Tutorial Revit Structure Bahasa Indonesia Pdf

Bagi belajar revit…

LAMPIRAN 2 TUTORIAL AUTODESK REVIT Mengenal Revit Satu tips dari saya, bikin yang sudah bisa AutoCAD, jangan membandingkannya dengan alur kerja AutoCAD, karena Revit dan AutoCAD merupakan software yang silam berlainan. They are totaly different animals Selamat men!oba Enggak kenal maka enggak gegares. Sebelum memulai tutorial ini lebih lanjut, saya akan menjelaskan lebih tinggal mengenai Revit Ar!hite!ture. Segala itu Revit, dan apa saja yang boleh dilakukannya.

Revit Ar!hite!ture yaitu petisi building information modeling “#$%&. Aplikasi #$% kian mulai sejak sekedar permintaan ‘D modeling. (ika anda berkarya dengan ideal ‘D, kamu hanya dapat menggunakannya buat visualisasi. Sementara dengan #$%, ia boleh mengerjakan jauh lebih banyak. #erbeda dengan AutoCAD nan yaitu aplikasi CAD buat umum, aplikasi #$% didesain tunggal untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan gedung. Se!ara ringkas, #

%$ dapat diartikan anda membuat dan menggunakan hipotetis virtual dari bangunan. Sama seperti halnya seandainya dia membangun bangunan sesungguhnya, ia juga mengerjakan hal yang sejajar di Revit. )medan anda membuat eksemplar gedung sesungguhnya, anda dapat cekut data apapun yang anda butuhkan bermula model tersebut. Kar, tertumbuk pandangan, racikan, s!hedule “bill of *uantity& adalah

sebagian bersumber data nan boleh anda gunakan. +ebih jauh, kamu boleh menampilkannya dalam !olor fill, perspektif ‘D, raytra!ed image “alias rendering&, detailed drawing, dan dempang semua yang anda butuhkan dalam mendesain bangunan. Revit juga membantu penggunaan aplikasi analisis seperti amatan struktur, amatan green building, heat load “bagasi pendinginpemanas ruangan&, dan berbagai analisis lain. -endeknya, sebelum anda membuat bangunan sesungguhnya, anda boleh menganalisanya terlebih dahulu dengan membuat model Revit )kancah Revit Ar!hite!ture memang didesain bikin arsitek, anda dapat bekerja seperti yang biasa dilakukan arsitek. Tertulis !ara normal, yakni dengan mendesain layout denah. %eski anda bekerja dengan !ara konvensional D, beliau akan langsung memperoleh model ‘D. Dengan demikian, dia dapat melihatnya sebagai tertumbuk pandangan. Anda juga dapat mendefenisikan garis tetak untuk memperoleh gambar potongan. Semua hanya dilakukan n domestik suatu mana tahu kerja.

Data tak yang akan sangat berarti kerjakan anda yakni s!hedule. Revit dapat menghitung sasaran/ objek arsitektur yang anda letakkan di model anda. Anda dapat memafhumi berapa volume dinding, total pintu dan jendela, tanpa harus menghitungnya se!ara manual. 0ang paling menyenangkan, engkau dapat mengintai konstruksi anda dalam bentuk perspektif dari sudut manapun. Engkau !ukup mendefenisikan posisi tustel anda. 1al ini akan sangat menyenangkan bagi desainer dan tuan proyek. -emilik order dapat lebih mudah mengetahui

maksud ahli grafis dengan mematamatai model ‘D. Tentunya jauh kian mudah dipahami daripada meluluk gambar denah tetapi.

Antar Muka Revit Architecture 1al permulaan yang harus dilakukan saban-saban mempelajari sebuah aplikasi adalah mengenali antar mukanya terlebih dahulu. %eski semua aplikasi nan bepergian di sistem gerakan 2indows mengimak dimensi baku, sejumlah putaran spesifik hanya akan ia temui di Revit Ar!hite!ture. -erhatikan bagian/bagian nan ditunjukkan pada gambar berikut.

(ika anda diminta mengganti nilai pada option kedai minum, berarti anda diminta mengganti nilai plong area yang ditunjukkanpanah no. ‘. (ika anda diminta mengakses !onte3t menu, berarti anda diminta melembarkan menu yang cak semau pada bagian yang ditunjukkan panah no. 45. Dan lebih jauh. #erikut adalah bagian selengkapnya dari antar cahaya muka Revit Ar!hite!ture. 1 Menu %enu merupakan bagian tolok dari semua permohonan nan bepergian di sistem operasi 2indows. Semua tool dan pilihan Revit dapat anda aktifkan melalui menu. (ika anda diminta mengakses menu, bagian inilah nan harus ia !istal. (ika disebutkan 6bukalah mulai sejak menu Revit file7load from library7load family8, berarti anda diminta untuk mengakses menu semenjak grup file, lalu memilih sub/menu load from library, kemudian sub/menu load family. 2 Kaki langit!”e Select#r %erupakan dropdown list nan berisikan keberagaman/tipe family yang tersedia. (ika engkau ingin mengganti variasi pintu, seperti single atau double, atau rolling door, palagan inilah yang anda !ari. $sang daftar type sele!tor terjemur dengan tool yang aktif, maupun objek nan anda memperbedakan.

$ O”ti#n %ar 9ption bar berisikan pusparagam properti peletakan korban. %isalnya saat meletakkan dinding, anda mengganti varietas dinding menjadi lurus atau mungkum. $si option kafetaria pelalah berubah, tergantung tool yang aktif atau incaran yang beliau pilih.

& T##l’ar Toolbar juga yakni standar 2indows. Se!ara awam toolbar Revit berisikan alat/perangkat “tools& lakukan modifikasi dan pengaruh view. Dan tentu saja, tool kriteria 2indows sebagaimana open, save, print, dan sebagainya.

