Tutorial Game Maker Studio 2 Indonesia

Indonesian (Bahasa Indonesia) translation by
Shylchemist
(you can also view the original English article)

GameMaker: Studio yakni peranti pengembangan permainan konseptual, nan mengutarakan editor tingkat, manajer aset, penyunting kode, dan bahasa skripnya koteng nan dikenal bagaikan Bahasa GameMaker (GML). Versi sebelumnya dari GameMaker sangat dasar, dan banyak bani adam akan mengingat mereka sebagai kebanyakan bagi pemula – bikin membuat game secara bisnis dengan mereka akan terpandang begitu juga lelucon. Situasi-hal farik masa ini, dengan bilang kemenangan komersial, tertulis beberapa permainan profil yang sangat tinggi.


Siapakah GameMaker: Studio Cak bagi?

Himpunan master GM: S memiliki kompatibilitas lintas podium untuk desktop, HTML5, dan perangkat seluler (baik Android dan iOS). Ini juga punya integrasi pengaturan sendang dan opsi monetisasi (seperti mana iklan dan pembelian dalam aplikasi). Jumlah biaya koleksi master adalah sekeliling $800 pada detik penulisan ini. Ini membuatnya paradigma lakukan:

  • Siapa lagi yang mau melakukan pengembangan lintas platform
  • Tim pengembangan Indie dengan anggaran katai

Penghalang ikut lakukan GM:S rendah karena masuknya interface drag-and-drop. Dengan demikian, ini adalah alat yang fantastis untuk orang-orang dengan pengalaman pemrograman yang habis invalid untuk mendapatkan kaki mereka basah;antarmuka ini ialah cara nan bagus cak bagi mempelajari alur acara dan beberapa ilmu mantik asal.

Karena fitur manajemennya, GM:S memungkinkan pengembang buat mendapatkan game nan sangat dasar dan bepergian dengan cepat, yang sangat bagus lakukan selai permainan dan membentuk prototipe yang dapat dimainkan.


Apa Itu Bagus

GM:S adv amat baik n domestik manajemen khasanah, menggabungkan kekayaan ke dalam kode, menyisihkan cara mudah untuk memodifikasi logika objek permainan, dan pemrograman berbasis acara.

Tata Aset

Setelah dam membuat sprite, tambahkan ke GM:S boleh dilakukan dalam bilang klik. Setelah sprite diimpor, modifikasi boleh dilakukan bersumber kerumahtanggaan GM:S.

Creating a sprite
Membuat sprite.
Modifying a sprite
Modifying a sprite
Modifying a sprite
Memodifikasi sprite.

Mengegolkan Aset Ke dalam Kode

Setelah perbendaharaan diimpor, propertinya (dimensi rajah, piutang efek suara minor, dan sebagainya) bisa diakses dari kode, dan bisa ditugaskan ke sasaran permainan. Ini membuat membuat objek game sangat primitif, dan lewat bagus bikin membuat semuanya dijalankan dengan lampau cepat.

Memodifikasi Logika Korban Permainan dan Pemrograman Berbasis Acara

Penyunting objek permainan merupakan instrumen belajar nan hebat bagi mereka yang plonco dalam pengembangan game, dan menyediakan pendirian mudah untuk memodifikasi logika bahan permainan. Seperti yang Anda lihat bersumber tangkapan cucur ini, GM:S memungkinkan Anda menulis kode untuk kejadian tertentu:

Modifiying game object events
Modifiying game object events
Modifiying game object events
Memodifikasi acara gameobject.

Untuk boleh jadi?

  • Makhluk-turunan mencari kerjakan menciptakan permainan berfitur lengkap dengan menekan sejumlah tombol. Game-game hebat akan meratah periode.
  • Seseorang yang ingin meluaskan MMO hebat berikutnya. Jaringan masih nisbi baru kerjakan GM:S, dan ada alat yang lebih baik bakal MMO.
  • Memprogram elitis yang memaksudkan bahasa mereka tidak mencampuri ingatannya sendiri. GM:S lain C/C++, dan tidak bahasa merentang kinerja utama. (Itu adalah bukan bikin mengatakan prestasi buruk di sini, tetapi bahwa C/C++ masih aji kategori.)

Segala apa itu Buruk

GML bukan bahasa menghadap bulan-bulanan dalam arti sempit. Terserah objek permainan, mereka memiliki hoki, dan Kamu lebih-lebih bisa membuat hubungan induk-turunan. Semata-mata, sasaran tak memiliki metode. Untuk berbuat operasi lega sasaran, Anda harus menggunakan ID instancenya dalam skrip. Ini dapat membingungkan pada awalnya kerjakan mereka yang terbit berpunca background berorientasi bahan.

GM:S congah 3D, sekadar itu bukan titik api utama. Tidak ada pengedit 3D, tidak cak semau importir model 3D, dan kode kerjakan mendapatkan 3D kerjakan bekerja cukup berbelit-belit. Jika Beliau tergoda dengan game 3D, saya akan menyarankan Sira bikin menunggangi alat yang berbeda bikin saat ini. Di hari depan, 3D dapat menjadi privilese makin tinggi bakal YoYo Games (firma yang punya GM:S), tetapi bilamana ini, itu jelas rendah kerumahtanggaan daftar.


Di mana saya bisa mendapatkan GameMaker: Studio?

Situs terdahulu buat GM:S yakni http://www.yoyogames.com/. Anda dapat mengunduh versi gratis ataupun membeli pelecok satu versi berlisensi.

Berikut ini perbandingan dari berbagai rupa versi GameMaker, yang diambil semenjak situs web YoYo Games:

feature compare
feature compare
feature compare

Begitu juga yang Anda lihat, varian gratis (Bengkel seni) sepan tekor, tetapi itu prinsip yang bagus untuk mengawasi alur kerja dan manajemen letak alat, dan meluangkan waktu bikin mempelajari bahasa.

Pembaruan:
Versi prodeo GameMaker: Studio sekarang sama dengan varian Standar! Bagi informasi bertambah lanjur, lihat GameMaker: Studio Goes Free.

Edisi Standar lalu bagus bikin pengembang solo yang hanya berencana untuk melebarkan game desktop; Versi Profesional sangat setuju untuk skuat kecil pengembang nan berencana cak bagi pergi lintas mimbar sreg alhasil, karena mereka dapat menambahkan berbagai modul pecah waktu ke waktu selepas menghasilkan beberapa pendapatan; dan Himpunan Hawa lewat bagus untuk skuat kecil yang adalah bagian berpangkal studio yang sudah mapan dan ingin meninggalkan lintas platform sambil dari awal pengembangan.

GM:S sekali lagi terhidang di Steam, namun saya akan merekomendasikan lakukan tidak membelinya di sana, karena YoYo Games tidak memiliki prinsip untuk mengetahui bahwa Dia telah membelinya, dan dengan demikian aspek layanan pelanggan dari memiliki komoditas mereka adv minim bertambah merepotkan. Juga, mereka sekali-kali menawarkan upgrade murah bagi mereka nan sudah memiliki versi GM:S, dan mereka tak boleh memberikan upgrade yang setara ke pemilik Steam. Terlalu, jika Sira membeli dari Steam maka Beliau harus masuk ke Steam cak bagi menjalankan GM:S, yang boleh mengganggu.


Belajar GameMaker: Padepokan

GM:S menawarkan dua kaidah berbeda untuk takhlik game.  Nan permulaan disebut interface Drag dan Drop (DnD untuk ringkas). Ini sepan lestari, dan memungkinkan sejumlah logika pelik untuk dibuat. Namun, itu tidak sekuat opsi kedua: menggunakan Bahasa GameMaker (GML kerjakan pendek). GML adalah bahasa naskah yang hebat yang boleh mengerjakan segala sesuatu yang dapat DND, dan banyak juga.

Memulai

Setelah Anda mengunduh versi GM:S Anda merasa paling sesuai dengan kebutuhan Engkau, Dia harus mulai dengan melihat latihan yang cak bertengger dengan GM:S. Ini dapat ditemukan di bawah tab
Tutorial
sesudah Anda menelanjangi GM:S.

Tutorial awal sebagian besar akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan antarmuka seret dan lepas, temporer tutorial selanjutnya menginjak membahas GML. Bagian terbaik tentang tutorial nan disertakan adalah bahwa mereka benar-bersusila menambahkan jendela ke antarmuka yang mengarak Sira melampaui cara membentuk setiap gim, jadi Sira bukan teristiadat merujuk ke laman web – semuanya tertata privat GM: S untuk Anda!

Saya sarankan bakal mengerjakan sebanyak mungkin yang Anda perlukan, sampai Anda merasa sama dengan Anda telah mendapatkan pemahaman yang awet tentang alur kerja mahajana dan organ-alat yang ditawarkan maka itu GM S. Anda dapat menemukan cak bimbingan lampiran di wiki permainan YoYo di http://wiki.yoyogames.com/index.php/GameMaker:Studio_Tutorials tersurat sejumlah tutorial lanjutan.

Untuk pembelajaran tingkat lanjut, Dia dapat melihat demo di bawah tab
Demo
sesudah Engkau memulai GM:S. Ini enggak akan memberi Anda tingkapan tutorial, tetapi mereka memberi Sira akses ke semua kode sumber yang digunakan, sehingga Anda dapat mencarinya, menjalankan debugger, dan melihat apa yang terjadi, sehingga Engkau mendapatkan ide yang bagus bagaimana menggunakan metode mereka di permainan Engkau sendiri.

Manual

Manual untuk GM: S boleh ditemukan di menuHelp di sumber akarContents…. Ini harus menjadi tempat pertama Anda mengejar jawaban atas kebobrokan Beliau – kalau Anda langsung ke forum, orang cenderung memberi Anda kesedihan karena tidak hanya menyelidiki manual. Suka-suka juga manual online nan dapat ditemukan di docs.yoyogames.com

The manual from within GMS
The manual from within GMS
The manual from within GMS

Manual, terbit dalam GM:S

Jika Anda mencari melalui manual yang disertakan dan manual online dan masih tidak dapat menemukan jawaban, jangan mengalir perlahan-lahan! Ada komunitas osean di reddit /r/gamemaker dan forum jamak. Ada juga situs nan sangat bagus yang dipenuhi pengembang indie, beberapa di antaranya pelalah memperalat GM: S, di Forum TIG. Peguyuban ini mumbung dengan orang yang membantu, bintang sartan jangan ngeri untuk mengajukan pertanyaan!


Perpanjangan

Jika fungsi GameMaker bawaan tidak layak buat Anda, jangan khawatir; itu boleh dikembangkan! Versi percuma enggak memungkinkan Beliau bikin menggunakan ekstensi, tetapi varian berbayar apa sekali lagi akan memungkinkan Anda kerjakan menggunakannya.

Segala nan Dapat Dilakukan Perluasan?

Ekstensi menambahkan keefektifan yunior yang awalnya tak diimpikan oleh game YoYo. Bilang contoh tertera:

GiiMote – Memungkinkan dam untuk mengintegrasikan kontrol WiiMote ke dalam permainan mereka dengan menambahkan fungsi yang mengumpulkan harga diri WiiMote (penajaman tombol dan posisi).

Ekstensi Pencipta FX – Memuluskan menciptakan efek seperti mana cuaca, sinar, dan cipratan air.

Interaksi Database melintasi SQL – Memungkinkan game Dia terhubung ke database SQL, mendapatkan data kembali ibarat string, dan kemudian menggunakannya dalam game Anda. Ekstensi menambahkan kurnia seperti
TestDatabaseConnection
dan
ExecuteSQL
sehingga Sira bisa mendapatkan lagi data dalam sedikitnya dua baris kode.

Satu batasan raksasa merupakan bahwa beberapa ekstensi tidak kompatibel dengan tribune seluler.

Di mana menemukan ekstensi

Tempat terbaik yang gayutan saya temukan adalah situs sumber resmi dan situs lain resmi bernama GMToolbox.

Bagaimana cara menginstalnya

  1. Engkau harus mengunduh ekstensi, yang kiranya adalah file
    .gex.
  2. Klik kanan folder Extensions di dalam GM:S, dan memilah-milahAdd Existing Extension.
  3. Ini harus mengutarakan kotak dialog, dan di sudut kanan sumber akar Ia akan melihat kenop yang bertuliskanInstall. Klik.
  4. Ini menampilkan kotak dialog lain dengan daftar selongsong nan diinstal (kelihatannya kosong). Di sebelah kanan itu ada pentol yang mengatakan, juga,
    Install. Klik.
  5. Ini memajukan kotak dialog lain; arahkan ke folder palagan Anda menyimpan file
    .gex, klik itu, dan klik
    Open.

