Siklus Daur Hidup Cacing Perut

Cak acap dengar istilah cacingan? Problem ini sebenarnya merupakan infeksi cacing kremi atau nan privat istilah biologis bernama Enterobius Vermicularis. Karena telur cacing kremi sangat kecil dan berpindah dari satu orang ke orang tidak, maka penyakit tersebut bisa menyerak dengan mudah. Telur tersebut lazimnya berdiam di area anus dan berpangkal haud, siklus hidup cacing kremi pun dimulai.

Cacing ini berwarna putih, tipis, dan n kepunyaan panjang seputar 6-13 mm. Manusia nan meradang cacing kremi biasanya tidak merasakan gejala apapun. Sekadar cak semau sejumlah makhluk yang merasakan giang di provinsi anus dan tidur kembali jadi bukan nyenyak.

Galibnya, infeksi tersebut terjadi plong anak-anak sukma sekolah dan mudah menyebar dari satu anak ke anak lainnya. Sekadar infeksi ini cukup mudah diatasi.

Siklus hidup cacing kremi dan caranya menginfeksi manusia

Infeksi cacing kremi dimulai saat seseorang tidak sengaja menggelandang maupun menelan telur cacing tersebut. Rata-rata, telur ini bisa menyebar apabila ada orang nan sebelumnya mutakadim meradang, bukan basuh tangan sehabis buang air dan langsung menjejak benda-benda di sekitarnya.

Ini menciptakan menjadikan telur cacing telur cacing berpindah berbunga tubuh insan yang terkontaminasi ke benda-benda nan ia sentuh. Di atas rataan barang, telur cacing kremi bisa berkuat hingga 3 minggu apabila produk tersebut tidak dibersihkan.

Jadi, saat ada sosok lain yang menjejak benda tersebut dan langsung memasukkan tangannya ke mulut saat makan tanpa cuci tangan, ia akan dengan mudah meradang. Di dalam tubuh, siklus hidup cacing kremi akan dimulai.

Berikut ini, rangkuman perjalanan atau siklus kehidupan cacing kremi secara cermin.

  1. Cacing kremi yang terserah di tubuh, bergerak mendekati anus lakukan bertelur.
  2. Bersumber anus, telur cacing akan masuk kembali ke mulut apabila orang tersebut tidak mencuci tangan sehabis mengaras wilayah anus dan langsung makan.
  3. Setelah masuk ke mulut, telur akan bergerak cenderung ke perut muda halus dan menetas di sana menjadi ulat.
  4. Larva cacing kremi akan terus berkembang di usus halus dan saat sudah dewasa akan berputar menuju ke bagian cecum di tali perut samudra dan bertempat di sana.
  5. Cacing kremi betina nan sudah dewasa dan bisa bertelur akan berputar ke area anus detik lilin lebah waktu dan mengeramkan telurnya.
  6. N domestik waktu 4-6 jam setelah dikeluarkan berusul tubuh cacing kremi dewasa, telur cacing sudah dapat menginfeksi dan siklus hidupnya pun akan pula berulang apabila orang tersebut tidak kunjung menjaga kebersihan dirinya.

Waktu yang dibutuhkan cacing kremi buat berkembang dari telur menjadi cacing dewasa adalah satu wulan. Tentatif itu, perian umur cacing kremi dewasa di dalam awak yaitu dua bulan.




Gambar siklus hidup cacing kremi (sumber: CDC)

Tulang beragangan siklus hidup cacing kremi (sumur: CDC)

Apa nan akan terjadi saat terinfeksi cacing kremi?

Saat cacing kremi menginfeksi bodi seseorang, umumnya enggak ada gejala nan ketimbul. Hanya, pada bilang orang, infeksi cacing kremi bisa menimbulkan beberapa kondisi berikut ini:

  • Galak di sekitar anus, terutama saat malam hari
  • Musykil tidur
  • Iritiasi di kulit sekitar anus
  • Renyem di vagina

Infeksi ini umumnya bukanlah infeksi berbahaya. Supaya sedemikian itu, sreg sejumlah kasus, infeksi ini bisa berkembang menjadi kondisi yang memadai mendalam. Plong wanita, cacing kremi nan terdapat di anus dapat bergerak berorientasi vagina sebatas masuk ke kas dapur, tuba falopi, dan organ-organ reproduksi lainnya.

Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan pada vagina atau vaginitis alias pada dinding rahim adegan kerumahtanggaan atau endometritis. Pada infeksi cacing kremi yang sudah parah, bisa pun terjadi komplikasi lain seperti mana infeksi parit air kencing dan penurunan jarang badan.

Perawatan infeksi cacing kremi

Perawatan untuk menyabarkan cacing kremi termasuk cukup terlambat. Terserah dua jenis perawatan utama, merupakan pemberian pemohon cacing dan membersihkan apartemen serta lingkungan sekitar sebaiknya infeksi cacing kremi tak merambat ke lebih banyak orang.

• Pemberian obat cacing

Obat yang paling umum digunakan bakal mengobati infeksi cacing kremi adalah albendazole. Remedi ini doang terlazim diminum dua kali dengan dosis tertentu sesuai kondisi pasien.

Pertama, diminum semacam itu memaklumi adanya infeksi dan yang kedua diminum dua minggu setelahnya kerjakan memastikan tidak cak semau infeksi berulang. Terapi medikasi ini pun boleh dilakukan dengan pelelang mebendazole.

Karena infeksi cacing kremi seringkali terjadi bersamaan plong sosok-orang yang berada dalam suatu rumah, maka biasanya dokter akan mengajurkan pengobatan dilakukan secara bersamaan.

• Membersihkan apartemen dari cacing kremi

Selain meneguk obat, Kamu pula terbiasa membeningkan barang-barang di rumah yang diduga sudah terpapar telur cacing, agar infeksi tidak meluas. Beberapa langkah kebersihan nan perlu dilakukan antara lain dengan:

  • Memastikan orang yang terinfeksi serta anggota keluarga nan berpunya di suatu apartemen rutin mencuci tangan dengan sabun colek dan air hangat, terutama sebelum bersantap.
  • Mengganti pakaian setiap hari
  • Menggunting kakas dengan rutin dan menghentikan adat mengigit kuku
  • Mengingatkan basyar yang terinfeksi cak bagi tak menggaruk kewedanan anus
  • Mencuci semua gaun, seprei, selimut, di flat yang terinfeksi dengan air hangat dan mengeringkannya dengan temperatur tinggi
  • Tidak mengirap pakaian dari orang nan terinfeksi untuk menghindari telur cacing hambur di udara dan terhirup orang lain
  • Bikin sementara sebaiknya bukan mengikhlaskan momongan mandi bersama orang lain
  • Membersihkan semua latar benda yang disentuh turunan yang meradang
  • Sekiranya ada permadani, pastikan bersihkan dengan penyedot debu.

Siklus hidup cacing kremi mudah diputus apabila Anda sesaudara mempraktikkan perilaku hidup bersih dan afiat (PHBS). Jadi, biasakan lakukan selalu melakukannya kendati infeksi cacing kremi belum terjadi ataupun malah mutakadim sembuh dari infeksi.

Source: https://www.sehatq.com/artikel/ini-siklus-hidup-cacing-kremi-dan-penyakit-yang-bisa-ditimbulkannya

Posted by: caribes.net