( De)ign %ar Design bar merupakan koleksi tool yang anda gunakan untuk meletakkan objek arsitektur. Design bar terdiri dari 45 tab. %asing/masing tab berisikan tool yang sejenis. (ika anda diminta mengakses tool stairs berusul tab modeling, berguna dia harus mengklik tab modeling buat mengaktifkan grup modeling. +alu anda dapat memilih stairs pada grup ini.

#eberapa tab se!ara default tidak ditampilkan. :ntuk menampilkannya, klik kanan pada area ini, dan pilihlah tab yang kepingin anda tampilkan sreg !onte3t menu. * Pr#+ect %r#,)er -roje!t browser digunakan bakal mengakses semua komponen nan suka-suka di model anda. )omponen ini disusun se!ara hirarki. Atlas, terpandang dan potongan, suka-suka di grup views “all&. (ika sira ingin meluluk tampak lor misalnya, anda boleh mengklik ganda north pada grup elevations “building elevations&.

-erhatikan bahwa +evel 4 ditampilkan dua mana tahu. 0ang pertama di bawah kelompok ;loors -lans “denah&, nan kedua di bawah kelompok Ceiling -lans “denah !eiling!eilingd&. (ika anda diminta mengungkapkan denah +evel 4, bukalah view +evel 4 pada keramaian ;loor -lans. – Dra,ing Area $ni adalah adegan arena anda membuat dan melihat pola anda. #isa dikatakan, ini yakni tempat dia dan Revit berinteraksi se!ara visual.

. Vie, /#ntr#l ambar yang permulaan beliau lihat adalah

sheet yang menunjukkan beberapa gambar ‘D. Anda dapat mematamatai view yang aktif pada proje!horizon browser. erakkan pointer anda vertikal ke atas. )ali ini !obalah ketikkan HLK55I. -erhatikan bahwa listening dimension berubah menjadi te3t field. Tekan @enterB.

Dengan !ara yang telah anda pelajari pada awalan ‘ dan G, teruskan dinding e3terior anda seperti gambar berikut ini.

Tekan @es!B untuk menghentikan peletakan dinding. :bahlah izzah dinding menyentuh H+antai SatuI melintasi option bar. Teruskan dinding eksterior dia sampai menjadi sebagai halnya ini. )erjakan di bagian atas malah dahulu, tekan @es!B dan lanjutkan ke bagian bawah. )embali ubah elevasi dinding menjadi ke HAtapI. Selesaikan dinding eksterior dia seperti berikut ini.

)ita akan mengintip sedikit barang apa yang sudah ia bakal sampai saat ini. )lik pentol ‘D pada toolbar. -erhatikan bagaimana pengaruh mengingkari properti ketinggian dinding saat anda berkreasi tadi.

)ita akan membereskan dinding eksterior. Dia akan belajar minus resep tambahan untuk meletakkan dinding. #ukalah denah +antai Dasar dengan mengklik ganda mulai sejak proje!t browser. Aktifkan wall dari tab #asi!. -astikan bahwa kebesaran dinding anda sebatas ke level HAtapI. #uatlah dinding di bagian paling atas bangunan engkau seperti gambar berikut. $kuti snap yang dituntun makanya Revit lakukan format lainnya.

oom ke dinding paling kiri, kedua dari atas peta engkau. Dengan pointer kamu tepat di atas dinding tersebut, lengser ke arah kanan. -erhatikan bahwa Revit akan menga!u ke fa!e, tak !enterline dinding Tentu ini agak mengganggu, sekiranya ia wajib menggunakan !enterline ibarat a!uan.

Berpunca menu Revit, pilihlah Settings7Temporary DimensionM ubahlah a!uan untuk wall menjadi !enterlines. :langi pelukisan dinding. Sekali lagi listening dimension akan mun!ul, kali ini dari !enterlines. )etik HK55I. Selesaikan dinding engkau seperti tulang beragangan berikut.

Kini anda akan berlatih meniadakan eigendom izzah dinding yang sudah anda letakkan sebelumnya. -astikan tool modify pada design bar aktif. Tekan @!trlB “tahan& dan klik tiga dinding yang ditunjukkan di bawah ini.

)lik properties pada option bar. )otak dialog element properties akan mendelongop. :bahlah angka top !onstraint dari :p to level? Atap menjadi :p to level? +antai Satu.

)lik 9). -eriksalah model anda pada ‘D view.

Men!ele)aikan 3in3ing Ek)teri#r 3an Interi#r -ada tutorial Revit sebelumnya, anda telah diperkenalkan !ara menciptakan menjadikan dinding eksterior. Di bagian ini, anda akan menyelesaikan dinding pada model anda. (ika engkau belum mengajuk tutorial sebelumnya, harap selesaikan kian dahulu. Kursus ini akan terus berbimbing dari cak bimbingan sebelumnya. Tidak ada perbedaan privat membuat model dinding bagian luar dan interior. 0ang membedakan, mungkin hanyalah kenyataan bahwa dinding interior tidak memiliki strata yang seperti mana dinding eksterior. Dan kekusutan desain, seringkali takhlik lebih mudah untuk memodifikasi posisi dinding belakangan. Aktifkan wall mulai sejak design warung kopi. :bahlah ketinggian dinding menjadi un!onne!ted. Dan berikan ketinggiannya ‘555. #uatlah dinding bagian dalam seperti bagan berikut. (angan pedulikan ukurannya sampai-sampai dahulu. )ita akan mengubahnya kemudian.

)ita akan memindahkan dinding/dinding bagian dalam ini pada posisinya. Anda harus menunjukkan puas Revit onderdil mana nan ingin sira pindahkan. 0aitu dengan memilih suku cadang tersebut. -ilihlah dinding bagian dalam hori=ontal paling kidal, kedua pecah bawah. -erhatikan bahwa dimensi tentatif akan mun!ul.

)lik nilai matra dan ubah nilainya menjadi K555. Masa ini perhatikan dinding di kanan dinding yang baru beliau pindahkan. )edua dinding ini mudahmudahan sejajar.

