Tari Lego Lego Memiliki Makna

Apa makna tari lego menjual…?

Jawaban yang benar diberikan: rezaseva9625

jawaban:

Lego-Lego adalah suatu pementasan dansa yang berasal berpangkal Pulau Alor-Pantar, Provinsi Nusa Tenggara Timur.Dansa ini adalah dansa yang dimainkan makanya suami-suami dan dara secara buntar dengan cara bergandengan tangan menarikan tari Menjual-lego tanpa mengawasi batas agama dan status sosial. Oleh karena itu tarian ini disebut bagaikan disko multi etnik, diamana suku, klan, bahasa, gender, agama, dan status sosial menyatu intern sebuah pertunjukan intern tradisi lisan yang di ucap dengan Cak memindahtangankan-lego.

Dansa Cak memindahtangankan-cak memindahtangankan ini kebanyakan dipertunjukkan saat:

1. Upacara awalan mulai membuka kawasan ladang yang baru;

2. Setelah melakukan panen hasil pertanian;

3.  Mempersiapkan kebutuhan untuk berburu;

4. Membangun apartemen adat;

5. Membangun rumah ibadah atau tempat lakukan beribadah;

6. Pada saat programa Sunna Hada (sunat rasam masal yang dilakukan oleh masyarakat mukminat);Dan

7. Pron bila menjawat petandang.

makna tari legi cak memindahtangankan yaitu persatuan, tarian ini ditunjukan mengajak masyarakat bagi bersqtu membangun kampung,daerah dan negri

moga membantu.

Jawaban yang moralistis diberikan: ayam77

jawaban:

Makna tari legi lego adalah persatuan,

tarian ini ditunjukan mengajak masyarakat untuk bersatu membangun kampung, area dan negri.

Penjelasan:

mudahmudahan membantu

Jawaban yang ter-hormat diberikan: nyla81

jawaban:

Makna tari lego adalah Persatuan,tarian ini ditunjukan mengajak masyarakat untuk bersatu membangun kampung,daerah dan negeri

Penjelasan:

Izin Klo salah 🙂

Semoga membantu:)

Jawaban nan bersusila diberikan: josellyn8

jawaban:

Makna tari lego lego merupakan yakni ungkapan syukur dan kebahagiaan masyarakat kepada si pelaksana. Selain itu tari lego lego juga n kepunyaan makna persatuan dan hayat antar awam Alor nan terjalin dahulu erat

Sedangkan keunikan tari lego lego adalah : Memiliki mesbah sebagai wahana tari bukan dari tari berpunca daerah lain. Mesbah koteng merupakan benda yang disakralkan awam Alor.

LOPE LOPE NYA DONK

Jawaban yang benar diberikan: tegarrevolusi

jawaban:

tari lego Menjual berasal dari Alor, Nusa tenggara timur

semoga berguna ya

Jawaban yang bersusila diberikan: juel59

jawaban:

Tari Lego Menjual merupakan kata majemuk rasa syukur dan kegembiraan masyarakat terhadap Tuhan dan menggambarkan umur persatuan dan kebersamaan masyarakat Alor

Penjelasan:

moga membantu:)

Jawaban nan benar diberikan: Tolong4550

jawaban:

Tarian adat cangap memiliki pesan-pesan dan makna yang sani. Salah satunya ada pada tari Lego-lego bermula Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini ditujukan bakal mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. “Tari lego-lego lumrah digunakan n domestik segala kegiatan upacara adat di Alor.

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban yang benar diberikan: Dia3012

tari lego lego yang berpunca pecah NTT berjasa persatuan

Jawaban yang bermoral diberikan: Genosu3947

TARI LEGO-Menjual,TARI Aturan ALOR BERMAKNA PERSATUAN. Ajojing adat adalah salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara turun temurun dari leluhur . tarianadat kerap memiliki wanti-wanti wanti-wanti danmakna nan luhur. salah satunya ada plong tari LEGO-LEGO dari KABUPATEN ALOR ,NUSA TENGGARA TIMUR [NTT].

Jawaban nan etis diberikan: ritakbelajar

Alor – Tarian kebiasaan yaitu keseleo satu kekayaan budaya yang disampaikan secara turun-temurun dari nini moyang. Tarian adat kerap memiliki pesan-pesan dan makna yang mulia. Salah satunya terserah pada tari Lego-lego bersumber Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan wilayah.

Alor
– Tarian adat adalah salah satu aset budaya yang disampaikan secara runtuh-temurun dari nenek moyang. Joget adat kerap memiliki pesan-pesan dan makna nan sani. Pelecok satunya ada pada tari Lego-lego bermula Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri.

