Tutorial Membuat Lampu Lalu Lintas Sederhana

Home » Inferior VI » Prinsip Membentuk Lampu Kolangkaling Tercecer

Menurut UU No. 22/2009 adapun Terlampau lintas dan Angkutan Jalan lampu lalu-lalang ialah lampu yang menuntaskan peredaran tinggal lintas yang terbentang di persimpangan jalan, gelanggang penyeberangan pedestrian (kuda belang cross), dan tempat arus tinggal lintas lainnya. Lampu ini yang menyimbolkan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara cak keramik dari beraneka macam arah. Pamrih adanya lampu celas-celus adalah : Pertama, untuk menghindari hambatan karena adanya perbedaan arus jalan bagi pergerakan sarana. Kedua, memfasilitasi persilangan antara jalan utama kerjakan kendaraan dan pejalan tungkai dengan jalan sekunder sehingga kelancaran arus lalu-lalang dapat terjamin. Ketiga, mengurangi tingkat ketakberuntungan yang diakibatkan maka itu tabrakan karena perbedaan diseminasi urut-urutan. Lampu keluar masuk memiliki banyak variasi, tersampir terbit budaya negara yang menggunakannya dan kebutuhan individual di perempatan tertentu. Sahaja secara awam lampu lalu lintas terdiri dari 3 buah bohlam yang tiap-tiap mempunyai fungsi yang berlainan-beda. Bohlam bercat merah berfungsi sebagai tanda beberhenti buat setiap pengendara di jalan raya. Lampu bercelup asfar berfungsi sebagai tanda  bersiap bagi pengendara bakal jalan. Lampu busur berwarna hijau berfungsi sebagai tanda  kendaraan berjalan (tidak boleh nongkrong). Sreg bohlam lalu-lalang masing-masing bola lampu di hubungkan dengan  benang besi, saklar , dan bujukan baterai sangat lampu busur dinyalakan secara bergantian. Kita juga bisa membuat bohlam adv amat lintas sederhana dengan memanfaatkan bilang target yang tersedia di sekitar kita. Berikut ini cara membuat lampu lalu lintas sederhana.


A. Alat dan Korban
N domestik proses pembuatan lampu celas-celus keteter dibutuhkan bilang perabot dan sasaran yang dapat kita temukan. Alat-peranti yang digunakan privat membentuk lampu pulang balik sederhana antara lain sebagai berikut.

  1. Kardus medan
  2. 3 biji pelir lampu busur kecil
  3. 3 buah baterai lautan
  4. 3 Biji pelir saklar bel format kecih
  5. 3 buah tempat bola lampu
  6. Telegram bercelup hitam dan sirah
  7. Kocek plastik atau kertas tipis berwarna merah, kuning dan hijau.
  8. Gunting atau cutter untuk membuat gaung.
  9. Solasi atau lakban bikin menempelkan lampu sreg kotak kardus.

B. Kaidah Membuat:
Setelah perangkat dan bahan tersedia anju selanjutnya adalah proses pembuatan lampu lalu lintas sederhana. Berikut ini langkah-langkah nan dapat ditempuh privat membuat lampu pulang balik primitif.

  1. Potonglah kertas kubus membuat jaring-jaring balok kemudian kardus dirakit sehingga mewujudkan balok seperti pada tulangtulangan. Pada bagian pinggul balok dibiarkan setia longo nan nantinya digunakan cak bagi memasukan lampu ke dalam kotak karton.
  2. Setelah kotak kardus siap, buatlah 3 buah lingkaran pada balok tersebut dan potonglah menunggangi gunting/cutter di sekeliling garis kalangan.
  3. Setelah gaung dibuat potonglah plano tipis berwarna maupun tas kresek berbentuk lingkaran sebanyak tiga buah dengan dandan yang berlainan.
  4. Tempelkan  daluang tipis tersebut plong lobang peti kardus dengan urutan dandan merah, kuning, dan mentah.
  5. Buatlah asosiasi listrik paralel dengan memperalat 3 bola lampu dan sambungkan sreg saklar. Susunlah rangkaian seperti plong gambar di atas. Lampu disusun dengan sa-puan dari atas ke bawah yakni merah, kuning, dan hujau. Ujilah rangkaian elektrik buatanmu berulang barangkali kiranya betul-betul boleh berfungsi dengan baik. Apabila masih belum dapat menyala periksalah kabel maupun saklar, mungkin ada yang tidak terukir dengan baik.
  6. Setelah kawin selesai, tempelkan dudukan lampu plong setiap halangan melalui putaran belakang balok. Agar melekat pada kubus gunakan lakban
  7. Cobalah bola lampu lalu lintas yang telah dibuat dengan cara menyalakan lampu secara porselen.

Pembuatan lampu busur lalu lintas primitif plong garitan di atas merupakan pelecok satu komplet penerapan persaudaraan listrik. Rangkaian Listrik adalah suatu kumpulan komponen elektronika yang silih di hubungkan atau di rangkai dengan sumber tegangan menjadi suatu kesatuan yang n kepunyaan keefektifan dan kegunaan tertentu. Rangkaian Listrik belaka terletak aliran listrik nan dapat mengalir takdirnya listrik tersebut berada dalam peristiwa terbuka. Dari percobaan di atas, dapat kita tatap bahwa lampu akan menyala apabila rangkaian kreatif internal kondisi tertutup (tersemat dengan saklar). Bola lampu menyala karena dalam rangkaian terdapat aliran arus listrik.


Posted by Nanang_Ajim

Mikirbae.com Updated at: 3:44 PM

Membuat Lampu Suntuk Lintas Sederhana

Korban-korban:

Amati bahan-bahan yang diperlukan kerjakan membentuk lampu celam-celum sederhana dan bacalah dengan teliti tajali pembuatannya.

Laporan Kegiatan

Cap Percobaan:

Membuat Lampu Lalu Lintas Sederhana

Intensi Percobaan:

  • Mengetahui sebab lampu busur kolangkaling tidak ranah semua momen salah satu/lebih hening
  • Mengenal jalinan bohlam lalu lintas terbelakang
  • Melatih kreativitas

Perabot-alat

  • Gunting katai
  • Isolasi plastik

Bahan-bahan

  • Karton bekas sepatu
  • 3 buah bola lampu busur kecil
  • 3 biji pelir baterai tegangan 1,5v
  • 3 buah sakelar
  • 3 biji kemaluan dudukan bola lampu
  • Kabel ukuran sedang, dengan jenjang kurang lebih 2 meter
  • 1 buah saku plastik atau kertas transparan warna merah, asfar dan mentah

Langkah Kerja:

  1. Siapkan karton biarkan bagian belakang terbuka.
  2. Buat 3 lubang berbentuk lingkaran.
  3. Cak bagi penjolok pembatas antara setiap lubang (akan terwalak 2 sekat).
  4. Tutup lubang menggunakan kertas warna merah, kuning, dan yunior.
  5. Buat rangkaian listrik paralel menunggangi 3 lampu. Setiap lampu akan berada plong sekat di setiap suatu gua.
  6. Pastikan rangkaian sudah lalu bekerja baik, lampu busur telah menyala.
  7. Posisikan rangkaian baterai dan sakelar di dalam kardus, maupun memperalat tatakan di eksterior kardus

Kesimpulan

Perkariban bola lampu dahulu lintas terdiri berpokok 3 ikatan yaitu rangkaian lampu 1 (abang), lampu 2 (kuning), dan lampu 3 (hijau). Ketiga asosiasi tersebut serampak terhubung dengan baterai sehingga jika salah suatu/lebih susunan dimatikan atau rusak, tidak mempengaruhi rangkaian lain.

Sumber: Kunci Jawaban Rahasia Tematik Kelas 6 Tema 3

Source: https://apayangkamu.com/membuat-lampu-lalu-lintas-dari-bahan-bekas