Aktifkan align lega toolbar. -ilihlah dinding nan telah anda pindah misal referensi, dan pilihlah dinding di kanannya bikin dipindahkan.

-eriksalah desain anda, dan sesuaikan dengan atlas lantai dasar berikut ini. Atur posisi dinding dengan menggunakan teknik yang anda pelajari sebelumnya sreg bagian ini.

Saat ini tugas anda yaitu menyelesaikan peta lantai suatu. #eberapa dinding bagian luar masih belum dibuat, dan sebagian lagi menunggangi dinding eksterior nan begitu juga lantai dasar. -erhatikan bahwa dinding yang ada di lantai dasar, namun lain cak semau di lantai satu, ditampilkan dengan warna abu/abu.

#uatlah dinding bagian luar dengan ketinggian mencapai level Tarup, dan dinding interior un!onne!ted dengan ketinggian ‘555. >unakan gambar berikut sebagai a!uan. Dimensi pada kerangka ini hanya sebagai a!uan kamu. (angan untuk dimensi dulu, dimensi akan dibahas di putaran lain. Setelah radu, simpan file latihan beliau.

Meletakkan Pintu 3an 5en3ela Di adegan ini, kita akan melengkapi denah layout dengan pintu dan aliran udara. Anda sekali lagi akan mulai mengenal indeks untuk mendefenisikan keberagaman objek beliau koteng. Tutorial ini melanjutkan tuntunan sebelumnya, takdirnya anda belum membuatnya, dapat mengikuti tutorial Revit bikin pemula sebelumnya. -intu dan tingkap adalah target yang tercantum kategori hosted !omponents. Artinya gerbang dan perputaran udara semata-mata dapat diletakkan berdempetan pada objek tidak, yaitu dinding. -intu dan jendela enggak dapat diletakkan jika sira tidak punya dinding. (ika anda sudah lalu terbiasa menggunakan petisi CAD D, anda mana tahu teristiadat dengan istilah HmenggambarI. Di #$%, kita akan gunakan istilah HmeletakkanI, enggak batik. )kancah memang pada dasarnya anda bukan menggambar korban. Meletakkan Gerbang

#ukalah denah H+antai DasarI. )ita akan meletakkan pintu pada kamar utama di kanan bawah. Aktifkan door pada design bar. -ada type sele!tor, pilihlah jenis bab %NSingle/;lush? 5OPG34’Gmm.

-astikan pula sortiran Tag on -la!ement dimatikan. )ita akan mempelajari tentang tag di babak lain. >erakkan pointer mouse anda ke jihat dinding kamar tersebut. -erhatikan bahwa pintu hanya akan mun!ul saat pointer menunjuk dinding. +etakkan pintu seperti rencana berikut ini.

Tekan @spa!eB untuk mem/flip jika orientasinya tidak sesuai. )lik kiri jikalau posisinya sudah lalu sesuai. +etakkan pintu/pintu diversifikasi single flush lainnya seperti gambar berikut ini. >unakan dimensi yang berlainan/selisih tersangkut fungsi dari portal tersebut.

-ilihlah ukuran pintu yang anda inginkan dari type sele!tor. Adakalanya tidak sulit bukanQ Sekarang pilihlah riuk satu gerbang yang kamu letakkan. -erhatikan pada gerbang tersebut terwalak bunyi bahasa flip.

)lik simbol tersebut. Cara ini dapat beliau gunakan bikin menafsirkan orientasi ki dengan mudah. -erhatikan pula bahwa anda sekarang boleh mematamatai temporary dimension. Cobalah pindahkan pintu anda dengan memungkiri biji parameter sreg matra. Kaidah ini sama persis dengan ketika anda mewujudkan dinding. (ika anda perhatikan, format pintu yang disediakan Revit tidak umum. %ungkin karena awalnya memang didesain buat imperial, bukan metrik. (angan khawatir, kita akan menyesuaikan matra pintu ini. -ilihlah bab seperti yang ditunjukkan pada rang ini.

)lilk properties sreg option kedai kopi. )lik editnew di kanan atas dialog yang mun!ul. )lik dupli!ate di kanan atas dialog bukan yang mun!ul. #erikan cap Hpintu idiosinkratis L553455mmI momen Revit mempersunting segel tipe pintu. )lik 9). Waktu ini ubahlah penanda ukuran gapura. 2idth menjadi L55, dan height menjadi 455.

)lik 9) setakat semua dialog tertutup. -erhatikan bahwa portal nan dia pilih telah memperalat tipe pintu plonco. Default terbit template Revit yaitu pintu single flush. :ntuk tipe gerbang tidak, sira harus derita/load/ nya apalagi silam. Akal masuk dari menu design kantin 7 edit type 7load . #ukalah folder door kerjakan mematamatai family pintu.

-ilihlah ki %NDouble/>lass 4.rfa. )lik open. Sekarang aktifkan door, dan perhatikan lega type sele!tor, diversifikasi ini sudah ada pada daftar pintu anda. Dengan !ara yang sama, load satu +etakkan pintu/pintu ini puas posisi berikut.

tipe

pintu

juga,

%N9verhead/Rolling.rfa.

Selesaikan pula penempatan gapura cak bagi keramik satu sama dengan berikut. Sekarang kita akan mereview sejauh mana kemajuan model kita. )lik ganda ’D melalui proje!t browser.

Menurunkan 5en3ela -ada dasarnya tak terserah perbedaan !ara menaruh portal dengan aliran udara. Silahkan kamu !oba mengedrop bilang jendela seperti rang berikut ini. >unakan !ara yang seperti mana meletakkan gerbang.

