Sopan Santun Kepada Orang Tua

Infociwidey.com –Etis santun adalah hal mendasar bagaimana kita berhadapan dengan semua orang, bahkan bisa menjadi tolak ukur fiil seseorang. Meneladan dari asam garam saya sendiri yang kelihatannya masih “kurang” mencerna kerumahtanggaan sopan santun suka-suka baiknya kita sparing lagi makin meningkatkan etika kita.

Etika dasar dalam berkomunikasi dengan orangtua harus diketahui dan dilakukan sejak dini. Sehingga diharapkan etika ini akan menjadi air mandi dan dibawa dalam pergaulan setakat dewasa nantinya.

Sikap dan perilaku yang benar atau beretika terhadap orangtua yang berbuah saya kumpulkan diantarannya.

  1.  Jangan pernah membangkang, bila cak semau pendapat yang berbeda harus disampaikan dengan lumat dan benar.
  2. Bagaimanapun perasaan anak saat itu jangan ikatan berteriak, membentak, bersuara dan bernada berkanjang privat berujar dengan orangtua.
  3. Mohon diri dan salaman sebelum bepergian atau setelah bepergian.
  4. Jangan sekalipun memotong saat ayah bunda sedang merenjeng lidah.
  5. Bila mematamatai orangtua sedang kesulitan seperti menggotong beban berat, medium berbuat pekerjaan musykil lainnya minus diminta kita harus segera membantu.
  6. Bergaya hormat apapun keadaan emosi apapun
  7. Jangan pertalian membantah, bila terserah pendapat yang berlainan harus disampaikan dengan kecil-kecil dan bersusila, bukan dengan gigih kepala.
  8. Bagaimanapun perasaan anak saat itu jangan koneksi berteriak, membentak, bersuara dan bernada keras dalam bertutur dengan orangtua
  9. Permisi dan salaman sebelum berjalan atau sehabis bepergian. Pamit dan menunjang tangan hamba allah tua sebelum berangkat ke sekolah adalah situasi yang sudah wajar dilakukan. Kita menerapkan hal ini juga berpijak dari apa yang orang tua kita ajarkan sewaktu kita masih kecil dulu. Beliau sudah karuan dapat merasakan dampak positif berusul resan ini.
  10. Jangan pernah sekalipun memarahi orangtua, kalau ada yang dirasakan tidak benar pada orangtua harus disampaikan secara bermartabat.

  11. Jangan pernah mengajari, menasehati atau mengkuliahi orangtua. Bila ingin memberi masukan atau pendapat harus dengan bermoral atau bila orangtua minta pendapat kita.
  12. Jangan sekalipun menyela pembicaraan orangtua
  13. Tatakrama lain adalah sikap sehari-hari harus menomor satukan atau membangatkan orangtua untuk melakukan aktifitas sebagai halnya mendapatkan tempat duduk, memulai makan, memulai perjamuan minum.
  14. Jangan sekalipun menyentuh pemimpin orangtua bila menengah bersemuka atau berkomunikasi, kecuali untuk tindakan tertentu sebagaimana memotong surai.
  15. Bila berhadapan dan berbicara dengan orangtua harus dalam sikap sopan, jangan bercekak pinggang, jangan dengan suku di atas kursi, jangan nanap, jangan dengan suara gentur dan membentak.
  16. Bila mengaram orangtua sedang kesulitan sebagai halnya mengangkat bagasi terik, madya mengerjakan pekerjaan berat lainnya tanpa diminta kita harus segera membantu.

Jika itu semua telah bisa kita biasakan insyaallah mau dimana pun kita, bersama siapapun kita, kita akan senantiasa bernas dalam kejadian saling meluhurkan antara sesama manusia. Mulailah untuk membiasakan diri dengan etika yang bertambah baik.

Salam sukses selalu.

Source: https://www.infociwidey.com/2014/04/mari-belajar-etika-sopan-santun-kepada.html

Posted by: caribes.net