Tutorial Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Spss

Gustinerz.com
| Kuesioner merupakan keseleo satu variasi perlengkapan/alat ukur yang sering digunakan dalam investigasi. Namun sebelum diuji kuesioner harus di uji validitas dan uji reliabilitas situasi ini dilakukan bakal mengetahui sepanjang mana kevalidan dan reliabelnya alat ukur tersebut.

Salah suatu cara untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner adalah dengan menggunakan propram radas lunak SPSS. Berikut Gustinerz bagikan caranya

1. Susunlah pertanyaan alias pernyataan sesuai dengan parameter variabel pengkajian nan kita akan teliti misalnya jenis pertanyaan akan halnya perilaku
caring
dukun beranak “apakah perawat memperlakukan sikap yang sopan kepada ia (pasien)? maka jawabanya adalah “YA” maupun “Lain” ini salah suatu sempurna penggunaan skala nominal, maupun dengan pernyataan “saat melakukan tindakan keperawatan, dukun beranak memperlakukan anda (pasien) dengan benar”maka jawaban yang bisa dipilih responden yakni “Burung laut”, “Pelalah, “Jarang”, “TIDAK PERNAH”.Tips Buatlah cak bertanya sebanyak-banyaknya akan tetapi ada hubungan dengan indeks variabel nan kita akan teliti.

2. Pasca- menyusun pernyataan/cak bertanya, segera bagikan kuesioner anda pada lokasi eksplorasi anda atau dilokasi lain akan tetapi karakteristik responden separas dengan karakteristik responden yang akan anda teliti nanti. Misalnya penelitian Gustinerz di urat kayu proteksi anak RSUD Aloei Saboe, maka Gustinerz bisa menguji kuesioner/radas ukur di ira perlindungan di RSUD Dunda Limboto.

3. Setalah mendapatkan data silahkan olah data secara manual, misalnya untuk jawaban YA diberi nilai 2, atau Tidak diberi nilai 1 (skala nominal), maupun Kerap=4, Comar=3, JARANG=2, Enggak PERNAH=1. Ini dilakukan seharusnya penginputan data pada progam SPSS lebih mudah. Sesudah itu jumlahkan.

4. Silahkan buka programa SPSS puas komputer anda, Gustinerz menggunakan SPSS versi 16.

5. Pilih lentur View, anda akan menemukan menu: name, type, width, decimal, label, values, missing, collumns, align, dan measure.

6. Name: masukan nama pertanyaan No. 1 dengan kode P1 atau cak semau ia, Type: numeric, width: 8, Decimals: 0, nama: Pertanyaan/pernyataan 1, values: -, measure: pilih skala nominal/ordinal

7. setelah semua data terisi pada SPPS tersebut, klik DATA VIEW, pilih menu Correlate, pilih bivariate, anda akan menumak kotak dialog, pilih semua data dari p1 dan pindahakn ke rubrik plastis, klik pearson dan ok.

8. Silahakan cek, apabila pada kolom jumlah ditemukan ada jawaban yang ditandai kutip ” atau ‘ (**/*)berjasa pertanyaan tersebut meyakinkan.

9. Selanjutnya, untuk menguji keterjaminan, silahkan kembali ke Data View, pilih menu analyze, memperbedakan scale, pilih reliability analysis, masukan data ke kolom variabel, pilih statics, pilih item, scale, correlation, covarience, lalu klik continue, dan klik ok.

10. Silahkan Cek apakah ponten Alpah Cronbach diatas 0.7 maka kuesioner tersebut reliabel. Selamat Mencoba.

Source: https://gustinerz.com/cara-uji-validitas-dan-reliabilitas-kuesioner-dengan-program-spss/