Tanggal Jepang Menyerah Kepada Sekutu

Hai, Sobat Zenius! Elo pasti udah pernah denger centung, peristiwa Hiroshima dan Nagasaki? Hal ini merupakan hal yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada persekutuan dagang, lho. Ternyata kejadian ini cak semau hubungannya lho dengan Pesiaran Independensi Bangsa Indonesia.

Sudahlah, kira-kira gimana sih ceritanya, kok situasi Hiroshima dan Nagasaki bisa suka-suka hubungannya dengan kemerdekaan Indonesia? Mengapa Jepang tungkul tanpa syarat tanpa serikat? Yuk, biar nggak bertambah penasaran elo wajib simak terus kata sandang ini ya!

Baca Lagi: Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11


Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki

Guys, elo pernah nggak sih denger berita yang memilukan tapi juga membawa sebuah harapan? Cukuplah, keadaan ini persaudaraan terjadi lho, lega Indonesia. Sreg hari penjajahan Jepang yang keji, Jepang mengalami satu peristiwa yang cukup berdampak bagi negara tersebut. Peristiwa tersebut yakni pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki nan dilakukan oleh Amerika Serikat.

Kota Hiroshima dijatuhi bom atom makanya perseroan puas 6 Agustus 1945. Tiga hari kemudian, pelabuhan zarah kedua jatuh di Ii kabupaten Nagasaki. Peristiwa ini bisa dikatakan menjadi awal mula Jepang menyerah tanpa syarat kepada kongsi. Dan pula menjadi sebuah prospek harapan bagi independensi Indonesia.

Jepang menyerah
Bom Hiroshima dan Nagasaki (Dok. Wikimedia Commons)

Dijatuhkannya pangkalan di Ii kabupaten Hiroshima dan Nagasaki membuat Jepang menyerah sonder syarat kepada kongsi pada rontok 14 Agustus 1945 dan mengakui adanya Deklarasi Postdam yang digdaya kesepakatan nan dibentuk buat mengakhiri Perang Dunia II ataupun disebut juga sebagai Perang Pasifik.

Siapa elo bertanya-soal juga nih, barang apa sih penyebab terjadinya Perang Bumi II atau Perang Pasifik ini? Oke, jadi nih, perang ini terjadi dilatarbelakangi maka dari itu rasa tidak puas Jepang akan hasil dari Perang Dunia I nan dirasa tidak menguntungkan pihak Jepang. Jepang merasa tatanan marcapada terlalu didominasi oleh negara-negara barat.

Padahal nih, Jepang merasa bahwa mereka adalah bos Asia, sehingga berwajib atas sendang daya alam di Asia yang dikuasai oleh sekutu. Nah karena hal tersebut, Jepang yang dikira sepanjang ini anteng-anteng aja akhirnya melakukan penyerbuan, yaitu dengan menjatuhkan bom di Pearl Harbor pada 7 Agustus 1941, sehingga Perang Pasifik sekali lagi nggak terelakan. Walaupun endingnya seperti yang elo udah tahu nih, Jepang menyerah minus syarat kepada persekutuan dagang karena udah terhimpit, lebih-lebih setelah dijatuhkannya bom di Daerah tingkat Hiroshima dan Nagasaki.

Kehancuran yang dirasakan maka itu pihak Jepang ibarat akibat bom atom kemudian menyebabkan Jepang nggak punya seleksian tidak selain tunduk. Pada akhirnya, tanggal 15 Agustus 1945 waktu Jepang, Kaisar Hirohito membacakan pernyataan bahwa Jepang menunduk minus syarat.

Baca Juga: Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang – Materi Sejarah Kelas 11


Peluang Bakal Bangsa Indonesia

Kayak yang udah gue singgung di atas, peristiwa menyerahnya Jepang kepada persekutuan dagang ini membawa angin sehat bagi Indonesia. Indonesia n kepunyaan membuat kemerdekaannya setelah selama ini di-PHP
nih sama Jepang yang ngaku-ngaku saudara. Pada awalnya emang keadaan menyerahnya Jepang kepada kongsi ini berusaha ditutupi maka itu pihak Jepang.

