Ukuran Resistor Lampu 45 Watt

Postingan ini selayaknya mutakadim di selidik plong artikel sebelumnya pada
“Tips Memperbaiki Lampu Efisiensi”
(
edisi lama
), pembahasan teknik memperbaiki lampu kesangkilan jilid 2 ini hanya mengulang cuma tapi jangan kawatir karena sreg kata sandang ini akan kita dobrak semua rahasia adapun cara merevisi lampu irit energi secara tuntas. Postingan ini saya lempar pula karena banyak yang memberikan celaan dan saran kepada penulis plong semua posting mudah-mudahan merintih sebuah buram dan langkah nan jelas agar boleh dipraktekan nantinya maka itu sidang pembaca dan semua rekan teknisi.

Pembaruan lampu efisiensi ini sreg awalnya hanya teknik coba-coba lakukan mengurangi limbah sampah yang diakibatkan makanya limbah lampu yang semakin hari semakin banyak karena tidak ter-urus. Tetapi tak mengherankan baik di metropolitan atau pedesaan, seiringnya banyaknya konsumen lampu hemat energi ini, kulak lampu ini semakin banyak di gandrungi oleh pekerja membahu karena keuntungan yang di perolehnya. Dan lakukan pemakai masyarakat golongan menengah kebawah khususnya juga lebih memilih kerjakan membeli / memperbaikinya karena harganya lebih murah dan tercapai.

Takdirnya dia berminat bagi mencoba memperbaiki atau mencoba bisnis yang menggiurkan ini, silahkan baca tips teknik membetulkan bola lampu efisiensi jilid 2 ini. Dan jika anda berhasil anda akan mendapatkan julukan gelar profesi

“Sang Dokter Bohlam”


.




Anju perombakan Lampu Efisiensi:


1. Bongkar casing lampu busur dengan openg tekor, namun mesti diperhatikan anda harus berhati-hati privat proses ini. Jangan membongkar casing lampu lega tulisan merk putaran depan, umumnya bakal pengunci lampu busur terletak disisi birit tulisan merk (semisal philips) diantara sela tabung CFL.

2. Check silinder bola lampu CFL,
Setelah terbongkar langkah semula yang mesti diperhatikan yakni check lampau keempat pin kawat tabung CFL anda dengan menunggangi multimeter (posisi ohm x1 ataupun x10 ). jikalau masih connect (nyambung) berarti lampu anda masih ada harapan untuk kehidupan kembali.
Keterangan :

A1 dan A2, B1 dan B2: harus terkoneksi. Pengecekan ini mirip seperti jika anda mengecheck tabung lampu TL biasa. {kerumahtanggaan PCB tertulis P1 (A1), P2 (A2), P3(B1), P4(B2) }. Inisial A dan B ini saya berikan moga kian mudah bagi dipahami sebab kolek A (1,2) tidak siapa akan terkoneksi dengan tabung B (1,2).

Lampu Jari Philips Hemat Energi

Tapi jika ia masih ragu, awalan yang harus ditempuh adalah test dengan rangkaian yang masih hidup. Tapi ancang ini rumit ditempuh oleh para teknisi yang sudah mahir di bidangnya. Tapi sekiranya ia masih pemula seharusnya test sangat dengan menunggangi tambahan telegram pada setiap pin bumbung CFL sebagaimana gambar berikut ini.

Lampu Hemat Energi

3. Jika tabung masih OK,
kemudian check elco paling besar  biasanya dimensi
3,3 – 10 uf / 400V
cak bagi
china 3,3 – 4,7uF/250V. Galibnya kehancuran ditandai dengan melembungnya elco dan kalau di check dengan multimeter jarum enggak akan kembali normal (elco sudah lalu bukan menyimpan muatan).

4. Kapasitor tantalum starter short atau putus

Biasanya kerjakan kapasitor ini ukuran
2n2/1200V – 4n7/1200V
letaknya plong bagian yang menyambungkan antar filamen ( filamen A dan B tabung CFL ).
Jangan mengganti kapasitor ini dengan voltase dibawah 450 V, karena fungsi kapasitor ini sangat riskan terhadap tarikan tinggi yang sudah lalu dikuatkan oleh transistor.

Seperti kasus nan dialami notulis momen mengoreksi lampu merk EKONOMAT ternyata kapasitor starter bermatra 2n2/1200 Volt short dan manjur saat penulis mengukurnya dengan multimeter. Setelah diganti karenanya TOP CERR !!!.

Lampu Essensial

5. DIODA IN4007 short,
hal ini jarang terjadi namun alangkah baiknya ia check terlebih dahulu apabila menjumpai transistor sira pecah/retak. karena takdirnya beliau sewaktu mengganti transistornya kamu tidak akan membereskan masalah.

6. Transistor,
ini ialah masalah utama yang biasanya banyak terjadi pada segala macam lampu hemat energi.Transistor mati boleh diakibatkan karena umur maupun komponen enggak. Apabila engkau mendapati transistor sirep biasanya akan diiringi juga resistor fusenya kembali akan turut mati. peristiwa ini dilakukan maka itu pencipta untuk memecahkan silinder bola lampu CFL.
Resistor fuse input basis transistor berukuran 20ohm – 30ohm dan resistor fuse output emitor 1,5 ohm – 2,2 ohm
(ada kembali tipe lain yang menggunakan 10ohm).

