Tutorial Construct 2 Bahasa Indonesia Pdf

Mata Orasi Prodi Jenama NIM Tanggal acc permulaan

: Praktikum Game Edukasi : Pendidikan Teknik Informatika : Fahreza Aulia Muhammad : A710160056 :

Acc :

MODUL 1 GAME ENGINE CONSTRUCT 2 A. DASAR TEORI Introduksi game berpokok dari bahasa Inggris yang secara verbatim berarti permainan. Dilihat bersumber segi positifnya, bermain game tidak hanya sekedar menghabiskan periode, sekadar sekali lagi dapat meningkatkan kreatifitas dan intelektualitas sang anak ningrat game, karena privat game tersebut terletak pendirian maupun aturan yang harus diikuti untuk boleh mencapai sebuah goal. Selain itu pemain lagi di tuntut untuk dapat mengambil keputusan melalui action secara cepat dan tepat. Berlaku game merupakan sebuah proses “fine tunning” dari ilmu mantik berpikir manusia dengan aplikasi computer. Kapan itu juga, game kembali dapat mempertajam ki akal analisis pemain cak bagi mengatur informasi dan menentukan pendirian terbaik apa yang harus dilakukan. Untuk membuat game, saat ini mutakadim patut banyak pilihan software yang dapat digunakan bikin merancang dan membangun (develop) sebuah permohonan game computer baik yang berbasis desktop, web, maupun smartphone. Organ lunak yang digunakan bikin membangun game computer sering dissebut game engine, dimana di dalamnya terdapat framework yang mempermudah dan meningkatkan produktivitas perancang game. Banyak game engine yang boleh ditemukan di internet baik yang berplatform 2 dimensi alias 3 dimensi. Pelecok satu game yang memiliki platform 2 dimensi (2D) dan dapat digunakan dengan mudah oleh koteng pemula yang mau membuat game tanpa peril mengarifi pemrograman adalah Construct 2. Berikut macam-diversifikasi Game Engine : 1. Unreal Engine https://www.unrealengine.com Unreal Engine adalah sebuah game engine base 3D buatan epic games sekitar 18 tahun yang habis, hmm telah lama juga ya. Unreal Engine koteng juga merupakan game engine cross tribune dimana kita bisa membuat game supaya bisa dijalankan ke banyak platform mulai berpokok Android, iOS, Windows dan kembali web

browser(HTML5). Bakal Bahasa pemogramannya Unreal Engine menunggangi Bahasa C++ dan Object Oriented Programming. Cak bagi Unreal Engine versi 4 kamu dapat mencobanya dengan free. 2. Game Salad https://gamesalad.com/ Game Salad merupakan Game Engine buatan GameSalad.inc yang focus pada pengembangan untuk game mobile sejak tahun 2007 di Texas. Bagi waktu ini telah cukup banyak yang menggunkan sekitar 180.000 game. Seperti Unreal Engine, GameSalad pula merupakan game engine cross platform untuk iOS, Android dan HTML5. Bagi menciptakan menjadikan game memperalat drag and drop. 3. Construct 2 https://www.scirra.com Construct 2 adalah game engine/creator artifisial Scirra. Construct 2 salah suatu game engine favorit para game developer yang tidak mempunyai skill coding, karna selain mudah digunakan construct 2 pula memiliki banyak sekali pelajaran dan template yang uptodate. Construct 2 menggunakan HTML5 yang bisa melanglang dibanyak device diantaranya Android, Windows Phone, Windows dan pula Linux. Bakal mengepas construct 2 dia boleh mendownloadnya free cuma dengan scene dan fitur terbatas kaprikornus tidak leluasa kerumahtanggaan membuat game. Harga terbit Construct 2 yaitu Rp1,699,900. 4. GameMaker: studio http://www.yoyogames.com/ GameMaker yaitu Game Engine bikinan yoyo games . Sama halnya dengan construct 2 Game Maker: Studio kembali menerapkan drag and drop, tetapi doang dengan Game Maker: studio kita bisa menambahkan codingan lakukan logika lampiran. Game Maker sekali lagi merupakan game engine cross platform jadi kita boleh build game ke banyak tribune dari 1 project game nan telah kita buat, diantaranya android, browser, dan Windows. Cak bagi mencobanya kita boleh mendownloadnya dengan free tetapi dengan fitur yang terbatas. Untuk harga dari Game Maker: Bengkel seni boleh dilihat lega gambar dibawah ini.

5. Unity 3D http://unity3d.com/ Unity 3D adalah game engine tiruan Unity Technology selingkung 10 tahun yang lalu. Bilamana ini varian unity sudah mencecah versi 5. 3. Unity bisa dikatakan adalah game engine paling popular untuk halangan Indie Game developer termasuk di Indonesia. Sudah banyak deretan game keren nan lahir menggunakan Unity 3D diantaranya Game Dread Out dan Orbiz. Untuk menyedang Unity beliau harus peka Bahasa C#. Unity pun merupakan cross plaform dimana project unity di build ke Mobile, Desktop dan browser. Dengan unity kita dapat membuat game 3D dan 2D, selain itu fitur keren berusul unity adanya asset store dimana di dalam asset store kita dapat dengan geratis , membeli alias lebih-lebih menjual asset game start bermula sprite sebatas game complete. Unity pas complete dan mudah digunakan terutama kerjakan kamu nan masih belajar gamedev. Untuk harganya sendiri unity bisa kita dapatkan dengan free full fitu kerjakan personal lisence dan bikin professional $75/month. 6. CryEngine https://www.cryengine.com/ CryEngine adalah salah satu game engine besar nan dapat membuat game 2D. akan belaka, bikin ketika ini para developer game menunggangi CryEngine kebanyakan cak bagi mewujudkan game berbasis 3D. belaka, jika biram-abang minat buat game pakai ini, silahkan dicoba ^-^ kerjakan memperalat game engine ini, kalian harus sparing pemrograman c++ ataupun LUA. 7. Cocos2d-x www.cocos2d-x.org/ Cocos2d-x adalah game engine yang sedikit farik dengan ketiga game engine pertama. Di Cocos2d-x penggunanya dituntut lakukan memiliki asam garam memprogram baik dalam bahasa C++, Lua, ataupun JavaScript. Game nan dibuat dengan Cocos2d-x bukanlah game hantam kromo. Contra: Evolution dan Zenonia 5: Wheel of Destiny ialah teladan dua game yang sangat populer dikalangan gamer android. Cocos2d-x ialah dagangan open source sehingga engkau dapat menggunakan semua fitur cocos2d-x sepuasnya sampai kapanpun tanpa dipungut biaya. Game

yang dibuat dengan Cocos2d-x boleh dirilis ke iOS, Android, Windows Phone, HTML5, Windows, BlackBerry, dan Web. Fitur Construct 2 : 1. Quick and Easy Dengan menggunakan Construct 2 membuat game menjadi makin mudah. Construct 2 punya antarmuka Ribbon yang cepat dan mudah dipahami. Layout editor menyediakan antarmuka what-you-see-is-whatyou-get untuk mengulangulang perancangan game. Sehingga apapun nan di lihat dalam desain layout adalah tampilan yang didapatkan ketika game dijalankan. 2. Powerfull Event System Construct 2 bisa membentuk game dengan pendirian yang mudah dibaca secara visual karena tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang pelik dan samar. Construct 2 meluangkan EventSheet yang sakti pernyataan kondisi atau pemicu. Sekiranya kondisi tersebut terpenuhi, tindakan ataupun fungsi dapat dilakukan. 3. Flexible Behaviors Behaviors menyediakan pendirian instan bagi menambahkan kemampuan objek, mempercepat pembangunan dan meningkatkan produktivitas. Misalnya menambahkan Behavior mimbar pada incaran sprite nan memungkinkan objek tersebut dapat belari dan nocat. Pengguna dapat menata pengaturan bagi kecepatan, akselerasi, kemustajaban melompat, gravitas, dan banyak lagi, sebatas kemampuan sasaran tersebut sesuai seperti mana yang dibutuhkan. 4. Instant Preview Tak teradat menunggu perian yang memakan periode lakukan mengkompilasi. Permainan akan di preview dan melanglang di jendela Browser ketika diuji. Fitur lainnya nan menciptakan menjadikan pengujian lebih mudah adalah Preview Oper Wifi. Hal ini memungkinkan setiap ponsel, tablet, laptop, atau PC lain nan terhubung pada LAN/Wifi pula boleh serempak mematamatai preview game. 5. Stunning Visual Effects Ada lebih dari 70 surat berharga berbasis WebGL untuk warp, distort, blend, blur, mask, re-color dan lainnya. Konsumen dapat menambahkan ini plong objek, layer dan layout untuk bilyet eksklusif yang cepat dan menciptakan hasil yang asing jamak. Game yang dibuat dengan Construct 2 diharapkan