-terserah !ontoh berikut ini digunakan dua tipe dinding, yaitu? %N;i3ed? 5P45 3 4O’5mm dan %N;i3ed? 54K 3 4O’5mm. Beliau bisa men!oba bereksperimen dengan macam jendela lain. :ntuk mengubahnya !ukup pilih jendela nan mau ia tukar, dan pilih tipe plonco berpunca type sele!tor.

Peta lantai dasar

Denah lantai satu

Selepas selesai periksa pula sepanjang mana desain sira pada ‘D view.

Le’ih 5auh 3engan Din3ing 617 Ia telah mempelajari bagaimana menurunkan dinding di Revit Ar!hite!ture. Di bagian ini, kamu akan mempelajari bertambah jauh akan halnya tipe dan properti dinding. Men3e8eni)lauk Si)i Ek)teri#r 3an Interi#r Cobalah ia pilih salah satu dinding yang suka-suka. Ia akan melihat simbol flip, yang sama sebagaimana

pada pintu dan jendela. Huruf angka ini congah di sisi eksterior dinding.

(ika dia mengklik simbol ini, maka sisi bagian luar akan silih dengan sisi interior. Cobalah periksa dinding bagian luar anda, dan jika terdapat sisi eksterior yang tidak sesuai, flip cak bagi membenarkannya. )ita akan men!oba menciptakan menjadikan dinding yang memiliki finishing yang berlainan di putaran eksterior dan interior di bagian lain. Mengenal Ti”e Din3ing Di bagian ini anda akan mengenal lebih lanjut tentang milik dinding. -erhatikan dinding anda. Dinding ini masih terdiri dari satu lapis sistemis, dengan tebal 55 mm. Dinding ini bukan banyak digunakan di $ndonesia. )ita akan !oba tipe dinding lainnya. Si4″anlah 8ile an3a )ekarang

#ukalah ‘D view. -astikan tool modify aktif.

-ilihlah seluruh bahan nan ada dengan mengklik dan menarik mouse anda.

)lik filter sele!tion. -ada dialog yang mun!ul selanjutnya, non/aktifkan door dan window. )lik 9). Door dan window akan dikeluarkan dari pilihan sebelumnya. Dari type sele!tor, pilihlah diversifikasi dinding #asi! 2all?3terior J #ri!k on %tl. Stud. :bah detail representasi drawing anda menjadi fine. -erhatikan bahwa dinding varietas ini memiliki beberapa lapis struktur dan finish. Coba pula selidik bagaimana dinding ini tampak puas peta.

Engkau kali harus melakukan =oom kian intim bikin melihatnya kian jelas. -erhatikan kalau anda tidak mendefenisikan sisi eksterior dan bagian dalam dengan benar, finishing akan tertumbuk pandangan lega sisi yang salah. Cobalah silih kembali dinding ke spesies/jenis dinding bukan. Revit mempunyai beberapa variasi dinding tolok, termasuk !urtain wall. Anda mungkin akan memperoleh peringatan/peringatan error. Abaikan saja peringatan tersebut. Tutuplah file ini dengan mengakses menu file7!lose. Detik Revit menanyakan apakah anda kepingin menyimpannya, membeda-bedakan Fo. Anda akan menggunakan sekali lagi file ini untuk latihan selanjutnya.

Le’ih 5auh 3engan Din3ing 627 %eskipun Revit mutakadim menyediakan beberapa jenis dinding agregat, tidak ada jenis dinding bata yang umum digunakan di $ndonesia. )ita akan membuat satu jenis dinding sendiri, agar model anda benar/benar dapat digunakan lakukan pesanan di $ndonesia. Aktifkan tool wall.

)lik tombol element properties pada option kafetaria. Revit akan mendedahkan sebuah dialog. (ika dia mengubah nilai pada peti dialog permulaan ini, maka anda namun memungkirkan properti objek yang engkau pilih. -roperti seperti ini disebut seumpama instan!e properties. )ita akan membuat jenis dinding baru, karena itu kita harus mengubah type properties.

)lik cembul editnew di sebelah pilihan type. Dialog akan berubah menjadi milik type. (ika engkau mengubah penanda yang suka-suka di sini, enggak namun korban nan anda pilih, semua objek dengan varietas nan sama akan berubah propertinya. )lik dupli!ate di sebelah pilihan type. )ita tidak akan mengutak/atik variasi dinding yang ada. :ntuk itu kita membuat satu jenis tipe baru. )etikkan HDinding #ata 4K5mmI saat Revit meminta kamu memasrahkan tanda dinding baru ini. Sekarang kita akan mendefenisikan saduran struktur dinding ini.

-ada grup parameter !onstru!tion, di sisi indeks stru!ture, klik ditM Dialog edit assembly akan termengung. +angkah berikut adalah mendefenisikan assembly dinding kita. )lik tombol preview di kiri radiks dialog ini bakal menyibuk area preview. )lik insert lakukan menambahkan satu lapisan bau kencur. )lik up untuk menularkan lapis tersebut ke paling atas. $ni adalah lapis bagian luar anda. )lik insert sekali lagi, silam klik down bilang kali sampai lapis ini cak semau di paling bawah. Kini kita akan mendefenisikan fungsi masing/masing lapis dan ketebalannya. )lik pada kolom thi!kness pada lapis paling atas. :bah nilainya menjadi 5, lalu lapis berikutnya berturut/timbrung 445, dan 5. :bah lagi pada kolom fun!tion masing/masing menjadi H;inish 4 @GBI, Hstru!ture @4BI, dan H;inish  @KBI.

