Sitologi Adalah Ilmu Yang Mempelajari Tentang


Sitologi yakni ilmu kabar nan mempelajari sel nan berasal semenjak bodi anak adam baik yang terlepas sendiri (exfoliated) dari permukaan epitel maupun yang diambil terbit berjenis-jenis ajang dengan cara tertentu. Berlaku kerjakan menentukan perubahan struktur pengasingan dikenal dengan istilah sitologi diagnostik. Bahan-bahan nan dapat diperiksa Sitologi : Urine, dahak, cairan lambung, cair pleura, ascites, cair kunci, enceran cerebrospinal, mukosa kemaluan wanita, aspirasi jaringan tumor.

 Didalam pelayanan pemeriksaan laboratorium Patologi Anatomi, pengawasan sitologi dibagi intern 2 fragmen yakni (1) pemeriksaan sitologi exfoliatif misalnya PAP Smear adalah pengawasan sitologi dari apusan cervix uteri ,(2) Sitologi aspiratif atau FNAB (Fine needle aspirasi biopsi) adalah tindakan medik bagi mencoket lokap dari satu kelainan perkakas dengan needle ukuran 22-25 Gauge. Pemeriksaan ini bermaksud cak bagi menentukan adanya tumor alias keradangan.

FNAB /BAJAH (Sitologi Aspiratif) telah dilakukan sejak dibukanya pelayanan laboratorium Patologi Anatomi di RSUDTN, Boalemo yaitu April 2022. Sebagian segara pemeriksaan ini dilakukan sebelum operasi dan pemeriksaan ini lebih sederhana,kian cepat dan bukan sesak intervesif padahal untuk penapisan sitologi exfoliatif misalnya PAP Smear plonco dapat dilaksanakan berangkat September 2022, pemeriksaan PAP Smear adalah riuk satu pemeriksaan preventif yang bermain untuk deteksi dini kanker Nafkah selain itu pula dapat menjadi follow up pasca pengobatan. Pap smear berbeda dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Optis Senderut Asetat). Puas Pap smear adalah pengawasan nan berfungsi mendeteksi peralihan kamp-sel leher Rahim (ecto dan endocervix alias bagian luar dan intern cervix) sedangkan pada IVA ialah pemeriksaan gala Lambung dengan prinsip melihat langsung dengan netra telanjang permukaan  leher Rahim (cervix) setelah mencelak dengan larutan asam acetat 3-5%.

Deteksi dini adalah upaya untuk medeteksi dan mengidentifikasi secara dini adanya puru ajal sehingga diharapkan dapat diterapi dan punya peluang bertambah segara untuk sembuh (80-90%). Beralaskan data SIRS (System informasi Rumah sakit Indonesia) 2010 bahwa tumor ganas payudara dan kanker leher Lambung yakni tipe kanker tertinggi. Sreg pasien rawat inap alias rawat jalan diseluruh Rumah Sakit di Indonesia dengan rasio sebesar 28,7% lakukan kanker susu dan puru ajal leher Rahim 12,8%.

Demikian nan dapat kami sampaikan terimakasih, semoga berharga buat kita semua.

(Dr. Fetty Fatimah,Sp.PA)

<< First | < Prev |
1
| Next > | Last >>


Source: http://rstn.boalemokab.go.id/berita-136-pemeriksaan-sitologi.html#:~:text=Sitologi%20merupakan%20ilmu%20pengetahuan%20yang,dikenal%20dengan%20istilah%20sitologi%20diagnostik.