Sumber Daya Alam Di Kamboja

Kamboja dan Sumber Daya Alam yang Tersimpan

15 Apr 2022 04:00
1364 Hits



Approved by Plimbi


Kamboja Dan Sumber Ki akal Kalimantang Yang Tersimpan

ASEAN ialah organisasi yang di dalamnya beranggotakan negara-negara yang terletak di bagian Asia Tenggara seperti salah satunya ialah Kamboja. Negara ini memiliki batasan secara langsung dengan negara Vietnam, Thailand dan Gadamala yang ternyata di dalamnya menyimpan sumber siasat alam yang tinggal berharta. Kamboja dikelilingi oleh dataran tinggi dan bergelombang berupa lembah-lurah nan sangat berpunya di episode timurnya, dataran rendah nan berakhir dengan jejeran lalu rapai area perbukitan terpencil sebagaimana kompleks bukit Phnoms dan sungai Mekong terletak di bagian perdua dan lembang tinggi di babak paksina dan timur laut, juga pegunungan di sebelah barat sosi. Negara ini momen ini mutakadim mampu memanfaatkan dengan sangat baik sumur daya bendera yang tersedia di dalamnya melalui sambung tangan teknologi sehingga bisa digunakan maka itu penduduk masyarakatnya secara maksimal. Berikut di sumber akar ini adalah beberapa daftar sendang daya umbul-umbul yang terletak di Kamboja.

1/ Air

Sumber pokok air yang tersimpan di Kamboja sebagian segara bermula bersumber sungai Mekong dan danau raksasa bernama Tonle Sap. Kedua kancah ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Momen piutang air sungai Mekong janjang maka air akan bergerak menuju ke danau besar Tonle Sap melalui batang air Tonle Sap sehingga menyebabkan debit danau meningkat dari rata-rata 2.600 km persegi menjadi sekitar 10.500 km persegi. Semacam itu sekali lagi sebaliknya, momen volume berasal sungai Mekong turun, air nan semenjak terbit danau Tonle Sap justru akan membalikkan alirannya sehingga air berusul situ akan bergerak ke sungai. Bengawan Mekong koteng n kepunyaan matra panjang menjejak 480 km yang terbentang berpunca utara hingga selatan Kamboja. Kamboja mewakili sekitar 20 persen dari total area tangkapan air jurang wai Mekong dengan kuantitas sumber pusat air privat bisa diperbaharui sampai mencapai lebih berpangkal 120 km kubik.

Potensi air yang melimpah tersebut di atas di negara Kamboja ini bermanfaat untuk membangun penggelora listrik tenaga air / PLTA yang saat ini dibangun dengan memanfaatkan aliran batang air Mekong yang deras dan pula sungai-wai lainnya yang berada di dataran tataran putaran timur laut dan perdua lor Kamboja. Terdapat sebuah bendungan raksasa generator listrik tenaga air terbesar di Kamboja bernama bendungan Se San 2 Bawah yang mulai beroperasi sejak November 2022 dengan besarnya kapasitas mencapai 400 megawatt.

2/ Pangan

Hampir sebagian besar daratan Kamboja ditutupi oleh pangan. Ada bervariasi jenis hutan di negara ini nan bertaruk dengan subur seperti alas eru, hutan bakau, hutan paya, hutan taruk-plonco, hutan gugur dan alas bambu dengan berbagai kondisi yaitu mulai tertutup lalu membentuk mosaik. Hutan-wana nan terdapat di Kamboja berpotensi besar bikin mendukung kelancaran perekonomian negaraini. Dimana seiring dengan berjalannya perian ke masa depan justru menyebabkan sebagian hutan di Kamboja mengalami fasad sebagai akibat pemanfaatan setakat perang yang terjadi sekitar perian 1970 yang suntuk. Sumber energi utama rimba di Kamboja ialah kayu yang menyumbang selingkung 80 komisi konsumsi energi nasional. Ini dikarenakan rapat persaudaraan sebagian besar kondominium di Kamboja baik itu di ii kabupaten dan desa dulu gelimbir dengan kayu. Eksploitasi kayu teratas ditemukan di distrik pedesaan. Sedangkan untuk di area perkotaan banyak memfungsikan arang sebagai bahan bakar penting untuk memasak.

3/ Sumber Daya Mineral

Perigi daya mineral nan terkandung di Kamboja n kepunyaan dominasi segara terhadap perkembangan perekonomian negara ini. Sumber daya mineral yang terpenting ada di Kamboja antara bukan emas hitam yang ditemukan di Kamboja berupa magnetik (Fe304), hermatite (Fe203) dan limonit (2Fe203, 3H2O). Tambang-tambang bijih besi ditemukan di kawasan Phnom Deck (dengan simpanan bijih besi sekitar 5 hingga dengan 6 miliun ton dan bermutu tinggi). Kembali cawis di daerah Koh Keo di Provinsi Preah Vihear dan Thalaborivath di Provinsi Stung Treng. Sementara itu untuk rubi, zircon dan safir terpusat di provinsi Samlot (Battambang), Pailin, Takeo dan Ratanakkiri. Terkandung sejumlah deposit kencana di Kamboja antara lain Kampong Cham, Preah Vihear, Kampong Thom, Ratanakiri dan Mondulkiri. Cak bagi bencana bara ditemukan di distrik Phum Talat yaitu sisi timur bengawan Tonle San di Kewedanan Stung Treng. Diketahui jika ada 27 lapisan batubara nan telah teridentifikasi dengan total suplai menyentuh 7 juta ton. Sediaan mangan ditemukan maka dari itu eksplorasi berasal RRT mencapai 120.000 ton dan berada di Provinsi Kampong Thom.

4/ Variabilitas Hayati Dan Binatang Liar

Seperti diketahui bahwa negara Kamboja menjadi salah satu negara yang menyimpan keanekaragaman hayati terbesar di Asia Tenggara. Keseleo satu tempat di Kamboja nan difungsikan sebagai rumah khusus hewan ilegal yang dilindungi yaitu di kawasan selingkung haud Tonle Sap. Di sekitar tasik ini terdapat pemijahan buaya katak siam sampai spesies asli telaga Tonle Sap seperti patin lautan Mekong. Iwak patin ini momen ini sudah lalu termasuk satwa susah dan dilindungi. Sehingga tak mengherankan jika di tahun 1997 UNESCO menjadikan danau Tonle Sap sebagai noktah terdahulu diversitas hayati di Kamboja.

5/ Perikanan

Yang terakhir ialah perikanan menjadi sendang daya alam terpenting di Kamboja. Kewedanan perikanan terpusat di danau Tonle Sap dengan jumlah tangkapan kebanyakan hingga ke 50 tip pecah total penyergapan ikan. Di samping itu penangkapan ikan terbesar pula ditemukan di kawasan pinggir laut yang berkembar dengan sejauh batang air Mekong. Hampir sebagian samudra hasil tangkapan ikan dijadikan sebagai komoditas ekspor.

Semoga penting.

About The Author

Utamii
55

Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Plimbi adalah wadah menggambar bikin semua insan.

Yuk kirim kembali tulisanmu waktu ini



Submit Artikel

From Utamii

Source: https://www.plimbi.com/article/177330/-kamboja-dan-sumber-daya-alam-yang-tersimpan-

Posted by: caribes.net