boleh membuat pemain mendapatkan pengalaman terbaik bermula permainan yang dibuat. 6. Multiplatform Export Construct 2 dapat mempublikasikan game dengan sortiran tribune yang luas hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada podium berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Selain itu memungkinkan pula cak bagi mengerjakan ekspor game ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node-Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pun mengekspor game ke iOS dan Android dengan memperalat CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pemakai dapat memiliki akal masuk yang luas bagi pemain. 7. Easy Extensibility Construct 2 hadir dengan lebih dari 20 built-in plugin, makin dari 20 behaviors dan bertambah dari 70 visual effects. Mulai pecah menampilkan text dan sprites, sound dan music, input, manipulasi data dan penyimpanan, efek partikel, efek pergerakan, dan masih banyak lagi. Jika konsumen perlu beberapa keistimewaan tertentu, B. TUJUAN 1. Mahasiswa mengenal seterusnya user interface berpunca game engine Construct 2. 2. Mahasiswa boleh menambahkan objek, behavior dan event pada Construct 2.

C. HASIL DAN ANALISA 1. Kegiatan 1 : Memulai Construct 2 a. Membuat file project game baru menggunakan Construct 2, FileNewNew Empty Project.

Gambar 1.1 Membuat New Project b. Menambahkan background tile dengan kaidah Klik kanan pada adegan layout viewinsert new objecttiled backgroundletakkan kursor di bagian layout view.

Gambar 1.2 Menambahkan Tiled Background c. Texture editor akan mangap, dan masukkan rang apapun yang akan dating digunakan sebagai background aplikasi game dengan cara klik Load an image form a file, jika mutakadim selesai tutup texture editor. d. Atur properties sehingga posisi x, dan y terletak pada posisi x=0, y=0, dan atur matra background sesuai keinginan.

Gambar 1.3 Memasukkan rancangan dan mengatur X=0,Y=0 e. Perhatikan Layer bar yang terdapat disamping Project bar, maka akan terlihat layer 0 yang kondisinya n domestik kejadian kunci terbuka. f. Ganti logo Layer 0 tersebut menjadi Background, karena ini merupakan layer background yang digunakan lega aplikasi game, kemudian kunci layer tersebut dengan cara double klik puas padlock sehingga layer tersebut tidak bisa dilakukan editing pun. g. Tambahkan layer hijau dengan cara klik button berlebih sehingga akan muncul layer baru. h. Tukar merek layer menjadi “Main”, kemudian geser sehingga posisinya berada di atas layer Background. Sama dengan kebanyakan pengedit rangka bahwa layer yang tersortir. Kaprikornus, takdirnya layer tersebut tidak aktif berjasa salah mengedrop objek.

Gambar 1.4 Mengubah Layer 0 menjadi Background dan Layer 1 menjadi Main

i. Menambahkan target input hijau pada layer aktif, yaitu “Main” dengan cara double klik/klik kananinsert new object kemudian diskriminatif Mouse. Untuk keadaan yang begitu juga input Keyboard.

Rajah 1.5 Input new object “Mouse”

Gambar 1.6 Input new object “Keyboard” j. Menambahkan korban baru sabagai player,monster,anak bedil,dan ledakan dengan mandu klik kananinsert new objectSprite. Cara lain bisa dengan digunakan cak bagi menaik objek game merupakan dengan cara drag-and-drop lega layout. Ganti keunggulan Sprite yang hijau dimasukkan tersebut menjadi “player,monster,ledakan,dan belinjo”. Pindahkan objek peluru dan ledakan sehingga tidak terlihat pada scene game.