Ya siapa karena gengsi kali yah .… Atau lebih tepatnya Jepang masih belum putih nih buat ngelepasin kekuasaannya atas Indonesia. Belaka, mau ditutupin kayak barang apa kembali ternyata berita menyerahnya Jepang kepada sekutu akhirnya hingga juga ke telinga bangsa Indonesia.

Menyerahnya Jepang pada sekutu ini menyebabkan kekosongan pengaturan di Indonesia. Dengan adanya kegagalan yuridiksi di Indonesia ini tentu menjadi peluang yang kemudian dimanfaatkan dengan cepat oleh bangsa Indonesia.

Berita kekalahan Jepang pada akhirnya diketahui juga oleh Sutan Syahrir dan golongan pemuda lewat siaran nan ada di radio. Serampak aja nih, tanpa banyak basa-basi, para golongan muda buru-buru meminggirkan Bung Karno dan Bung Hatta agar Permakluman Independensi Indonesia segera dilaksanakan tanpa menunggu ikrar Jepang (trauma nih, pihak Jepang sering PHP).

Menyerahnya Jepang minus syarat kepada maskapai nan diumumkan puas copot 15 Agustus 1945 kemudian jadinya berlangsung pada peristiwa di Rengasdengklok plong 16 Agustus 1945, perumusan wacana proklamasi, hingga hingga pada pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia puas 17 Agustus 1945 yang menandai kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jepang Menyerah merupakan peluang Indonesia untuk merdeka
Pembacaan Proklamasi (Galengan. Wikimedia Commons)

Namun, seperti nan elo ketahui, perjuangan bangsa Indonesia tentunya nggak sampai di pembacaan teks maklumat, tapi masih masih banyak yang dilalui. Maka itu biar nggak tengung-tenging segala aja perjuangan bangsa Indonesia elo dapat baca-baca kata sandang materi sejarah yang enggak ya!

Bung Hatta dan Bung Karno
Bung Hatta dan Bung Karno (Wikimedia Commons)

Baca Sekali lagi: Romusha dalam Hari Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Memori Inferior 11

Model Soal dan Pembahasan

Wah , ternyata kita udah akrab sebatas di intiha artikel nih, tapi begitu juga lumrah suka-suka komplet soal yang ingin gue kasih cak agar pemahaman elo lebih ciamik! Silakan, simak pola soal berikut, ya!

  1. Mengapa menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada sekutu membawa harapan bikin Indonesia?

Jawaban dan pembahasan: Menyerahnya Jepang kepada sekutu tanpa syarat membuat adanya kekosongan otoritas di Indonesia. Hal ini dilihat awalnya oleh golongan muda, merupakan sebuah harapan lakukan melakukan proklamasi otonomi Indonesia tanpa campur tangan pihak enggak, dengan kata lain Indonesia n kepunyaan peluang untuk merebut sendiri kemerdekaannya tanpa menunggu belas kasih dari negara lain termasuk Jepang yang pron bila itu sedang mengalami masalah dari dampak adanya Perang Pasifik.

Sip, itu tadi guys, materi yang bisa gue sampaikan ke elo semua. Jangan tengung-tenging, masih ada video pengajian pengkajian adapun materi ini yang bisa bikin elo lebih tercerahkan, makara jangan pangling buat klik banner di bawah ini dan daftarin akun elo sekarang juga ya!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius

Oh iya, biar belajarmu kian asik, Sobat Zenius boleh berlangganan paket belajar kita yang dijamin siap nemenin perjuangan belajar kamu! Klik banner di bawah ini ya bakal info lengkapnya!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Source: https://www.zenius.net/blog/peristiwa-jepang-menyerah-tanpa-syarat

Posted by: caribes.net