Contents

  • 1

    4 Kasta N domestik Agama Hindu dan Proses Lahirnya Agama Hindu Secara Singkat

    • 1.1

      Kasta Brahmana
    • 1.2

      Kasta Ksatria
    • 1.3

      Kasta Waisya
    • 1.4

      Kasta Sudra
    • 1.5

      Share this:

4 Kasta Intern Agama Hindu dan Proses Lahirnya Agama Hindu Secara Singkat

Kasta Agama Hindu –Pada selingkung masa 1500 Sebelum Masehi, bangsa Arya bertelur menaklukkan penghuni jati, yakni bangsa Dravida di India. Kemudian lahir agama Hindu yang adalah relasi antara kepercayaan bangsa Arya dan ajudan bangsa Dravida.

Kasta Dalam Agama Hindu

Agama Hindu mempunyai banyak betara, doang tiga dewa yang senantiasa dipuja, yang bertambah dikenal dengan nama Tn Murti, yakni Batara Brahmana ataupun Betara Penggarap, Dewa Wisnu atau Batara Pelindung, dan Dewa Syiwa atau Batara Peruntuh.

Menurut agama Hindu, anak adam nan usia periode ini ini yakni reinkarnasi dan sukma sebelumnya. Manusia jiwa di marcapada yakni samsara alias sengsara. Seseorang akan dilahirkan sekali pula sehingga harus mengalami sengsara, apabila kehidupannya yang dahulu adv minim konseptual atau banyak berbuat dosa.

Agama Hindu mengajarkan bahwa tujuan insan merupakan berintegrasi lagi kepada mata air dan segala suniber nan ada, merupakan Brahman Karena nyawa merupakan penderitaan, maka pamrih nan hendak dicapai yakni bagaimana sepatutnya seseorang terhindar dan dilahirkan juga kendati enggak mengalami siksaan.

Bakal itu, intensi yang hendak diraih adalah Moksha, yakni terbebas dan dilahirkan pun.

Suka-suka catur kasta internal agama Hindu, nan melepaskan antara golongan suatu dengan lainnya. Pembentukan kasta memiliki tujuan utama cak bagi menjaga keotentikan ras bangsa Arya nan dianggap ras paling baik, dibandingkan ras bangsa Dravida nan dianggap kian rendah. Catur Kasta tersebut dijelaskan seumpama berikut.



Kasta Brahmana



Yaitu kasta terala, bertugas menjalankan ritual-upacara keagamaan. Tentang yang termasuk kerumahtanggaan kasta ini yakni para Brahmana.



Kasta Ksatria



Yang bertugas menjalaiikan pemerintahan. Akan halnya nan tertera dalam kasta ini yaitu para aji, bangsawan, dan tamtama.



Kasta Waisya



Merupakan kasta dan golongan proletariat, begitu juga para penanam dan pedagang.



Kasta Sudra



Merupakan kasta yang paling kecil invalid, sebagai halnya para budak.

Baca Pun :

  • Peran Pemberitahuan Politik 1925 : Badan legislatif Perjaka 1928 dan Kongres Perawan Mula-mula
  • Sirkulasi Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya Teoretis