Tahanan Lampu Led 12 Volt

Lampu busur LED (Light Emiting Diode) selayaknya bekerja dan menyala hanya dengan sumber setrum searah (DC) dan membutuhkan distribusi boncel (tergantung jenis LED yang dipakai). Manfaat lampu LED sekiranya dibandingkan dengan bola lampu pijar atau lampu neon ialah hemat daya dengan intensitas nur yang cukup terang.

Seiring kebutuhan masyarakat nan mendambakan bola lampu penerangan dengan daya rendah dengan terang yang semarak, maka banyak produsen bola lampu yang membuat LED bisa menyala dengan tegangan listrik PLN sekeliling 220 Volt AC seolah-olah LED tersebut menyala dengan tegangan PLN.

Masyarakat masyarakat masih banyak yang mengira bahwa bola lampu LED tersebut menyala dengan sumur tegangan bersumber PLN. Sebenarnya LED tersebut bekerja bukan dengan arus mondar-mandir (AC) doang bekerja dengan arus DC. Tegangan 220 Volt AC lebih-lebih silam diturunkan kemudian disearahkan sesuai dengan kebutuhan supply LED.

Lalu bagainama cara mengubah lampu LED AC 220 Volt menjadi lampu LED DC 9-12 Volt, dengan kata tidak dapat menunukan dengan battery atau baterai? Caranya, ya kita balikan sekali lagi dengan menyabarkan penurun dan penyearah. Makin jelasnya boleh dilihat pada video tutorial berikut.

Pertama kita bongkar tutup atas lampu busur LED lakukan menyibuk jalinan elektronika yang berfungsi andai penurun dan penyearah arus setrum. Dahulu dobrak dan buatlah skema perikatan sesuai dengan PCB yang terserah pada lampu tersebut.

Selepas digambar, lakukan pembagian LED dan cak bagi perantaraan persaudaraan cerah dan paralel sesuai sumber tegangan yang nanti akan digunakan, misalnya 9 Volt DC ataupun 12 Volt DC jangan sebatas LED tidak menyala karena supply terlalu sedikit atau terlalu terang karena kelebihan supply tekanan listrik.

Putuskan kempang PCB sesuai pembagian kombinasi LED terlampau hubungkan setiap pertalian LED sesuai skema yang mutakadim dibuat sebelumnya. Lakukan pengetesan terlebih dahulu cak bagi setiap pertautan LED. Jika semua LED berkerja normal, langkah selanjutnya yaitu memasang kembali rangkain hijau (yang telah dimodifikasi) kemudian menudungi kembali. Lebih jelasnya silakan simak video di atas!

Selamat mencoba, sepatutnya bermanfaat !

Source: https://www.linksukses.com/2018/02/cara-mengubah-lampu-led-ac-220-volt.html