“Tari menjual-lego biasa digunakan kerumahtanggaan segala kegiatan upacara adat di Alor. Belaka, sekarang kian banyak digunakan saat menyandang pengunjung, dalam acara akad nikah, dan sebagainya,” jelas Penasihat Urusan Pemerintah Desa Rajut Kidul Green Kristofel Tonunglalang, kepada
Beritasatu.com
di Dusun Retta, Alor, NTT, hijau-baru ini.

Kabupaten Alor memiliki 12 rumpun tungkai nan tersebar di wilayah dengan 15 pulau itu. Menurut Kristofel, dari provinsi Alor, ada beberapa rumpun nan terpumpun dengan acuan 7-3-10, yakni tujuh suku di Pulau Pantar, tiga suku di kawasan Pura, dan 10 suku di provinsi yang puas denah berbentuk kepala burung. Diperkirakan ada bertambah dari 50 macam bahasa di Kabupaten Alor, berbeda di setiap kawasan kecil, namun mayoritas bisa berbahasa Indonesia.

Pada saban kawasan tersebut suka-suka gaya tari dan nyanyian yang farik-tikai, sahaja formasinya tetap sama, yakni lingkaran. Sendirisendiri lantunan dan pantun yang diungkapkan ketika goyang badan, memiliki kebaikan serta intensi yang berbeda-selisih. Supaya cak semau bilang literatur yang mengatakan, joget ini senggang menjadi tari perang. “Sekarang kian banyak digunakan pada program adat. Tujuan pelaksanaan tari ini tetap selevel, yakni meluaskan budaya Alor (sebagai identitas masyarakatnya),” kata Green.

Green mempertontonkan, di Dusun Malal, lagu khasnya berjudul “Boling Pati” weduk pamrih kesembuhan dan kesehatan. Temporer di Dusun Retta, lagu khasnya berjudul “Ringgi Eamanang”, kebal kisah permintaan kerjakan kemakmuran serentak menjaga kekayaan alam.

Saat melawat ke Dusun Retta, nan terletak di Pulau Pura Selatan,
Beritasatu.com
sempat disambut dengan tarian Cak memindahtangankan-lego maka itu publik setempat. Ini ialah sebuah peristiwa nan sering dilakukan sekejap-sekejap cak semau tamu. Menurut penghuni kota, publik di dusun atau desa di Alor sangat senang bila dikunjungi. Dansa ini merupakan ungkapan rasa bahagia itu.

Petandang akan disambut oleh mahajana nan dituakan dengan salam tempel hidung, lalu diajak mengarah sebuah pohon osean nan rindang, dengan beberapa penghuni nona yang saling memegang tangan mengelilingi pokok kayu serta mazbah (awam dibaca mezbah) nan ada di asal tanaman tersebut. Tamu dipersilakan untuk ikut serta dalam disko tersebut. Dengan aksi tungkai yang dikoreografikan, penayub akan bergerak mengitari pohon. Sambil kinang pinang dan sopi ditawarkan. Usaha suku dan nyanyian di masing-masing provinsi bisa doang berbeda, sahaja bentuk formasi lingkaran dan komponen tradisional lainnya teguh selevel.

Di internal galangan, terserah tiga adam yang memiliki tugas berbeda. Cak semau pemukul gelegah yang nadanya akan digunakan bakal menghitung anju penari, kemudian ada seorang lelaki yang bernyanyi sederum menitahkan pantun, dan seorang lagi bertugas membagikan sirih pinang serta minuman sopi.

Sirih pinang dan sopi yang dibagikan berasal dari satu tempat yang setolok. Hal ini sekali lagi punya makna. “Tarian dilakukan dengan bergandengan tangan. Sirih pinang yang ditempatkan dalam satu medan akan diedarkan. Minuman juga berasal dari satu gelas nan sama. Ini mempunyai arti, semua serampak bergandengan tangan membangun kampung dan negeri. Bila ada masalah, apa lagi yang terjadi, kita semua sudah bersatu, tidak akan tercerai-berai,” kata Green.

Para kuntum dan adam setempat yang terbabit dalam disko ini mengenakan perca tradisional. Berdendang dan berpantun dilakukan makanya orang-orang yang telah terbiasa. Kaprikornus biasanya dilakukan maka dari itu hamba allah tua-lanjut usia. Menurut Green, sekarang momongan-anak setempat telah mesti melihat dansa ini, dan kadang belalah dilombakan juga di tingkat nyawa-roh tertentu. Selain menjadi identitas masing-masing suku, tarian ini menjadi salah suatu identitas pemersatu awam Alor nan punya mimpi agar masyarakat dan pendatang terus bersatu membangun kampung, serta negeri.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG:

Budaya
revitalisasi budaya
Nusa Tenggara Timur
Ijab kabul

Source: https://ujiansekolah.org/tari-lego-lego-adalah-tarian-adat-alor-yang-mempunyai-makna/

Posted by: caribes.net