Susuk 1.7 Input Sprite (Player, Monster, Letupan, Peluru)

Lembaga 1.8 Saat project di Play melalui Mozilla Pada percobaan kegiatan 1 tentang Memulai Construct 2 merupakan pertama dengan menginstall aplikasi Construct, setelah terinstall klik FileNewNew Empty Project bagi takhlik sebuat project nan akan dilakukan plong kegiatan 1 ini. Lalu menambahkan background, dengan berburu gambarnya terlebih lalu dengan keyword “Background game”, pilih salah suatu gambar background nan disukai. Masukkan rang tersebut dengan cara klik Load an image form a file, maka gambar nan dimasukkan tadi akan muncul pada layar construct. Menafsirkan nama layer dari layer 0 menjadi background, dan layer 1 menjadi “Main”. Pada kegiatan 1 ini pula menginputkan alamat plonco dengan cara klik kananinsert new objectMouse dan klik kananinsert new objectKeyboard. Serta menambahkan objek baru andai player,monster,peluru,dan ledakan dengan kaidah klik kananinsert new objectSprite. 2. Kegiatan 2: Menambahkan Behavior a. Bikin menambahkan behavior pada sebuah player, pilih objek player dan perhatikan properties bagian Behaviors.

b. Klik Add/Edit dan pilih button sesak kemudian pilih behavior sesuai dengan keinginan, misalnya 8 direction.

Rangka 1.9 Menambahkan Behavior lega player “8 Direction” c. Lakukan hal yang ekuivalen lega player untuk menambahkan behavior Scroll To bagi membuat screen mengikuti player, dan lagi Bound to Layout hendaknya tetap berada di layout. Sehingga dialog window behavior tampak pada rajah 1.

Kerangka 1.10 Menambahkan Behavior pada player “Scroll To” dan “Bound to layout”

d. Jalankan pada browser menggerakkan player.

dan

gunakan

kenop

cahaya

bikin

Rancangan 1.11 Project di play melangkaui Mozilla Pada kegiatan 2 melakukan penyisipan Behavior lega sebuah player dengan cara klik Add/EditButton plusdiskriminatif 8 direction. Selain itu juga menambahkan behavior Scroll To bakal membuat screen mengikuti player dan juga Bound to Layout agar player tetap berada di layout. Hasil terbit kegiatan 2 ini dapat dilihat pada gambar 1.11 . 3. Kegiatan 3: Menambahkan Event a. Pilih tab Event Sheet, kemudian double klik pada layout event sheet tersebut untuk menambahkan event baru. Prinsip enggak boleh dilakukan dengan klik kaanAdd event. b. Membeda-bedakan Systemtekan tombol nextpilih Every tickDone.

Rang 1.12 Menambahkan Every tick c. Tambahkan action yang takhlik player selalu menyibuk mouse dengan cara klik Add ActionPilih player dan tekan nextperhatikan bagian Angle dan pilih Set Angle roward positionnextpilih Mouse/isikan Mouse.X pada rubrik X, dan Mouse.Y pada kolom Y.

Gambar 1.13 Menambahkan action d. Jalankan project dan perhatikan bahwa player gelojoh mengalir arah gerakan mouse.

Gambar 1.14 Project di Play melewati Mozilla Di kegiatan 3 ini menambahkan Event dengan cara klik kananAdd event, adv amat diskriminatif Systemtekan tombol nextEvery tickDone. Sehabis itu, menambahkan action buat membentuk player dapat melanglang per detik nya karena sudah lalu di atur pada event sheet. Event sheet dijalankan urut semenjak atas ke bawah, sehingga event sheet yang berlimpah paling atas akan dijalankan pertama barangkali. Hasil berpunca kegiatan ini yaitu player selalu bersirkulasi menirukan jihat manuver mouse yang telah di atur dengan mandu klik Add action Diskriminatif player dan tekan nextperhatikan putaran Angle dan membeda-bedakan Set Angle roward positionnextpilih Mouse/isikan Mouse.X pada ruangan X, dan Mouse.Y pada kolom Y.

