Universitas Di Indonesia Yang Ada Pertukaran Pelajar

Jakarta: Sebanyak dua mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Shafira Rafa Ardhani (FISIP) dan Muhammad Isykar Siregar, (FP) mengikuti pertukaran pelajar. Keduanya lolos dalam Acara Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

  Shafira belajar di Michigan State University, Amerika Sindikat, dan Isykar Siregar belajar di Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara. Keduanya belajar sepanjang satu semester.

  Rafa panggilan erat Shafira mengatakan ikut program IISMA karena keinginannya mendapatkan asam garam syarah di luar negeri dan memperluas jaringan dengan tenaga pengajar.



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Saya menirukan acara IISMA karena ingin memperluas koneksi bertemu mahaguru, antitesis, dan mentor baru, mengikuti mata syarah plonco yang lain dapat ditemui di universitas pangkal dan pun di luar prodi guna-guna komunikasi serta agar berlatih untuk menjadi lebih mandiri,” alas kata Rafa dikutip mulai sejak laman undip.ac.id, Kamis, 22 September 2022.

  Anak terakhir dari dua berkerabat tersebut mengungkapkan selama tiga minggu menimba ilmu di Michigan State University (MSU), banyak pengalaman nan didapat.

  “Di MSU sendiri banyak sekali acara nan diselenggarakan di tiap minggunya seperti orientasi, sparticipation (student fair bikin klub yang ada di MSU), pertandingan olah tubuh dengan universitas lain, studi wisata dengan international students mulai sejak berbagai negara, dan tuntunan yang sistem belajarnya berbeda bersumber UB,” beber dia.

  Dia membeberkan salah satu mata lektur menjujut dan terasa berbeda ialah ketika mengambil kelas social studies. Rafa menyapa ketika membicarakan tentang persoalan sosial tapi menggunakan media komedi.

  “Jadi, tiap papan bawah nonton episode kelucuan di Netflix yang setiap episodenya menggotong tema tentang permasalahan-persoalan sosial seperti rasisme. Kemudian, kami melakukan urun pendapat di intiha kelas. Menarik sekali ya karena di Indonesia jarang ada yang sebagaimana itu sehingga banyak yang menyukai papan bawah itu karena seru,” pembukaan dia.

 
Begini Serunya Mahasiswa UB Ikut Pertukaran Pelajar di Tarakan hingga AS


Mahasiswa UB Muhammad Isykar Siregar – UB

  Senada dengan Rafa, Muhammad Isykar Siregar mendapatkan kesempatan menimba ilmu di Universitas Borneo bersedia dan menerima banyak kursus yang didapat dari program Persilihan Mahasiswa Merdeka (PMM). Baginya, salah satu hal menarik nan anda dapatkan sepanjang menirukan program PMM ialah mendapatkan netra kuliah Modul Nusantara.

  Modul Nusantara adalah mata ceramah empat SKS yang menjadi fokus Kemendikbudristek lakukan kegiatan persilihan mahasiswa.

  “Ada banyak kegiatan dalam Modul Nusantara, begitu juga Variabilitas ada 17 kegiatan merapah daerah kuno di Tarakan dan Kalimantan Lor. Dari kegiatan tersebut kita bisa memahami daerah kuno Perang Dunia II, ki kenangan perminyakan, dan peninggalan penjajahan Jepang, Australia, dan Belanda,” beber dia.

  Isykar menyebut enggak cuma tentang Kebinekaan, Modul Nusantara lagi mengajarkan budaya-budaya dari kaki di Kalimantan.

  “Kita sekalian diterjunkan ke daerahnya di Kabupaten Tanah Tidung yang mempunyai suku ciri tunggal Tarakan sendiri,” perkenalan awal dia.

  Isykar berharap PMM boleh terus dilanjutkan. Sebab, banyak memberi kesempatan sparing dan mengenal budaya bagi mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia.

Source: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/yNLOLg6K-begini-serunya-mahasiswa-ub-ikut-pertukaran-pelajar-di-tarakan-hingga-as