Kini, kita akan mendefenisikan bagaimana masing/masing lapis ditampilkan. )lik ruangan material dari lapis paling kecil atas. Momen ini material masih tertulis  by !ategory 7. )lik tombol HMI yang mun!ul. )pengambil inisiatif dialog akan terbuka. )ita akan mendefenisikan material dinding di sini. -ilihlah material default di ruangan name. )lik kanan pada material default kerjakan dupli!ate . #erikan keunggulan Ha!ianI. -cak semau bagian shading non/aktifkan pilihan :pdate 2hen A!!uRender Sele!tion 9!!urs. :bahlah warnanya menjadi tahir. )lik 9). %aterial kedua yang akan kita defenisikan yaitu pasangan bata. )lik ruangan material puas lapis kedua. -ilihlah material default di ruangan name. )lik dupli!ate di episode dasar kolom ini. #erikan nama Hpasangan bataI. -ada adegan shading non/aktifkan pilihan :pdate 2hen A!!uRender Sele!tion 9!!urs. :bahlah warnanya menjadi putih. “untuk Revit 55O ke asal. Revit 55 bukan lagi menggunakan A!!uRender, sehingga optionnya berbeda&. Waktu ini pada adegan Cut -attern ubahlah pattern menjadi H#ri!kworkI. )lik 9).

Defenisikan pula material lapis ketiga. >unakan material a!ian yang digunakan pada lapis pertama.

)lik 9) sebatas semua dialog tertutup. -erhatikan pada type sele!tor telah terdapat tambahan satu jenis dinding baru. :bahlah seluruh dinding anda menjadi dinding tipe baru ini. +akukan dengan !ara yang setimpal seperti mana pada latihan di bagian sebelumnya.

Melengka”i M#3el Ar)itektur9 Lantai Sampai saat ini anda telah melengkapi denah layout dengan objek/objek arsitektur. #ukalah gambar terlihat, puas grup elevations “building elevations&? south.

-cak semau susuk ini tampak bahwa anda baru memiliki bahan dinding, ki, dan tingkap. Di bagian ini kita akan melengkapi eksemplar ini dengan mangsa/target arsitektur lain. 9bjek/alamat arsitektur seperti lantai, sengkuap, tingkatan, railing, dan !eiling memiliki !ara yang berbeda dalam pembuatannya. 9bjek/sasaran ini membutuhkan anda membuat sket!h. Setiap boleh jadi anda mengaktifkan tool kerjakan membuat objek/objek tersebut, Revit akan beralih ke mode sket!h. -terserah design kafe kamu semata-mata bisa mengakses tool untuk membuat sket!h.

#ukalah file nan ia buat sebelumnya. )ita akan menambahkan tegel pada sempurna ini. Mandu yang digunakan abnormal berbeda dengan meletakkan dinding. Me4’uat Lantai “a3a Lantai Da)ar 4 #ukalah peta lantai radiks. -ada design kafe, aktifkan floor. Ia akan masuk ke tren sket!h. -erhatikan bahwa design bar memuat alat/perabot yang berlainan dengan sebelumnya.

 Aktifkan lines. Aktifkan !hain terbit option warung kopi. #uatlah poligon terpejam di penggalan interior bangunan utama seperti tulang beragangan berikut ini.

#uatlah garis/garis ini pada sebelah interior dinding. >aris/garis kreator poligon ini harus terhubung seluruhnya, dan tidak boleh saling bersusun. ‘ Pasca- selesai membuat segi banyak terkatup, klik ;inish sket!h lega design bar. (ika ada peringatan yang diberikan oleh Revit, klik Fo. G )ita akan menambahkan lantai miring di depan garasi. Aktifkan kembali floor. Kamu akan pula ke tren sket!h. Aktifkan mode lines lega design bar. :bah mode lines menjadi re!tangle pada option kafe. #uat catur persegi di depan garasi seperti berikut ini.

K Aktifkan slope arrow dari design bar. )lik properties pada option kedai kopi. -astikan nilai height offset at tail adalah H5.5I, dan height offset at head adalah H/4K5.5I

P #uatlah panah slope seperti gambar berikut.

L )lik finish sket!h terbit design kedai kopi. -eriksalah desain engkau lega ‘D view. Me4’uat Lantai “a3a Tegel Suatu #ukalah denah lantai suatu. )ali ini kita akan mewujudkan ubin dengan !kiara yang sedikit berbeda. 4. Aktifkan floor. Sira akan timbrung ke gaya sket!h. -astikan pada design bar yang aktif adalah pi!k walls. -eriksa pula plong option bar, seleksian e3tend into wall “to !ore& aktif.

. )lik tujuh dinding eksterior seperti yang ditunjukkan gambar berikut untuk membentuk ubin.

-astikan garis yang mun!ul cak semau di sisi eksterior. (ika tidak, undo, dan ulangi kembali. ‘. >antilah gaya pi!k walls dari design kafe menjadi lines. Aktifkan !hain lega option bar. #uatlah garis mengikuti dinding yang ditunjukkan berikut. -erhatikan bahwa dinding/dinding ini adalah dinding di lantai bawah. +antai nan dia bakal akan menjadi balkon di lantai satu.

G. $ngatlah bahwa ia harus menciptakan menjadikan poligon tertutup kerjakan mewujudkan lantai. Sekarang kita akan meluruskan persuaan antara garis dengan trim. Aktifkan trim berpunca toolbar.

)lik dua garis yang saling bertemu bagi memotongnya.

+akukan bikin pertemuan garis yang tidak saling bertumbuk. )lik finish sket!h dari design kafetaria. K. Dia akan mengawasi beberapa peringatan setelah mengakhiri pembuatan lantai ini. )ita akan !oba urutkan suatu/persatu. -ertama, dia akan ditanya apakah ia kepingin dinding yang dihighlight diatta!h “ditinggikandirendahkan& sampai ke dasar lantai. -erhatikan tulang beragangan dia, anda akan mematamatai beberapa dinding dibedakan warnanya. Dinding/dinding ini akan diubah tingginya sesuai posisi lantai anda. )lik yes lakukan peringatan ini. Anda akan ditanya juga apakah anda cak hendak dinding yang bertumpuk dengan tegel dipotong. )lik yes juga untuk peringatan ini. Terakhir, Revit akan memberikan peringatan beberapa dinding lain boleh menemukan lantai di atasnya. )lik 9) bakal meluputkan peringatan ini. P. Sekarang kita akan !oba review segala saja yang ditanyakan Revit lega dialog tersebut. Aktifkan se!tion dari design kafe. #uatlah se!tion seperti pada gambar berikut.

#ukalah se!tion view dengan mengklik dua siapa fon se!tion, atau klik dua kali se!tion 4 pada proje!t browser. L. Dialog pertama menanyakan apakah anda kepingin meng/atta!h dinding sira dengan lantai yang anda bakal. -erhatikan bahwa dinding yang engkau atta!h ke ubin akan dikurangi tingginya sampai di bawah lantai.

Dialog kedua menanyakan apakah anda ingin bagian dinding yang berlenggek dengan keramik dipotong.

Kini !obalah silih ketinggian elevasi lantai satu menjadi ‘K55. -erhatikan barang apa yang terjadi lega kedua posisi ini. #ukalah pun peta lantai satu. )ita akan berbuat invalid perubahan lakukan membuat void pada lantai satu ini. 4. -astikan tool modify aktif. -ilihlah lantai yang plonco kamu buat. (ika beliau ragu, gerakkan pointer anda ke bagian comberan lantai. #iarkan bilang saat, tunggu sampai tooltips mun!ul. )lik kidal kalau tooltips menyebutkan floor. (ika tidak, tekan @tabB dan tunggu lagi tooltips. Anda mungkin harus menindihkan @tabB beberapa barangkali setakat dapat memilih tegel. )lik edit dari option bar. . dit sket!h ubin anda seperti berikut. $ngatlah bahwa anda harus membuat sket!h n domestik bentuk poligon terlayang. Dia harus melakukan split dan trim bagi meluruskan poligon dia.

‘. )lik finish sket!h semenjak design kedai kopi. -ilihlah yes momen Revit menanyakan apakah engkau cak hendak dinding anda di/atta!h ke lantai. G. -eriksalah eksemplar anda plong ‘D view.

Melengka”i O’+ek Ar)itektur9 Ata” Di bagian ini, sekali lagi kita akan melengkapi bangunan dengan incaran arsitektur. )ali ini objek yang ditambahkan ialah atap. Ada beberapa metode privat membuat sengkuap. Famun yang dibahas dalam semarak tutorial ini adalah menggunakan footprints. Selanjutnya kita akan menambahkan atap konstruksi. #ukalah view floor plans? atap. :ntuk bangunan ini, kita akan membuat dua biji zakar tarup, yaitu dak beton dan sengkuap genteng. Me4’uat Ata” Dak %embuat tarup sepadan !aranya dengan takhlik lantai. Anda juga mewujudkan sket!h bagi mendefenisikan bentuk sengkuap anda.

4. #ukalah ;loor -lans? Atap. Aktifkan roof7roof by footprint dari design bar. Anda sekali lagi timbrung ke kecondongan sket!h. . Berpangkal option kedai minum, pastikan defines slope non/aktif. Dari design bar, aktifkan roof properties. -ada dialog yang mun!ul ubahlah tipe atap anda menjadi generi!/4K mm. )lik 9). ‘. :bahlah mode pi!k walls menjadi lines. -ilihlah lines semenjak design kedai minum. #uatlah sket!h atap dak seperti gambar berikut. >unakan teknik yang sudah anda pelajari saat mewujudkan keramik.

#uat dikedua sisi kidal dan kanan malah dahulu. +anjutkan dengan membentuk sisi lainnya dengan offset K55. G. )ita hanya akan menunggangi dak atap ini sebagai saluran pembuangan air hujan. )gelanggang itu kita akan membeberkan bagian tengahnya. Tambahkan poligon di bagian dalamnya seperti berikut. >unakan kecenderungan lines, dan buat dengan offset O55.

K. )lik finish roof. )lik no momen Revit menanyakan apakah anda ingin dinding anda di atta!h ke atap.

Me4’uat Ata” 3engan Sl#”e Sekarang kita akan menambahkan sengkuap dengan slope di atas sengkuap dak. 4. (ika engkau belum kuak view floor plans? atap, klik ganda bermula proje!t browser untuk membukanya. . Aktifkan roof7roof by footprint. -terserah option bar, pastikan bahwa define slope aktif. Aktifkan roof properties plong design kafetaria. -ada dialog yang mun!ul, berikan poin 55 pada parameter base offset from level.

‘. >antilah dari mode pi!k walls menjadi lines. Defenisikan offset pada option bar menjadi 55. #uatlah garis sket!h mengikuti sebelah internal atap dak.

)lik finish roof. -eriksalah model sira sreg ‘D view. G. )ita akan mengamalkan sedikit modifikasi terhadap tarup ini. -ilihlah atap tersebut, dan klik edit pada option warung kopi. Dia kembali ke mode sket!h. Tahan @!trlB dan klik garis nan ditunjukkan berikut ini.

%atikan pilihan define slope pada option bar. -erhatikan bahwa plong ketiga garis tersebut etiket slope tidak lagi ditampilkan. K. -ilihlah dua garis terbawah yang anda modifikasi di langkah G. Aktifkan move dari toolbar.

)lik pada bintik hampa di kewedanan gambar anda, gerakkan pointer anda ke asal. )kepatutan ’55, tinggal tekan @enterB. -indahkan pula garis teratas di langkah G ke atas ’55 mm. P. )lik finish roof. Kini bahas lagi sempurna anda.

-erhatikan bahwa pada bagian atap yang terbuka tampak kosong.

L. -ilihlah dinding di bawah anak panah. )lik atta!h pada option kedai minum, lalu pilih atap anda. Atta!h akan menguatkan dinding beliau sampai hingga ke sengkuap. +akukan hal yang sepadan lakukan dinding di adegan bokong. /atatan9 An3a 3a”at 4en3e8eni)ikan ata” 3an lantai k#4″#)it )e”erti 3in3ing Mena4’ahkan Pr#8il Ata” Dak

Di pelajaran ini engkau akan menambahkan profil puas tepi atap dak. Dak atap pada desain ini digunakan sebagai cengkau air, karena itu anda harus menudungi adegan tepinya. $ni yaitu lanjutan dari tutorial sebelumnya. ;ile ini adalah profile nan akan beliau gunakan lakukan dak atap ini. +oad berpangkal menu file7load from library7load family. Arahkan dialog ke file yang beliau download. #ukalah family Hprofil dakI. #ukalah ‘D inkompatibel plong option bar pilihan atta!h dari top menjadi base. -ilihlah ramp ibarat base. Sumber akar dinding akan berubah menirukan bentuk ramp. #ukalah floor plans? site. :ntuk bekerja dengan site, anda harus melakukannya di view site. -cak semau design bar, aktifkan tab site. Aktifkan toposurfa!e. Aktifkan point berpokok design kedai kopi.

:bahlah elevation puas option bar menjadi H/4K5I. )lik tutul/bintik disekeliling konstruksi berikut.

:bah elevasi pada option kafetaria menjadi ’55, dan tambahkan sejumlah tutul di intern area yang didefenisikan dilangkah sebelumnya. Tambahkan beberapa tutul elevasi sekali lagi bagi membentuk site ia. Pasca- anda puas, klik finish surfa!e dari design bar. #uatlah site dengan !ara yang sepadan bakal taman di babak belakang bangunan beliau. Sekarang kita akan !oba review arketipe dalam bentuk perspektif. Aktifkan tab view pada design bar. Aktifkan tool !amera. )lik bikin mendefenisikan posisi tustel anda. +alu klik juga buat mendefenisikan arah kamera.

Revit akan membuka view dari kodak tersebut. Revit juga menambahkan ‘D view 4 pada proje!t browser. Anda mungkin menyibuk gedung anda masih tersayat. -erhatikan bahwa pada boundary view terwalak bintik/titik mopit pada sisi/jihat boundary.

)lik dan tarik grip tersebut setakat semua gedung anda tampak.

)lik hideview boundary region.

Me4’uat Tingkatan Strata dan railing di Revit lampau melincirkan anda. Anda !ukup membuat sket!h tertinggal kerjakan takhlik kedua objek ini. Revit akan se!ara kodrati menghitung berapa total momongan jenjang yang dibutuhkan, berdasarkan panjang level yang dihubungkan. Anda akan membuat tangga dari lantai asal ke keramik satu. #uka denah lantai radiks. Anda akan memulainya pecah sana. Aktifkan tab %odeling plong design bar. Aktifkan tool stair. Anda akan masuk ke tendensi sket!h. -erhatikan bahwa tren sket!h cak bagi janjang berbeda dengan mode sket!h bikin lantai atau atap. Sebelum mulai membuat tinggi, kita akan takhlik referen!e plane tambahan pula habis. 1al ini agar lebih tepat peletakkan tangganya. Aktifkan ref plane dari design bar. #uat garis referensi sebagai halnya pada gambar berikut.

#uat garis referensi dengan ukuran sembarang, kemudian atur ukurannya dengan teknik yang sudah lalu sira pelajari. Aktifkan run pada design bar. )lik puas bintik “4& yang ditunjukkan berikut. (ika anda tidak melihat tooltips interse!tion, tekan @sB, @iB lakukan mengaktifkan snap ke titik interse!tion. >erakkan ke arah titik “&. -erhatikan bahwa Revit akan menamakan jumlah anak hierarki yang ia lakukan hingga di pointer engkau. )lik sampai di titik “&. -cak semau posisi ini, Revit akan mengatakan bahwa anda telah menciptakan menjadikan 44 anak tangga, dan harus menambahkan 44 anak tangga juga untuk menjejak ubin satu.

)lik di bintik “‘& untuk melanjutkan tingkatan. Mencecah titik “G&. Semoga di tutul ini, Revit akan menyatakan  risers !reated, 5 remaining.

-ada design kantin, aktifkan railings type. -ilihlah H55mm pipeI, klik 9). )lik finish sket!h pada design bar. Tingkatan sira sudah jadi. Sekarang beber denah lantai suatu. -erhatikan bahwa tegel sira masih menutupi tangga. dit lantai tersebut, hunjam mencecah ujung tangga sira.

Sekarang pastikan modify pada design kedai minum aktif. )lik tangga bagi memilihnya. -astikan anda memilih hierarki, enggak objek lainnya. Aktifkan move pecah toolbar. -indahkan tangga 455 mm ke atas. Di Revit, anda dapat menjangkitkan incaran dengan mudah, sama mudahnya dengan memindahkan geometri di aplikasi drafting

Me4’uat Railing Seterusnya dalam semarak tutorial Revit, yakni membentuk railing. Juga saya informasikan bahwa kilap ini berlanjut dari awal sampai bangunan jadi. (ika anda belum mengikuti binar tutorial ini dari tadinya, dapat men!obanya dengan mengimak urutannya berpunca awal. unakan !ara yang sama dengan yang mutakadim anda pelajari sreg bagian ini.

Melengka”i An#ta)i -terserah dasarnya anda telah menyelesaikan model anda. 2aktunya bersenang/gemar sedikit. Dia bisa men!oba seorang menggunakan !omponent untuk melengkapi design. Component dapat berupa entourage “mobil, bani adam, tumbuhan&, furniture, lighting, dan sebagainya. Tidak selit belit melakukannya. Dan setelah selesai, kita akan mulai melengkapinya lagi dengan anotasi. Anotasi merupakan komponen penting dalam representasi desain. %eskipun anda telah merepresentasikan desain dengan memperalat skala, sira patuh pelir kerjakan membubuhi cap!antumkan dimensi. Dan anda harus menambahkan anotasi lain seperti teks dan tag bagi mempertegas informasi anda. -suka-suka bagian ini anda akan menambahkan matra pada denah engkau. Ia kembali menyinambungkan dari latihan nan ia buat sebelumnya. #uka view floor plans?keramik dasar. -ada design kafe, aktifkan tool dimension. Dimension bisa anda temukan pada tab basi! atau tab drafting. -astikan pada option bar parameter prefer? wall !enterlines dan pi!k? partikular referen!es.

>erakkan pointer anda ke dinding “4&, saat kamu mengaram garis !enterline hijau kotok/putus, klik kidal. Teruskan berturut/turut ke dinding “&, “‘&, dan “G&.

>erakkan pointer anda ke bawah. -erhatikan bahwa kini engkau melihat ukuran pada pointer kamu. )lik pointer anda plong posisi yang anda inginkan. :langi dengan !kiara nan sama. )ali ini buat dimensi antara dinding “4& dan dinding “G&.

Dengan dimension masih aktif, ubah pada option bar, pi!k? entire walls. )lik option di sebelah saringan pi!k tersebut.

-astikan openings enggak aktif. Dan interse!ting grids aktif. )lik 9). -ilihlah dinding di jihat kiri gedung anda. Revit se!kiara otomatis akan membuat dimensi lakukan setiap perpotongan dinding. +etakkan ukuran tersebut di posisi yang sesuai. +akukan kejadian yang sama untuk dinding di sebelah kanan.

+engkapi rajah anda dengan menyerahkan semua dimensi yang dibutuhkan. #uka kar lantai suatu. -erhatikan bahwa anda mengaram underlay dari denah tegel sumber akar. Peta ini ditampilkan dengan garis tipis. )ita akan menonaktifkan underlay ini. Tekan @anti format plano menjadi A4. (ika engkau tidak memiliki printer A4, untuk siapa ini sira dapat menggunakan format yang sesuai. Famun ini berarti rencana anda tidak di!etak dengan skala yang benar, karena kita menggunakan title blo!k ukuran A4. -ada kategori print range, pilih sele!ted viewssheets.

)lik sele!t di penggalan bawah kategori ini. Fonaktifkan views di bagian asal dialog berikutnya. )ita sahaja akan men!etak sheet.

Aktifkan kedua sheet yang terserah. (ika anda memiliki puluhan sheet, dia dapat menandai!etak langsung seluruh sheet, tanpa harus mengulang/ulang proses !etak. Cara seperti ini dikenal misal bat!h plot.

Per’an3ingan Teknik M#3eling Invent#r Dan Revit 6I7 Ada beberapa persamaan yang dapat di tarik antar kedua software ini lakukan melakukan sebuah modeling sehingga seorang pengguna $nventor atau Revit dapat mengoperasikan dan mencerna kedua software ini dengan mudah. )ita akan !oba membahas konsep sumber akar sebuah modeling sehingga mudah lakukan dipahami dan diaplikasikan. #aik buat pembuatan model yang sederhana sebatas yang jarang. Adapun persamaannya sebagai berikut ? %isal kita ingin mewujudkan sebuah dinding dengan ketebalan dan pangkat tertentu. Di $nventor kita membutuhkan sebuah plane untuk membuat sebuah sket!h yang selanjutnya akan dibuat menjadi sebuah feature. -lane dapat diambil semenjak plane standard , berbunga sebuah permukaan geometry nan berbentuk rata atau dibuat seorang. Dan di Revit plane boleh diambil dari sebuah level , bidang rata atau dibuat sendiri. Contoh kita ingin mewujudkan dinding dengan ketebalan 4K5 mm, -anjang 4555 mm dan tahapan G555 mm. Di $nventor kita dapat menggunakan e3trude to untuk medapatkan jalal hingga dengan ketinggan plane yang kita buat “plane di offset dengan ketinggan G555 mm&. Sedangkan di Revit kita lalu setting ketebalan tembok dan memintal ketinggian beralaskan level yang sudah lalu ditentukan “laksana kemuliaan per level G555 mm& . -ada momen membuat dinding dahulu arahkan ketinggian plong level tertentu. -erhatikan ilustrasi kerangka dibawah ini. Sebelah kiri modeling di $nventor Dan sebelah kanan modeling di Revit.

Mengganti area 3ra,ing revit )e”erti Aut#/AD -ertama kali menunggangi revit serasa sangka aneh. %engubah lengkap kerja dari auto!ad ke revit lumayan elusif, lebih lagi jikalau sudah puluhan tahun bergulat dengan auto!ad. (adi menurutku wajar kalau ada yang bertanya? 6!ommand line/nya manaQ8 )arena merasa tidak nyaman menggunakan revit, yang kawasan drawingnya ceria seperti plano hvs “padahal ini yang sopan, jika ngeprint pakai jeluang putih M&, enggak seperti auto!ad, hitam. dibuat hitam sajaM %asuk ke revit, bentang menusetting J options, masuk ke tab graphi!, pilih warna ba!kgro und menjadi #la!k dahulu 9).

1asilnya lumayanlah

Ke!’#ar3 Sh#rtcut 3i Revit Salah suatu situasi yang terdepan bagi efisiensi dalam auto!ad ialah keyboard short!ut. #egitu pun halnya di Revit. Terserah perbedaan nan penulis rasakan bila menggunakan revit versus auto!ad. )alau di Auto!ad karena banyak drafting/nya, maka penyadur bertambah membiasakan short!ut/short!ut untuk Draw dan %odify. Sedangkan untuk Revit berbeda. )arena Revit teknologi #$%, maka penulis lebih banyak memperalat design kedai kopi, toolbar, dll yang suka-suka di user interfa!e/nya. Namun tetap sekadar ada sejumlah short!ut/short!ut yang sangat membantu. Begitu juga ? %odelling?

Source: https://kupdf.net/download/tutorial-revit-2017-new_5b69ad30e2b6f5b7679a9d78_pdf