Transistor lampu hemat energi



Berikut ini saya berikan contoh penggunaan tipe transistor pada macam format lampu:

a. TR MJE 13001 = cak bagi daya 5 Watt dan 8 Watt ( merk china 20 W )

b. TR MJE 13002 = untuk daya 10 Watt  sampai dengan 20 Watt

c. TR MJE 13003 = untuk kunci 23 Watt sebatas dengan 25 Watt

d. TR MJE 13005 = bagi muslihat 28 Watt hingga dengan 45 Watt

e. TR MJE 13007 = bakal daya 75 Watt


**Note = Untuk transistor varietas lain tidak disebutkan karena pelik didapatkan di pasaran (DK5xx, DD5xx, 2482S, dsb ).

7. proses pengecekan,
Proses ini adalah proses ragil pengecheckan asosiasi lampu gemi energi yang sudah lalu diperbaiki. Sekiranya beliau takut menunggangi tabung CFL anda, bisa gunakan

bumbung lampu TL sah

(

fluorescent )

cak bagi melakukan pengetesan pada tahap ini.

Bagi makin jelasnya pron bila melakukan pembaruan saya sarankan bikin melihat contoh skema berikut ini, didalam skema tersebut telah saya berikan tanda fasad yang paling sering terjadi sreg lampu efisiensi ( lampu busur hemat energi).

skema lampu jari hemat energi




Atasi masalah beliau tanpa ada kelainan……….. !!!!



Biaya siluman MODIFIKASI LAMPU Efisiensi BUATAN CHINA :

Buat tambahan bagi pembaca setia Eyuana.Com berikut ini saya tambahkan beberapa kasus fasad yang sering terjadi bikin bohlam china ukuran 20 watt ( EKONOMAT, KOBE, FUJILIGHT,dsb ) dan kaidah modifikasi agar lampu konstan langgeng walaupun harganya yang murah.

Lampu pola china ialah lampu yang di produksi bakal memenuhi kebutuhan pengguna dengan harga nan terjangkau, namun jangan salah jika seringkali momen sira membelinya bukan lebih dalam paser perian 2 bulan lampu busur tersebut  mengalami gejala kerusakan. Kerusakan ditandai dengan lampu berkedip dan paling parah mcb lega meteran ikut anjlok karena tidak adanya wasilah pengaman pada rangkaian bawaannya. Untuk menanggulanginya silahkan baca uang sogok berikut ini :


1. Kerusakan Lampu Berkedip
, kalau kamu mengalami peristiwa ini coba bongkar bola lampu anda sesuai cara yang sudah dijelaskan diatas. Saling 2 buah elco yang minimal besar (biasanya ukuranya 3,3uF/250volt atau 4,7uF/250volt). Saling dengan 2 biji kemaluan elco format 4,7uF/400Volt. Cara ini akan memperpanjang roh pemanfaatan bola lampu anda sebab elco dengan tekanan listrik besar akan lebih abadi dan resistan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil.


2. Bola lampu Mati tapi saat dipegang Nyala Redup
. Kondisi ini paling kecil sering terjadi adalah kapasitor sarter yang nilainya 2n2/1200V tersayat. Tapi penulis pernah mengalami kejadian ini semua komponen sudah diganti namun tidak suka-suka tanda hidup, ternyata setelah di check milar ukuran 1nF patah dan setelah diganti OK.


3. Transistor Jebol Terus,


Biasanya kembali di ikuti dengan jebolnya resistor fuse format 30ohm pada input basis transistor. Jika anda mengalami hal ini jangan putus asa adv amat, saya pernah mengalami hal ini sampai akhirnya saya putuskan ganti transistor MJE 13001 dengan tipe diatasnya MJE 13002. Dan alhamdulilah sampai saat ini masih lestari.


4. Listrik Anjlok (konsleiting)
, Seandainya hal ini terjadi segera saling 4 biji zakar dioda IN4007. Apabila dioda cak semau nan short maka otomatis akan diikuti lagi jebolnya transisitor MJE 13001 dan resistor fusenya. Untuk menjadikan lebih aman kiranya tambahkan resistor ukuran 2,2ohm pada jalur input 220 volt yang ikut ke dioda ( sedikit ki belajar skema diatas ).


5. Bumbung CFL Rusak
, Dah tahap ini minimal ngenes…. !!! di lem biru aja ( lempar terus beli baru ). Tapi jikalau sira sering ya belilah bumbung lampu busur yang baru harganya gag diatas 10rb. Banyak di forum forum yang lego tabung lampu CFL ini.

Sekian dulu, silahkan mencoba bagi teman-teman yang ingin mencoba mengoreksi maupun yang ingin mendalam menekuni bisnis lampu hemat energi ini. Seandainya cak semau tambahan siaran atau bertanya mengenai postingan ini, anda bisa berkomentar lega link komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan salam hangat pelahap mulai sejak kami (skuat kreatif : Anak kunci Manifesto dan Teknologi).

Source: http://www.eyuana.com/2014/07/teknik-memperbaiki-lampu-efisiensi.html