Pernahkah kalian mengawasi dalamnya kancah tidur atau
springbed? Ya, didalamnya akan terlihat susunan pegas dengan posisi yang sama. Nah, soal saat ini, pegas itu apa sih? Pegas merupakan suatu benda elastis yang digunakan bakal menyimpan energi mekanis, dimana perubahan dimensi panjangnya lalu dipengaruhi oleh besarnya kecondongan. Sebagai halnya halnya petiduran ataupun
springbed, pegas bisa dirangkai dengan sesama pegas tak dan membentuk sebuah rangkaian pegas binar, paralel ataupun sintesis.

Internal tujuannya, susunan pegas dapat dirangkai atau disusun secara seri dan paralel atau lebih lagi campuran keduanya. Nikah ini berniat untuk mendapatkan pegas pengganti dengan konstanta nan sesuai dengan kebutuhan. Susunan kilauan ditujukan untuk memperkecil konstanta pegas sehingga pertambahan tataran yang dialami sistem pegas akan lebih samudra, sedangkan susunan paralel bertujuan buat memperbesar konstanta pegas sehingga pertambahan tingkatan sistem pegas lebih kecil dibandingkan dengan susunan cerah.

Susunan Pegas Terang

Pada susunan kilauan maka kecondongan yang dialami oleh setiap pegasa merupakan sama. Namun, setiap pegas akan mengalami pertambangan panjang menjadi 2x, dimana pertambahan tataran total pegas adalah jumlah dari kenaikan strata masing-masing pegas.

(Baca pun: Gelombang elektronik Transversal dan Longitudinal, Bedanya?)

latihan soal dari Kelas Pintar

Tendensi pegas pertama akan menarik pegas pertama, setelah pegas pertama makin panjang sebesar x lebih lanjut pegas pertama akan meneruskan ke pegas kedua dengan menggunakan hukum Hooke, maka konstanta penukar untuk susunan pegas seri adalah :

1/Ks
= 1/K1
+ 1/K2
+ …… + 1/KN

Relasi Pegas Paralel

Sedangkan, ketika pegas disusun paralel maka kecondongan jumlah pegas adalah seperti mana jumlah gaya nan dialami oleh sendirisendiri pegas. Namun, kenaikan panjang besaran pegas adalah seperti mana peningkatan tataran berusul masing-masing pegas. Adapun konstanta pengganti untuk sangkutan pegas paralel adalah :

Kp
= K1
+ K2
+ …… + KN

Contoh pertanyaan :

Jika terdapat dua buah pegas identik yang mempunyai tetapan pegas sebesar 200 Horizon/m. Tentukan konstanta sistem pegas jika pegas (a) seri; (b) paralel.

Diketahui         : K1 = K2 = 200 Cakrawala/m

Ditanyakan      : Konstanta pegas (a) nur; (b) paralel

Jawab              :

Raksasa konstanta dapat ditentukan dengan menggunakan persamaan andai berikut :

  1. 1/Kseri
    = 1/K2
    + 1/K2
    = 1/200 + 1/200 = 100 Tepi langit/m
  2. Kpar
    = K1
    + K2
    = 200 + 200 = 400 N/m

Jadi tendensi pegas tersebut adalah konstanta cahaya adalah 100 N/m sedangkan konstanta paralel adalah sebesar 400 N/m.

download aplikasi kelas pintar

Please follow and like us: