Tutorial Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Netbeans




JAVA NETBEANS – Pelajaran Pembuatan Permintaan Taman bacaan Sederhana – Part 3 – Simpan ke MySQL

Hallo sababat bloger, gimana kabarnya? Agar baik-baik saja ya sobat. Dan sebaiknya masih tetap kehidupan. Ok, kalo ini saya akan meneruskan tutorial yang sebelumnya, yaitu “JAVA NETBEANS -Tutorial Pembuatan Aplikasi Taman bacaan Sederhana-Part 2 – Disain Form”. Dan kini saya akan membahas lajutannya yaitu saya serah judul “JAVA NETBEANS – Tutorial Pembuatan Permintaan Taman pustaka Sederhana-Part 3 – Simpan ke MySQL”. Judulnya lumayan panjang ya sobat. Hehehehe…., :d. Disini lega tutorial ini, kita akan menyinggung minus mengenai CRUD dan JDialog.

Ok, mungkin sebagian anda belum adv pernah segala itu CRUD dan Jdialog?! CRUD merupakan singkatan dari “Create, Read, Update dan Delete”. Dan Jdialog adalah sebuah sebuah class java yang sanding sama dengan form. Hanya di tuntunan bagian ke 3 ini hanya akan menjelaskan tentang Create(menginputkan) data tetapi dulu.

Hmmmmm……, mungkin sebagian anda bingung dengan penjelasan saya diatas ya…??? hehehe….. daripada risau, berikut spontan belaka ke langkah-ancang JAVA NETBEANS – Pelajaran Pembuatan Aplikasi Bibliotek Sederhana – Part 3 – Simpan ke MySQL, dimana saya disini menggunakan JDialog, dan berikut langkah-lagkahnya :

1.
Pastikan dia sudah lalu membaca tutorial sebelumnya disini.

2.





Kemudian, silahkan anda bentang pula project anda yang kemarin “Aplikasi_Perpustakaan_Sederhana”, dan kemudian sreg bagian package “form”, silahkan anda klik kanan, memperbedakan “New – Other”. Karena pada pilihan “New” anda belum ada “Jdialog-nya”, makanya kamu disuruh ke “Other”. seperti gambar berikut :






3. Setelah itu akan cak semau akan ada tab “New File”, dan silahkan ikuti sama dengan gambar berikut :

 4.Selepas itu, pada tab “New Jdialog Form” Silahkan ikuti langkah seperti gambar berikut :

5.
Maka akan suka-suka Form baru pada package “form” anda, yaitu “form_entry_buku” dengan type “JDialog”. Dimana form ini berfungsi untuk CRUD “Create(menginputkan), Read(mengaji), Update(Memperbaharui), Delete(Menyetip)” data buku. Kurang makin risikonya sama dengan gambar berikut :


6.
Kemudian silahkan anda disain “form_entry_buku” hingga seperti berikut ini :






7. Kemudian silahkan kamu tambahkan sebuah class yunior sreg package “form” anda, dengan jenama “konkesi_mysql”. Jika sudah lalu menambahkan class koneksi_mysql, maka pada project anda akan seperti ini :






8. Kemudian silahkan ketikkan kode pada class “koneksi_mysql” seperti gambar berikut :

Pastikan beliau sudah membuat databasenya di MySQL. Kalau belum, silahkan anda baca artikel sebelumnya disini.




9.
Setelah itu, silahkan anda tambahkan juga library “MySQL JDBC Driver” dengan cara klik kanan pada libraries anda, diskriminatif “Add Library”.





10.Setelah itu, silahkan pilih “MySQL JDBC Driver”. Sama dengan tulangtulangan berikut :






11.
Kemudian silahkan kembali ke “form_utama” dan di bagian form_utama, sreg tab “Data Buku”, pada kenop “Edit Data Buku” silahkan anda isikan koding dengan cara sebagai berikut :






 12.


Kemudian pada tombol “Edit Data Sosi” silahkan isikan koding sebagaimana kerangka berikut :

 13. Setelah itu, silahkan anda buka “form_entry_buku”. Pada Form Entry Rahasia, sreg tombol “Simpan”, silahkan engkau isikan koding simpan ke database MySQL misal berikut :

14.
Sekarang coba kamu jalankan program anda dengan mengklik tombol “Run Project”.

15.
Bilamana program jalan, sreg form utama, silahkan anda pilih tab “Data Sosi” kemudian silahkan anda klik tombol “Edit Data Buku” dan silahkan anda cobakan isikan data sesuai kerinduan engkau. Setelah itu, silahkan anda cobakan klik kenop simpan. Jika berhasil, maka kesannya akan seperti ini :

Apakah anda masih bingung? Hehehehe…., kalo masih kusut silahkan download databasenya
disini. dan bagi anda nan ingin SourcecCode yang sudah karenanya, silahkan download
disini

Bagi anda yang masih bingung, saya akan mengupload videonya selekasnya.

Sekian berbunga saya tentang JAVA NETBEANS – Tutorial Pembuatan Petisi Taman pustaka Sederhana-Part 3 – Simpan ke MySQL, untuk bisa bertanya-soal tentang Pemrograman Java, silahkan bebat
disini
di group FB Forum Programer Java dan PHP Indonesia. Cak bagi sahabat-sahabat bloger yang ingin sempat tips-uang sogok Cara cepat Mahir Pemrograman java, silahkan klik
disini.

Akhir berbunga saya, Keseleo dan kuranngnya dalam latihan ini, saya mohon ma’af, karena tutorial tentang pembuatan Permintaan Perpustakaan ini saya buat doang kerjakan referensi sahaja, dan bagi sira  yang sudah mendownload SourceCode-nya, anda boleh mengembangkannya secara objektif.

Sekian bersumber saya, dan termiakasih telah berkunjung.

Source: http://joncode.blogspot.com/2016/01/java-netbeans-tutorial-pembuatan_27.html