Tafsir Al Mujadalah Ayat 11

Kata tambahan Surah al-Mujadilah ayat 11 merupakan nasihat dan perintah kepada umat Islam bakal memberi ruang pribadi kepada orang tertentu. Seperti memberi ajang duduk, memberi kesempatan seseorang bagi menyendiri dalam menyelesaikan tugasnya. Tafsir Surah al-Mujadilah ayat 11 menerangkan indahnya berempati kepada sesama makhluk hidup.


Baca Sebelumnya: Kata tambahan Surah al-Mujadilah ayat 9-10


Ayat 11

Ayat ini memberikan penjelasan bahwa jika di antara kaum Muslimin ada nan diperintahkan Rasulullah saw berdiri untuk memberikan kesempatan kepada orang tertentu kerjakan duduk, atau mereka diperintahkan pergi lewat, hendaklah mereka berdiri atau pergi, karena kamu mau mengasihkan penghormatan kepada orang-sosok itu, cak hendak menyendiri buat merefleksikan urusan-urusan agama, atau melaksanakan tugas-tugas yang wajib tergarap dengan segera.

Terbit ayat ini dapat dipahami kejadian-kejadian andai berikut:

  1. Para sahabat berlomba-tanding berburu tempat dekat Rasulullah saw moga mudah mendengar perkataan yang beliau sampaikan kepada mereka.
  2. Perintah memberikan tempat kepada orang yang baru nomplok ialah anjuran, jika memungkinkan dilakukan, bakal menimbulkan rasa persahabatan antara sesama nan hadir.
  3. Sesungguhnya tiap-tiap khalayak yang mengasihkan kelapangan kepada hamba Allah dalam melakukan perbuatan-widita, maka Tuhan akan membagi kelapangan pula kepadanya di dunia dan di akhirat.

Membagi kelapangan kepada sesama Muslim intern susunan dan persuasi mengejar kebajikan dan kebaikan, berusaha mengademkan hati saudara-saudaranya, memberi sambung tangan, dan sebagainya termasuk yang dianjurkan Rasulullah saw. Sira berucap:

وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَاكَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ. (رواه مسلم عن أبي هريرة)

Allah selalu menolong hamba selama hamba itu menolong saudaranya. (Riwayat Mukminat berusul Tepung Hurairah).

Bersendikan ayat ini para ulama berpendapat bahwa hamba allah-hamba allah nan hadir kerumahtanggaan suatu majelis hendaklah mematuhi ketentuan-ketentuan yang bermain dalam majelis itu atau mematuhi perintah orang-cucu adam yang mengatur majelis itu.

Jika dipelajari maksud ayat di atas, ada suatu ketetapan yang ditentukan ayat ini, yaitu agar orang-turunan menghadiri suatu majelis baik yang datang pada waktunya atau nan keteter, selalu menjaga suasana nan baik, mumbung persaudaraan dan saling bertenggang rasa. Bagi nan lebih dahulu datang, hendaklah memenuhi ajang di muka, sehingga orang nan datang kemudian bukan terbiasa melangkahi alias mengganggu orang yang telah makin dahulu hadir. Kerjakan orang yang tertinggal datang, hendaklah rela dengan keadaan yang ditemuinya, seperti tidak bernasib baik palagan duduk. Inilah yang dimaksud dengan sabda Nabi saw:

لاَ يُقِيْمُ الرَّجُلُ الرَّجُلَ مِنْ مَقْعَدِهِ ثُمَّ يَجْلِسُ فِيْهِ وَلٰكِنْ تَفَسَّحُوْا وَتَوَسَّعُوْا. (رواه مسلم عن ابن عمر)

Janganlah seseorang menyuruh temannya berdiri dari tempat duduknya, lewat ia duduk di palagan tersebut, namun hendaklah mereka bergeser dan berlapang-lapang.” (Riwayat Muslim dari Ibnu ‘Umar).

Penghabisan ayat ini menerangkan bahwa Allah akan menggotong derajat orang yang beriman, ki ajek dan patuh kepada-Nya, melaksanakan perintah-Nya, meninggalkan larangan-Nya, berusaha menciptakan suasana damai, aman, dan tenteram dalam publik, demikian pun individu-turunan berisi yang menggunakan ilmunya untuk menegakkan kalimat Sang pencipta. Dari ayat ini dipahami bahwa individu-orang yang mempunyai derajat yang paling tinggi di jihat Yang mahakuasa ialah orang yang berketentuan dan berilmu. Ilmunya itu diamalkan sesuai dengan nan diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

Kemudian Tuhan mengistimewakan bahwa Kamu Maha Mengetahui semua nan dilakukan manusia, tak ada yang tersembunyi untuk-Nya. Dia akan memberi pertempuran yang adil sesuai dengan polah yang telah dilakukannya. Widita akan dibalas dengan suwargaloka dan ulah jahat dan liar akan dibalas dengan siksa neraka.

(Tafsir Kemenag)


Baca Setelahnya: Kata keterangan Surah al-Mujadilah ayat 12


Source: https://tafsiralquran.id/tafsir-surah-al-mujadilah-ayat-11/

Posted by: caribes.net