Tugas 1. Lakukan eksplorasi terhadap bilang behavior nan terdapat lega Construct 2 selain 8 direction movement. Tulis fungsi dan kegunaan behavior tersebut ! 2. Tambahkan beberapa event action, dan bakal analisa terhadap eventevent yang terdapat pada Construct 2 ! Jawab: 1. Behavior lega Player

Gambar 1.15 Behavior Player a. 8Direction, Berfungsi cak bagi takhlik object dapat dikontrol buat bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah. b. Scroll Up, membuat screen bikin mengikuti bahan bersirkulasi yang biasa disebut dengan scrolling. c. Bound to layout, kerjakan menghentikan bahan pergi area. d. Physics, jika player kesomplok monster maka player akan mati dan menghilang. e. Mimbar, umpama Anak bangsawan kerumahtanggaan game tersebut yang boleh digerakkan sesuai keinginan beliau.

Behavior lega monster

Gambar 1.16 Behavior Monster a. Bullet, berfungsi bakal membuat object bertamadun lurus kedepan, ini biasa digunakan cak bagi peluru, bullet kembali dapat digunakan untuk object sebagai antiwirawan nan selalu bergerak secara otomatis. b. Wrap, berfungsi lakukan merepositions object. Behavior pada letusan

Gambar 1.17 Behavior Letupan c. Fade, digunakan kerjakan lulus secara perlahan. Behavior sreg peluru

Gambar 1.18 Behavior Belinjo d. Bullet, berfungsi bagi mewujudkan object maju lurus kedepan, ini biasa digunakan lakukan peluru, bullet juga dapat digunakan lakukan object sebagai oponen yang sayang bergerak secara otomatis. e. Destroy outside layout, digunakan unyuk ki pelor yang hilang sesudah ditembakkan. 2. Menambahkan event-event action

Bagan 1.19 Event-event Action Sreg tugas No.2 ini menambahkan berbagai event action, seperti mana event yang ditambahkan yaitu Mouse dengan condition On Left button Clicked yang dapat diterapakan pada Player dengan action Spawn meninjau on layer 1 (image point1). Jadi ketika player dijalankan dapat di klik sesuai dengan nan mutakadim menginputkan event Mouse. Selain itu player juga dapat menembak monster dengan condition On Collusion with player.

Sedangkan monster menunggangi event ki pelor, system, dan moster itu seorang dengan menggunakan condition On Collusion with monster, On Start of layout, Is outside layout serta menggunakan Destroy, Spawn, Set angle toward, Set angle to 360 degrees. Ketika dijalankan monster akan mati saat tertembak oleh player, sedangkan player akan mati saat si player mengenai monster. D. Inferensi

DAN SARAN

Kesimpulan bersumber praktikum pada modul1 ini “Game Engine Construct 2”, adalah game engine atau game editor 2D berbasis HTML5 yang dikembangkan oleh Scirra Ltd. Di dalam Construct 2 terdapat system logika berbasis behavior atau perilaku (behavior-based logic system). Game engine memiliki sejumlah fitur yang boleh dimanfaatkan oleh pengguna, seperti : Event system and behaviors, Penyaringan instance objek, Visual effect yang menakjubkan, Multiplatform Export, Easy Extensibility. Behavior yakni fungsionalitas pre-packaged pada Construct 2. List event kerumahtanggaan Contruct yang bisa dilihat sreg event sheet editor dinamakan event sheet, dan dapat memiliki event sheet berlainan untuk setiap bagian yang berlainan puas project game. Event sheet dapat pun “masuk” kedalam event sheet lain, sehingga memungkinkan untuk digunakan ulang sreg multiple level. Construct 2 menjalankan semua semua keadaan pada event sheet per detik (tick). Saran bagi praktikum ini sebaiknya sebelum dilakukan praktikum , terlebih silam menjelaskan mengenai tools nan terdapat pada Construct 2 , karena masih banyak mahasiswa yang masih awam dengan aplikasi game ini. E. DAFTAR Wacana [1] Sukirman (2017). Modul Praktikum Game Edukasi (hal 1-6). Surakarta. Pendidikan Teknik Informatika UMS. [2] Sugeng (2015). Diakses 04 Maret 2022, mulai sejak http://indonesiabahasacontohciri.blogspot.co.id/ [3] Nizar Abu [2016]. Diakses 04 Maret 2022, dari http://anizarzulmi.blogspot.co.id/

Source: https://pdfcoffee.com/download/laporan-game-edukasi-pdf-free.html