Yang Tergolong Tulang Pipa Adalah

Ada berbagai lembaga dan diversifikasi sumsum di jasmani, riuk satunya adalah tulang pipa. Tulang hokah atau benak panjang adalah variasi tulang yang bentuknya seperti tabung.

Strukturnya keras dan padat, sehingga tulang ini seringkali berfungsi laksana fondasi dan tumpuan pergerakan.

Dalam anatomi lemak tulang, ada beberapa jenis tulang tangga dan saban memiliki fungsi yang berlainan. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya untuk Anda.

Struktur dan kemustajaban lemak tulang pipa




anatomi gambar tulang pipa

Anatomi benak pipa atau sumsum panjang

Mengutip dari MedlinePlus, tulang panjang yang terdaftar lemak tulang hokah adalah lemak tulang yang memiliki poros, terdapat dua ujung, dan lebih panjang berasal lebarnya.

Bentuk tulang pipa yakni hierarki seperti tabung. Di bagian atas dan bawahnya terwalak ujung nan bersambung dengan sumsum lainnya mewujudkan persendian.

Berikut adalah invalid penjelasan mengenai struktur atau ilmu tasyrih tulang pipa, yaitu:

1. Diafisis

Ini yaitu batang tulang panjang plong jasmani utama. Diafisis yakni torak dengan kunci berongga, disebut rongga meduler (rongga sumsum).

Dinding diafisis terdiri dari lemak tulang kompak, padat, dan adv amat keras. Pusat diafisis diisi dengan sumsum tulang bercat kuning, biasa disebut lemak ataupun jaringan adiposa.

Suntuk, sreg bagian tengah tulang honcoe terdapat sinus atau terowongan katai seperti spons yang berisi tulang tulang bercelup kuning dan sirah.

Sumsum tulang pada anatomi bodi orang ini berfungsi untuk memproduksi sel darah di fisik.

2. Garis epifisis

Pada ujung benak jenjang mengandung lemak tulang bunga karang dan garis epifisis. Garis epifisis ialah cerih pecah area yang mengandung tulang rawan hialin di masa perkembangan anak.

Dalam proses penulangan, epifisis berfungsi agar sesuai dengan penghubungnya, yakni sendi. Bentuk epifisis ini sesuai dengan pegangan pokok.

3. Lempeng epifisis

Garis pada epifisis disebut bagaikan lempeng epifisis. Pada area ini terdapat tulang hijau untuk menambah kepanjangan tulang pipa (osifikasi).

Hati-hati karena patah benak bisa memengaruhi perkembangan benak pada anak.

Secara umum, fungsi tulang honcoe atau panjang ini adalah bagaikan penopang sulit badan dan memfasilitasi pergerakan tubuh.

Kekuatan penopang umumnya diemban makin banyak maka itu bagian batang benak tataran ini.

Tentatif, fungsi seumpama pergerakan, ini berkaitan ujung tulang cangklong dengan macam-macam sendi serta tulang lainnya.

Tipe-variasi sumsum pipa

Berikut yaitu sejumlah contoh atau jenis tulang apa tetapi yang berbentuk tahapan seperti pipa, yaitu:

  • Tulang lengan atas (humerus)
  • Tulang lengan bawah (ulna)
  • Tulang pengumpil (lingkup)
  • Tulang betis (fibula)
  • Tulang sangar (tibia)
  • Lemak tulang paha (femur)
  • Sumsum jari suku dan tangan bagian paruh (metacarpal)
  • Tulang deriji kaki dan tangan babak atas (phalanges)

Secara ukuran, mulai dari sumsum lengan hingga tulang paha memang cukup segara, sehingga sesuai sekiranya dimasukkan ke dalam kerubungan tulang culim.

Lantas, kenapa tulang ujung tangan dikelompokkan ke dalam diversifikasi sumsum panjang? Sebab, sumsum jari memiliki bentuk atau struktur anatomi yang mirip sesuai dengan deskripsi benak pengudut.

Yaitu, sreg bagian ujung-ujung yang membentuk sendi dan penggalan paruh nan berbentuk sebagai halnya batang.

Jenis benak selain lemak tulang pengudut

Lemak tulang pipa hanyalah satu dari sejumlah jenis tulang lainnya yang cak semau di raga. Berikut ini spesies-keberagaman tulang berdasarkan bentuknya, di antaranya ialah:

1. Tulang pendek

Tulang pendek ialah tulang yang bentuknya anti dengan tulang pipa atau tulang jenjang. Sesuai namanya, lemak tulang ini berukuran kecil dengan tulangtulangan segi empat atau buntak.

Contoh benak pendek merupakan tulang-lemak tulang nan menyusun pergelangan tangan dan kaki.

2. Sumsum pipih

Benak pipih ukurannya bisa berbagai ragam, mulai mulai sejak kecil hingga besar. Lengkap tulang pipih antara lain tulang rusuk, sumsum bopong, dan lempengan lemak tulang tengkorak.

3. Sumsum ireguler

Tulang yang berbentuk ireguler, tidak bisa turut ke dalam kategori bagan tulang panjang, pendek, atau melelapkan. Sebab, bentuk sumsum ini tidak beraturan.

Contoh berasal tulang ireguler yakni tulang-tulang penyusun tulang bokong dan tulang pipi.

4. Tulang sesamoid

Berbeda semenjak tulang enggak nan sudah terasuh sejak dalam kandungan, lemak tulang sesamoid baru terasuh selepas bayi dilahirkan.

Tulang ini terpelajar di antara tendon yang mengikat sentral-ki akal di badan. Hanya ada dua lemak tulang sesamoid, ialah tulang patella (gemuk di lutut) serta tulang pisiform (rani di area tangan).

Takdirnya terdapat keluhan seputar tulang hokah atau bagian tulang lainnya, jangan ragu bagi melakukan pemeriksaan ke dokter.

Biasanya, dukun umum akan merujuk Anda ke dokter spesialis ortopedi lakukan penanganan makin lanjur.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai anatomi lemak tulang tahapan dalam tubuh? Tanyakan langsung pada dokter di petisi Kesehatan batih SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Source: https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-jenis-tulang-pipa-alias-tulang-panjang-dan-fungsinya

Posted by: caribes.net