Tutorial Membuat Kerajinan Dari Bahan Lunak


KOMPAS.com
– Kerajinan berdasarkan bahannya, secara mum terbagi menjadi kerajinan bahan lunak dan bahan keras. Keduanya memiliki teknik pembuatan nan berbeda. Sebutkan 6 tipe teknik membentuk kerajinan bahan panjang hati!

Menurut Farhan Mutawakkil dan Suci Paresti internal buku berjudul
Kelakuan Kerajinan Incaran Lunak Nusantara (Perbuatan Manfaat)
(2018), terserah dua tipe target lunak yaitu bahan kepala dingin alami dan korban panjang hati buatan.

Paradigma bahan lunak alami adalah persil liat, kulit, getah, dan
flour clay. Mengenai, contoh objek lunak tiruan adalah parafin, gips, plastisin, resin, sabun, silikon, dan
fiberglass.

Teknik kerajinan objek sabar, disesuaikan dengan macam bahan dan juga bentuk yang ingin didapatkan. Berikut adalah aneh-aneh teknik kerajinan bulan-bulanan lunak!

Teknik takhlik

Teknik membentuk yakni teknik pembuatan kerajinan bulan-bulanan sabar dengan pendirian membentuknya dengan menunggangi tangan. Teknik membentuk biasanya digunakan bikin membuat keramik dan juga patung. Teknik takhlik terdiri mulai sejak beberapa teknik sebagai berikut:

Baca juga: Faktor Estetika Produk Kerajinan

Teknik pijit tekan

Teknik pijit tekan dilakukan dengan membuat incaran lunak menjadi rangka bola. Bola tersebut kemudian ditekan, sehingga membentuk lubang. Bulan-bulanan lunak tersebut kemudian dipijit-pijit sampai membentuk benda kerajinan yang diinginkan.

Teknik lilit

Teknik lilit atau teknik
coil
adalah teknik mewujudkan alamat lunak dengan cara memuntal korban sabar hingga membentuk silinder panjang. silinder tinggi tersebut kemudian dibentuk dengan cara dipilin dan dirapihkan.

Teknik lempengan

Menurut Kasmawati, dkk kerumahtanggaan jurnal
Pembuatan Kerajinan Lantai dengan Teknik Jalin puas Siswa Inferior X SMK Pelayara Buana Maritim
(2019), teknik kepingan ataupun
slab
yaitu teknik pembentukan secara manual dengan membentuk lempengan menunggangi rol.

Teknik lempengan membuat mangsa panjang hati menjadi lempengan dengan kaidah dirol. Dulu kemudian dibentuk menjadi karya berbentuk persegi ataupun silinder.

Baca juga: Apa yang Dilakukan agar Barang Hasil Kerajinan Disukai Pembeli?

Teknik serong

Teknik pencong adalah teknik membentuk di mana bahan lunak ditempatkan di atas kenap yang bisa berputar. Bahan panjang hati kemudian dibentuk dengan tangan dan alat butsir bikin gambar yang lebih detail.

Teknik cetak

Teknik cetak adalah teknik membentuk dengan cara menaruh objek lunak ke dalam cetakan. Cetakan sebelumnya dibuat beralaskan desain kerajinan yang diinginkan. Cetakan harus terbuat berbunga bahan gigih nan tidak mudah busuk.

Sesudah bahan lunak dimasukkan ke dalam cetakan, impitan ditekan maupun dijepit. Sehingga, bahan sabar punya buram sesuai cetakan. Teknik cetak ini disebut lagi dengan teknik cetak tekan atau cetak kering.

Teknik cor

Teknik cor yaitu teknik cetak basah di manabahan panjang hati berbentuk hancuran yang dimasukkan ke intern cetakan. Enceran tersebut kemudian ditunggu hingga keras dan dikeluarkan dari cetakan.

Teknik anyam

Teknik menangkap adalah teknik pembuatan kerajinan bahan lunak dari objek seperti mana benang, rotan, daun lontar, dan kembali potongan panjang buluh.

Baca sekali lagi: Contoh Kerajinan Tangan dengan Inspirasi Budaya Lokal

Bahan lunak dianyam dengan kaidah saling ditempatkan tumpang tinding dan disipkan, sehingga antar benda panjang hati tersebut menyatu menjadi suatu produk kerajinan. Sempurna kerajinan dengan teknik menganyam ialah tepas, keranjang rotan, tas, dan juga sekali lagi kedudukan buluh.

Teknik tenun

Teknik tenun merupakan teknik pembuatan kerajinan lunak yang hampir sama dengan teknik anyam. Bedanya, jika menganyam hanya menggunakan tangan, menenun menunggangi bantuan instrumen tenun.

Kamil kerajinan bahan kepala dingin teknik tenun adalah ambal, tas, sarung, dan berbagai tiras tenun individual rasam seperti reja tenun ulos, tenun songket, tenun grinsing, tenun bilik, tenun doreng, tenun pandai sikek, tenun troso, tenun baduy, tenun sumba, dan pun tenun siak.

Teknik rajut

Teknik rajut merupakan teknik pembuatan kerajinan bulan-bulanan sabar yang menggunakan berbagai lungsin juga lungsin umpama mangsa absah.

Teknik rajut dilakukan dengan cara mengaitkan benang suatu setara lain menunggangi alat rajut. Kamil kerajinan mangsa lunak teknik pundi-pundi adalah ulos, jaket, baju, topi, sampai sepatu.

Baca juga: Kerajinan Target Keras: Pengertian, Teknik Pembuatan, dan Contohnya

Teknik sulam

Teknik sulam adalah teknik menyajak kain dengan kenur ataupun bulan-bulanan panjang hati lainnya. Teknik kerawang yang dilakukan secara manusia diseut dengan menyuji, sedangkan yang menggunakan mesin disebut dengan membordir.

Teknik ukir

Teknik ukir merupakan teknik takhlik benda kerajinan dengan cara mengurangi bahan sedikit demi terbatas. Teknik ukir digunakan puas bahan lunak yang bentuknya benda padat sebagai halnya sabun, gips, dan juga lilin.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap musim dari Kompas.com. Silakan bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Ia harus install permohonan Telegram terlebih suntuk di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/13/135609969/teknik-kerajinan-bahan-lunak?page=all