Tutorial Membuat Bros Dari Kain Perca

Lakukan para muslimah serta bunda sholihah yang senantiasa menunggangi kerudung atau jilbabnya, seringkali cak hendak menyematkan sebuah bros (brooch) di jilbabnya. Benda kecil nan satu ini, meskipun bentuknya mungil tapi sangat bermanfaat. Bukan saja sebagai penghubung antar reja bagi penghabisan komandan kiranya tampak rapih, tapi sekaligus juga mempunyai daya tarik tersendiri lakukan mempercantik penampilan. Tapi tak berarti kita bintang sartan pamer kecantikan atau penampilan yaa… hehehe…

Nah, kelihatannya ini kita akan membuat bros anak uang seorang. Korban yang kita gunakan adalah kain cemping. Kain perca itu apa sih yaa?.. Kain perca itu adalah residu-cerih tiras maupun rincihan-rajangan lebihan karet yang mutakadim lain terpakai. Misalnya saat kita tisik baju, tentunya akan ada potongan-potongan perca nan tersisa, cukuplah kejai-perca yang tercecer inilah nan kita istilahkan dengan kain perca, yang nantinya akan kita gunakan untuk mewujudkan bros.

Di sini saya menunggangi perca perca dari batik. Motif batik ini sudah kilat, jadi tidak perlu ditambahkan keberagaman-diversifikasi warna, hanya teristiadat diberi gesekan minus rona kudus, dapat mute atau merjan seperti mutiara buat di tengah bunga (putik) atau dengan kancing.

Inilah beberapa anju mandu menciptakan menjadikan bros bunga dari kain perca.
Mula-mula-tama yang wajib kita siapkan ialah bahan-bahan, yang terdiri berpokok :
• Reja perca
• Daluang dan pensil
• Gunting
• Pencucuk
• Benang
• Kain flanel
• Kertas karton
• Mute/merjan/kancing
• Peniti
• Lem

Bahan-bahan yang dibutuhkan
Sasaran-objek yang dibutuhkan dan potongan pertama

Berikut, adalah cara membuatnya :

  1. Cak bagi eksemplar mahkota
  2. Guntinglah potongan karet membentuk helaian mahkota bunga sebanyak 10 lembar
  3. Ambil 2 lembar kain mahkota, tangkupkan sehingga arah muka/sisi luar menjadi ki berjebah di dalam
  4. Jahit jihat tepi kejai mahkota, dapat dengan jahit mesin atau jahit tangan dengan prinsip tusuk jelujur. Biarkan bagian bawahnya terbuka. Untuk membalikkan bagian luarnya jemah.
  5. Lakukan hal yang sama pada kepingan pelupuk lainnya, sehingga di dapat 5 helai mahkota bunga
  6. Balikkan berpokok sebelah dasar yang ternganga tadi, sehingga jihat internal berada pada posisi nan sesungguhnya. Dan kain dengan jihat asing produktif di asing.
  7. Selanjutnya, sambungkan tiap helai mahkota dengan cara menjahit harfiah, kemudian kita tarik, dan serut kerjakan mendudukkan kedua sisinya, jahit pula sedikit agar tersambung dengan sisi yang satunya, maka akan terbentuklah mahkota rente yang telah jadi.
    Jahitan pertama, dan setelah disusun membentuk bunga
    Cara menjahit mahkota  dan susunan mahkota membentuk bunga
  8. Bagi menciptakan menjadikan putik, kita bisa mengedrop mute/manik-manik, atau sekali lagi kancing, yang kita jahit melangkahi lubang mulai sejak mute atau pusat tersebut. Sudah lalu mulai Nampak kan?
  9. Bagi tahap penghabisan, buat galengan mulai sejak kain flannel, beri plano dus di tengahnya dengan diameter yang lebih boncel pecah lingkaran kain flannelnya. Kemudian lapisi pun dengan kain flannel, dan kita jahit sisi tepinya dengan jahit festoon.
  10. Pasca- selesai, gabungkan rente dengan tatakan flannel tadi dengan cara dijahit. Bisa juga seandainya kita cak hendak hanya di lem saja. Tapi tentunya kalau dijahit akan lebih kuat.
  11. Dan yang minimal akhir, yakni menempelkan paha belalang di adegan belakangnya dengan lem.

Kita juga bisa membuat bros bunganya dengan lembaga nan berbeda.

img_6285
Model bunga tidak

Kerjakan membuat model rente yang tak, cukup dengan takhlik lingkaran pada pola reja untuk mahkota, kita bekuk menjadi bentuk ¼ lingkaran. Untuk sebanyak 5-6 helai mahkota, kemudian gabungkan sama dengan pendirian di atas, pertemukan sisinya habis tarik dan serut, jadilah koneksi mahkota anakan. Lalu beri mute/manik-manik/kancing di babak perdua, serah tatakan untuk bunganya, dan terakhir beri peniti.

Yeaaay… kaprikornus deeeh.. keronsang anak uang bersumber perca tiras, made in bunda cantik nan sholihah…

Bagaimana, cantik kaan?… Sederhana, tapi hasil kreasi sendiri. Bakal putri-putri kita yang sedang belajar menunggangi jilbab kembali pasti sangat cantik jika menunggangi bros ini. Ketika teman-temannya menyoal, bros anda kok menggelikan, beli dimana?.. Dan dayang bunda akan dengan bangga menjawab: “Buatan bundaku dooong..”

Selamat bekerja bunda…



Source: http://indo.amuslima.com/membuat-bros-bunga-dari-kain-perca/