Sumur Sparing

Indie Tutorial

Daftar Tutorial Chevy Ray – Chevy Ray merupakan pengembang di balik Flash engine permainan FlashPunk, pesaing Ludum Dare nan sering, dan pengembang beberapa game keren. Dia batik sejumlah tutorial untuk GameMaker, dan ini merupakan pusparagam terbit yang ia rasakan adalah nan terbaik. Tutorialnya mencaplok topik seperti
View Scaling,
Speed Optimizations, dan
Parallax Scrolling.

Derek Yu’s Tutorial Series – Derek Yu adalah anggota TIGSource dan pengembang Spelunky. Semarak tutorial ini adalah cak bagi versi GameMaker yang bertambah lama, sahaja Dia masih boleh mengikuti dengan dahulu mudah. Ini merupakan langkah mumbung untuk menciptakan penembak ruang gulir samping; saat Anda membangunnya, Anda akan membiasakan cara kerja objek game, cara membentuk background pengguliran, kaidah membuat font sprite, dan sejumlah subjek hebat lainnya. Mudah dibaca wajib.

Pelajaran dan Panduan Lainnya

Tutorial Resmi – Tutorial baku menggosipkan pembuatan beberapa gaya permainan yang berlainan (beberapa di antaranya dalam 3D, jadi kursus ini siapa dahulu bermanfaat seandainya itulah yang Ia gunakan GM:S buat). Cak semau juga pelajaran untuk mewujudkan game multi-anak tonsil yang saya temukan perumpamaan pelecok satu yang terbaik di web untuk belajar bagaimana mengerjakan multiplayer di GM:S.

Saya merekomendasikan ini bagi orang yang mengejar bagi meluaskan jenis permainan tertentu, dan ingin mempelajari alur kerja untuk mengembangkan keberagaman permainan itu, hanya sekiranya Anda mencari pelajaran untuk pemula total, saya merekomendasikan Derek Yu.

Pula selidik manual jamak dan bukan legal, karena mereka mewujudkan incaran pustaka yang bagus.


Going Memihak

Beberapa game GameMaker telah menjadi sukses dagang samudra, dan ada banyak game GameMaker lain yang dipoles yang merupakan lengkap hebat bersumber apa yang boleh jadi dengan GM:S.

Polished Games

Spelunky – Varian kalis Spelunky dibuat dengan GameMaker; XBLA yang lebih baru dan versi PC hijau tidak. Meskipun ini adalah kesuksesan komersial, versi yang dibuat dengan GameMaker gratis.

A Nation of Wind – Game ini yakni berlian tersembunyi, dan sangat bermanfaat untuk dicoba.

Dustforce – Dirilis ke Steam, ini bukanlah kesuksesan besar secara menggandar, cuma ini adalah game yang hebat!

Komersial Hits

Hotline Miami

Gunpoint

Stealth Bastard Deluxe

Aces of the Luftwaffe


Konklusi

GameMaker: Sanggar sangat bagus untuk pemula dan cak membela sama. Kode hebat dan fitur manajemen asetnya, dikombinasikan dengan stempel harganya nan relatif abnormal, membuatnya bagus kerjakan tim kecil dan bendung indie solo nan mempunyai jumlah pengalaman pemrograman nan cukup, dan aksesibilitasnya serta tindakan dan tindakan berdasarkan sistem seret-dan-jatuhkan itu bagus untuk mereka yang memiliki minus pengalaman atau sonder pemrograman.

Seandainya Engkau ingin mencobanya sendiri, kunjungi http://www.yoyogames.com/padepokan/download dan mulailah!

Saya mohon Anda menikmati mendaras roundup ini dan waktu ini memiliki gagasan yang bagus tentang bagaimana memulai dengan GM:S. Jika Anda merasa saya telah melewatkan sesuatu, atau Anda mau info kian lanjut, jangan ragu untuk membagi saya komentar. Agar sukses dengan perjalanan pengembangan game Anda!

Source: https://gamedevelopment.tutsplus.com/id/articles/how-to-learn-gamemaker-studio–gamedev-10911