sajadah, atau ia menerjang suatu kemungkaran nan enggak —semisal merokok, mencukur jenggot, isbal, ataupun polah-perbuatan maksiat lainnya— maka seorang anak terlazim membujuk dengan pendirian yang baik. Demikian pula halnya bersikap terhadap ibu, saudaranya, dan nan lainnya, sehingga bisa terpenuhi segala apa yang diinginkan. (Majmu Fatawa wa Maqolat Mutawwi’ah, 6:350-351)

Sumber: Majalah Al-Mawaddah, Edisi 8 Tahun ke-1 Robi’ul Awwal 1429/Maret 2008
Penyunting Bahasa: Tim Temu ramah Syariah

Artikel www.KonsultassiSyariah.com

Materi tersapu anak dan ayah bunda:

1. Merayakan Hari Raya Nonmuslim, karena Ayah bunda Ateis.
2. Sekelas Dies natalis Ayah bunda Menjorokkan Lamaran.
3. Peristiwa Bukan yang Dilakukan Ayah bunda Selain Aqiqah.
4. Menghadapi Orang tua Pemarah.
5. Nasab Anak yang Farik Akidah dengan Ayah bunda.
6. Relasi Tanpa Restu Orang Tua renta.

🔍 Turun Salju Di Mekkah, Umur Manjapada Menurut Selam, Bolehkah Sperma Diminum, Mahdhah, Ayat Alquran Tentang Mubazir, Cara Mendoakan Orang tua

Flashdisk Video Cara Shalat dan Bacaan Shalat

KLIK Bentuk Cak bagi MEMBELI FLASHDISK VIDEO Kaidah SHOLAT, Ataupun HUBUNGI: +62813 26 3333 28

Source: https://konsultasisyariah.com/9553-menasihati-orang-tua.html